Cara menghilangkan plak pada gigi sebelum terjadi

Cara menghilangkan plak pada gigi
www.listerine.co.id/

Cara menghilangkan plak pada gigi memang ada beragam, meski terkadang manusia bisa lupa fakta bahwa mencegah jauh lebih baik daripada harus mengobati. Tidak selamanya segala sesuatu dengan mudahnya dapat diatasi, layaknya sistem kebut semalam saat kamu mengerjakan tugas. Pelan asal terus menerus akan jauh lebih baik daripada sekali namun memaksakan diri malah berujung bertambah parah. Nah, dibawah ini adalah 5 hal yang bisa kamu praktekkan setiap harinya demi mengatasi plak gigi sebelum terjadi.

1. Rajin sikat gigi, paling tidak sehari dua kali selama 2 menit sekali menyakit gigi, karena sikat gigi selama 30 detik, dua kali sehari tidak akan cukup untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Pakailah sikat gigi dengan bulu yang lembut, berukuran sekecil agar cukup saat nyelip di sela sela gigi. Pastikan sela gigi yang susah dijangkau seperti bagian belakang gigi dekat telinga juga dibersihkan.

Sebuah penelitian bahkan mengatakan bahwa sikat gigi elektrik (itu, lho, yang bisa muter sendiri kalau ditekan tombolnya) lebih bagus dibanding sikat gigi biasa. Jenis apapun yang kamu pilih, pastikan sikat gigi itu sudah Standar Negara Indonesia atau merupakan produk sikat gigi resmi yang terjamin kualitasnya.

2. Pilihlah pasta gigi dengan kandungan fluoride yang mampu mencegah pertumbuhan karang gigi dan plak. Fluoride juga membantu enamel (pelindung lapisan gigi) yang rusak. Beberapa produk bahkan memiliki kandungan triclosan yang berguna melawan bakteri penyebab plak pada gigi.

Untuk memastikan, jangan lupa selalu membaca bagian belakang bungkus pasta gigi sebelum nanti akhirnya memutuskan untuk membeli.

3. Sering seringlah berkumur. Cukup mudah cepat, dan tidak memakan banyak ruang. Hanya bermodal air bersih meski akan lebih bagus lagi jika kamu memakai obat kumur sehari hari yang selain lebih segar, tentunya sangat membantu membunuh bakteri penyebab plak gigi.

4. Perhatikan konsumsi makanan kamu. Bakteri di dalam mulut sangat gemar makanan bergula dan berempah. Ketika bakteri menjumpai tipe makanan tersebut, mereka melepaskan asam berbahaya. Cobalah terbiasa mengkonsumsi menu makan sehat dan batasi jumlah pemakaian gula. Hal yang sama juga berlaku untuk cemilan. Ingat, apapun yang kamu makan, bakteri di dalam mulut kamu juga menikmati hal yang sama. Bukannya melarang untuk konsumsi gula atau kebiasaan ngemil kamu, hanya mengingatkan supaya frekuensi mengunyah kamu tidak berlebihan terutama jika kamu jarang sikat gigi dan minum air putih setelah makan.

5. Hindari, atau malah jangan sama sekali merokok. Memang telah beribu peringatan mengenai rokok, mulai dari hipertensi, serangan jantung, gangguan kehamilan, dan ternyata peringatan yang biasa kita dengar melupakan hal kecil, walaupun hal kecil ini bisa sangat menganggu produktivitas kedepannya, yaitu plak pada gigi.

Penelitian telah membuktikan bahwa perokok aktif atau menggunakan produk tembakau, akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk bermasalah dengan gigi, dibandingkan orang yang memilih untuk menjauhi produk tembakau terutama rokok.

5 langkah diatas hanyalah saran untuk mencegah pembentukan plak pada gigi, karena sekali sudah terkena sampai parah, hanya praktisi dokter gigi professional yang benar benar mampu menghilangkannya secara sempurna. Jadi, pastikan untuk bertemu dokter gigi favoritmu setidaknya 6 bulan sekali untuk menghilangkan plak maupun karang gigi yang mungkin terbentuk sebelum benar benar sampai ke tingkat paling parah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *