Cara menghilangkan plak pada gigi memakai bahan rumahan

Cara menghilangkan plak pada gigi
www.listerine.co.id

Cara menghilangkan plak pada gigi tidak selalu mahal, bahkan jika kamu melihat sekitar kamu dapat menemukan bahan ampuh mengatasi plak gigi. Diantaranya adalah :

1. Oil Pulling

Oil pulling sudah menjadi praktik kesehatan yang wajar sejak dahulu kala demi meningkatkan kesehatan mulut dan membantu menghilangkan plak pada gigi. Kandungan minyak kelapa murni sangat bagus untuk oil pulling karena kaya akan asam laucric yang memiliki anti radang dan efek anti bakteri. Penelitian pada tahun 2015 terbitan jurnal kesehatan Nigeria merekomendasikan tekni oil pulling dengan minyak kelapa ternyata cukup efektif untuk mengurangi pembetukan plak gigi.

Langkah cara menghilangkan plak pada gigi dengan teknik oil pulling adalah tuang satu sendok ekstrak minyak kelapa murni selama lima belas sampai dua puluh menit sebelum kamu muntahkan, jangan dikocok ataupun ditelan ……… . Selanjutnya kamu tinggal sikat gigi seperti biasa. Lakukan rutinitas ini di pagi hari sebelum memakan apapun.

2. Baking soda

Baking soda biasa dikenal secara ilmiah dengan sebutan sodium bicarbonate, salah satu bahan yang sering ditemukan dalam deretan bahan untuk keperluan memasak dirumah ini ternyata sangat bagus untuk menghilangkan plak pada gigi. Baking soda menetralkan asam di dalam mulut, termasuk berfungsi mengurangi jumlah bakteri jahat penyebab plak. Karena fungsinya yang demikian, Baking soda dapat membantu memutihkan dan mencerahkan gigi agar tetap bersinar.

Penelitian pada tahun 2008 yang diterbitkan di jurnal klinik kesehatan mulut menganalisa lima kasus kesehatan dan mengeluarkan kesimpulan bahwa baking soda baik cair maupun padat dapat menghilangkan plak gigi secara efisien daripada produk produk yang tidak mengandung baking soda.

Caranya adalah dengan menaruh baking soda dalam jumlah kecil keatas pasta gigi kamu yang sudah dibasahi, lalu gosok gigimu menggunakan pasta gigi tadi. Jangan lupa kumur kumur dengan air hangat secara menyeluruh setelah kamu sikat.

Untuk penggunaan baking soda dalam bentuk bubuk ialah dengan mencampurkan satu sendok garam dengan 2 sendok baking soda. Celupkan sikat gigi lembab dengan bubuk hasil pencampuran tersebut lantas sikat gigi seperti biasa.

Atau kamu dapat melarutkan 2 sendok baking soda dengan hydrogen peroxide (umumnya ada di kotak P3K atau kamu bisa membelinya di toko kimia). Aduk sampai berubah bentuk menjadi pasta. Lalu perlakukan larutan tadi untuk menggosok gigi layaknya menggunakan pasta gigi. Hati hati jangan sampai tertelan ya.

Baking soda memiliki kandungan yang cukup kuat sehingga hanya disarankan memakai jalan satu ini ketika benar benar tidak ada pilihan lain karena dapat menipiskan enamel (pelindung) pada gigi.

3. Alpukat

Baik buah maupun daun alpukat sering dianggap cocok baik untuk mengobati maupun mencegah plak gigi. Ditambah lagi, alpukat mengandung anti radang dan algesik, zat satu ini mampu menjadi penahan rasa sakit pada saat gigi bermasalah.

Untuk mendapatkan manfaat alpukat cukup mudah, cukup mencuci daun alpukat yang sudah lembek, lalu kunyahlah, baru muntahkan. Lakukan ini setiap hari untuk mengurangi resiko pembentukan plak pada gigi. Kamu juga dapat menaburkan garam keatas daun alpukat lalu kunyahlah perlahan. Lakukan ini satu sampai dua kali sehari untuk beberapa hari. Nah, kalau kamu nggak suka ribet, cari saja produk untuk berkumur yang mengandung ekstrak alpukat.

Bagaimana? Cukup mudah menemukan bahan bahan diatas di pasaran atau di sekitar rumah bukan? Selamat mencoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *