Cara Mengetahui Perkembangan Janin dalam Kandungan Kembar

 

perkembangan janin dalam kandungan
Johnson’s Baby

Ketika mengetahui bahwa ibu sedang mengandung, tentunya memiliki kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri yang dirasakan oleh ibu. Jika mengandung seorang bayi tentu sudah menjadi hal yang biasa dan sudah diketahui tanda-tandanya, namun bagaimana jika ternyata ibu sedang mengandung bayi kembar? Sudah tahukah ibu cara mengetahui perkembangan janin dalam kandungan adalah kembar?

Biasanya kelahiran anak kembar terjadi jika memang ada keturunan kembar dalam keluarga besar ibu. Namun, jika memang ibu belum mengetahui bahwa ternyata ada keturunan kembar dalam keluarga ibu, pastinya mengandung janin kembar merupakan kabar yang sangat membahagiakan. Maka, sebaiknya ibu mengetahui tanda-tanda dari kehamilan janin kembar.

  1. Morning Sickness yang Berlebihan

Ketika hamil, tentu ibu akan sering mengalami morning sickness yang merupakan tanda kehamilan yang wajar. Namun jika ibu mengalami mual yang berlebihan dari biasanya, maka hal itu bisa menjadi tanda bahwa ibu sedang mengandung janin kembar. Hal ini dikarenakan hormon hCG yang meningkat dan membuat ibu hamil mengalami muntah yang berlebihan.

  1. Pergerakan Janin yan Lebih Cepat

Saat ibu mengandung seorang janin dan dapat mulai merasakan pergerakannya saat usia kehamilan diatas 3 bulan, maka saat ibu ternyata mengandung janin kembar, pergerakan tersebut dapat dirasakan lebih dini pada masa awal kehamilan.

  1. Meningkatnya Berat Badan yang Signifikan

Dengan mengandung janin kembar, tentunya berat badan ibu akan naik lebih cepat pada masa awal kehamilan. Memang, pertambahan berat badan pada ibu mmang sangat penting untuk ibu hamil, maka jika ibu mengetahui bahwa ibu mengandung janin kembar, tanyakan pada dokter kandungan ibu berat badan yang ideal untuk janin kembar. Karena berat badan yang meningkat, tentunya perut ibu akan menjadi lebih besar karena terdapat 2 embrio yang berkembang.

  1. Merasakan Dua Detak Jantung

Mengetahui perkembangan janin dalam kandungan kembar juga dapat dirasakan melalui detakan jantung bayi yang terpisah. Karena terdapat 2 janin, maka dua detak jantung akan berdetak secara terpisah dan dapat dirasakan saat usia kehamilan 12 minggu. Hingga usia kehamilan 28 minggu, ibu dapat mulai membedakan dua kepala janin dan bagian kecil pada bayi saat ibu melakukan pemeriksaan USG.

  1. Meningkatnya Kadar AFP

Mengandung lebih dari satu bayi mengakibatkan ibu akan mengalami peningkatan kadar AFP (Alpha Feto Protein), ini merupakan protein yang dilepaskan oleh janin saat dia tumbuh dan dapat ditemukan dalam darah ibu hamil. Untuk mengetahui kadar AFP ibu, maka sebaiknya ibu berkonsultasi langsung kepada dokter kandungan ibu dan memastikan apakah ibu mengandung janin kembar atau tidak.

  1. Ibu Memiliki Intuisi yang Kuat

Sebenarnya, tanpa perlu memastikan secara langsung, ibu dapat mengetahui apakah ibu mengandung janin kembar dengan merasakannya sendiri perubahan yang terjadi pada tubuh sejak awal kehamilan. Namun, bukan berarti tanda-tanda diatas dapat diabaikan, karena dari penjelasan diatas ibu dapat memastikan apakah perubahan yang ibu alami termasuk dari cara mengetahui perkembangan janin dalam kandungan kembar.

Maka, setelah mengetahui berbagai penjelasan yang telah disebutkan diatas, tentunya baik ibu mengandung satu janin atau dua janin, semuanya merupakan karunia yang diberikan oleh Tuhan. Merupakan sebuah kebahagiaan juga bagi ibu dan suami ketika mendapati kabar bahwa keluarga yang baru terdiri dari dua orang, kini akan dilengkapi dengan kehadiran sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *