Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi Menggunakan Bahan Dapur   

cara menghilangkan plak pada gigi
Listerine Indonesia

Ada banyak cara menghilangkan plak pada gigi, namun plak yang sudah terlalu lama tidak dibersihkan bisa mulai mengganggu kenyamanan mulut. Selain itu, penumpukan plak juga bisa mengakibatkan gigi sakit dan berlubang.  

Menghilangkan plak gigi tidak harus selalu dengan dokter gigi, walaupun pemeriksaan gigi yang rutin sangat disarankan. Kamu bisa membersihkan plak gigi sendiri, dengan menggunakan bahan – bahan yang ada di rumah. Selain caranya cukup mudah, kamu jadi tidak perlu mengantri lama untuk ke dokter gigi, kan?

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu hal – hal yang bisa menyebabkan plak pada gigi. Hal yang paling utama adalah karena kurangnya menggosok dan membersihkan gigi, atau kurang dari dua kali dalam sehari. Yang kedua, adalah karena konsumsi makanan yang kurang baik untuk gigi. Misalnya, menkonsumsi makanan manis yang berlebihan. Dua hal tersebut adalah penyebab utama dari menumpuknya plak pada gigi, tapi masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi.

Jadi, bagaimana sih, cara menghilangkan plak pada gigi dengan menggunakan bahan dapur yang ada di rumah?

Apel

Menkonsumsi buah apel setelah makan bisa membantu membersihkan gigi dari sisa – sisa makanan yang tertinggal. Jika terdapat luka di gusi, menkonsumsi buah apel juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhannya. Ditambah lagi manfaat buah apel yang menyegarkan mulut, apalagi setelah makan makanan yang berminyak.

Cuka dan garam

Penyebab terbentuknya plak pada gigi adalah karena terdapatnya sisa makanan yang akhirnya berubah menjadi bakteri. Bakteri inilah yang biasanya menyebabkan sakit gigi.

Oleh karena itu, coba campurkan sedikit cuka, garam dan air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur gigi. Campuran cuka dan garam bisa bekerja sebagai pembersih plak serta bakteri yang bisa merusak gigi. Setelah itu, jangan lupa untuk tetap menyikat gigi, ya.

Teh

Menggunakan teh untuk perawatan gigi sebenarnya lebih untuk mencegah terbentuknya plak. Tapi kalau hal ini membantu agar gigi lebih bersih dan sehat, kenapa tidak?

Teh, terutama teh hitam mengandung bahan fluoride, yang bisa membantu mencegah timbulnya bakteri – bakteri yang menyebabkan plak pada gigi. Fluoride juga memberikan perlindungan terhadap gigi agar tidak mudah berlubang. Caranya, seduh kantong teh hitam di dalam air panas selama enam menit, untuk memaksimalkan pengeluaran fluoride dari daun teh. Selanjutnya, ketika air seduhan teh sudah dingin, buang kantong teh, dan berkumurlah dengan air seduhan teh. Kamu bisa melakukan ini setiap setelah menkonsumsi makanan manis. Tapi ingat ya, jangan menambahkan gula di dalam seduhan air teh walaupun rasanya sedikit pahit.

Ketumbar, daun timi, dan teh hijau

Seduhlah salah satu atau semua bahan tersebut seperti membuat teh biasa, dan gunakan sebagai obat kumur setelah makan. Ketiga bahan tersebut bisa bekerja sebagai bahan anti-bakteri yang bisa menimbulkan plak bahkan menyebabkan gigi berlubang.

Biji atau minyak wijen

Wijen adalah bahan dapur yang juga bisa bekerja sebagai anti-bakteri untuk perawatan dan membersihkan gigi. Untuk membersihkan plak, kunyah biji wijen kering, tapi jangan ditelan. Selanjutnya, sikat gigi dengan bersih tanpa menggunakan odol. Gunakan pasta biji wijen yang sudah dikunyah sebagai odol. Berkumurlah seperti biasa atau dengan menggunakan obat kumur gigi. Alternatifnya, gunakan minyak wijen untuk berkumur setelah menyikat gigi seperti biasa.

 Cobalah menggunaka bahan – bahan dapur tersebut sebagai cara membersihkan plak pada gigi secara alami untuk menjaga agar gigi tetap bersih dan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *