Cara Mengolah dan Kandungan Resep MPASI Bayi 6 Bulan Metode Led Weaning

makanan untuk bayi
Source: MomJunction

Resep mpasi 6 bulan sangatlah beragam, termasuk cara penyajiannya. Bahkan metode led weaning yang sedang populer juga butuh pembelajaran. Berikut ini pertanyaan yang sering diajukan seputar resep, dan pemberian led weaning..

Memulai led weaning untuk pemula?
Tidak semua orang langsung mengenal apa itu led weaning. Kebanyakan hanya memahami led weaning baru-baru ini sehingga tidak banyak orang tahu bagaimana untuk memulai. Bahkan, orang tua yang sedang menangani anak kedua bisa saja bingung dalam menerapkan led weaning.

Sejatinya, memulai jauh lebih sulit dibanding mempertahankan. Berhubung led weaning merupakan bentuk pemberian makanan pendamping air susu ibu, fondasi tetaplah sama yakni jangan memaksa.

Manusia tidak pernah senang apabila segala sesuatu tidak sesuai dengan keinginan. Bahkan beberapa menunjukkan kecenderungan tidak menyenangi suatu sistem akibat dipaksa walaupun tidak ada keinginan khusus yang tertanam pada awalnya. Ingat, semakin muda usia manusia maka semakin tinggi jiwa pemberontaknya.

Berhubung selama enam bulan kebelakang bayi hanya tahu air susu ibu saja, wajar baginya untuk tidak langsung menyenangi makanan padat. Umumnya, pada konsep makanan pendamping air susu ibu, bayi akan diberikan sesi menyusui atau susu formula, disertai makan 3 kali sehari. Berbeda dengan led weaning, umumnya makanan yang diberi berupa cair sehingga ruang bayi masih luas.

Makanan pendamping metode led weaning mengedepankan kebebasan pada si kecil. Tidak perlu terpaku pada jadwal makan tiga kali sehari. Bila bayi usai menyusui dan makan lantas menolak untuk lanjut, hargai keputusan si kecil. Pada akhirnya, kebutuhan bayi tidak dapat dipaksa, mengingat makanan semi cair memang buat cepat kenyang.

Selalu bersenang-senang dengan bayi adalah hal yang patut diingat. Kadangkala orang tua bisa saja tidak sabar melihat bayi makan hanya sedikit. Tak jarang orang tua habis kesabaran dan mulai mengeluarkan aura kemarahan. Patut diketahui bahwa bayi sekalipun bisa merasakan emosi orang di sekitarnya meski lawan bicara tidak mengatakan sepatah katapun.

Adakah media yang diperlukan?

Tentu saja ada media yang diperlukan dalam melakukan led weaning, bukankah cara manual juga memerlukan peralatan khusus? Nah, Led Weaning juga demikian.

Sebetulnya orang tua tidak perlu investasi lebih lanjut dengan membeli mangkuk mewah ataupun piring besar. Berhubung fokus bayi adalah makanan dapat dipastikan estetika bukan faktor utama. Pilih wadah makanan yang pratikal, dan bahan tidak gampang pecah. Tapi, hindari bahan metal yang bisa menimbulkan luka pada bayi.

Masalah yang pasti akan terlihat adalah betapa berantakan si kecil saat makan. Bukan bermadsud membuat orang tua kesal, namun keterbatasan bayi membuat makanan terlontar kesana kemari. Dibanding memarahi bayi, yang hanya menjauhkan dirinya dari kemauan makan, beli saja lapak plastik atau celemek. Lapak plastic yang banyak digunakan pada restoran bisa jadi cara ideal untuk atasi masalah si kecil dari kotor dan berantakan dengan cepat dan ringkas.

Bagaimana cara mengolah makanan?
Kunci metode led weaning ada pada genggaman tangan. Berhubung bayi 6 bulan cukup kuat dan mampu koordinasi untuk mengambil makanan dengan tangan sendiri tentu penting menyusun makanan yang memudahkan si kecil. Jangan sampai, bayi tersedak merupakan tujuan utama dalam tata cara mengolah makanan buah hati di usia 6 bulan.

Terkesan klasik memang, tapi bentuk terbaik adalah panjang atau stik. Bentuk demikian sangatlah mudah diterima oleh tangan kecil. Berbeda dengan bundar, segitiga, dan permukaan tidak rata lainnya, stik memang cukup digemari dalam konteks bentuk karena mudah ditangkap. Permukaan kasar pada tangan juga tidak kepeleset ketika harus mengenggam.

Bahan terbaik untuk resep led weaning?

Dunia kuliner semakin luas ditunjukkan dengan betapa sosial media seolah dibanjiri foto makanan. Komunitas bunda sendiri, menunjukkan  betapa ramainya pembagian resep makanan untuk dicoba pada buah hati di rumah. Sebetulnya tidak ada aturan pasti mengenai resep masak untuk led weaning.

Bayi masih belum mampu bedakan makanan bintang lima dan bintang dua. Pokoknya selama tubuh lapar dan butuh makanan dapat dipastikan makanan dilahap dengan senang hati. Orang tua tinggal pastikan bahwa kandungan yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi tetap lancar. Beberapa diantaranya adalah..

  • Jangan terburu-buru kaitkan lemak dengan gaya hidup tidak sehat. Sejatinya, lemak justru dapat berguna apabila dipilih dengan baik. Layaknya manusia, ada dua sisi yakni baik dan buruk, lemak juga punya dua kategori yakni lemak baik dan lemak jahat.
  • Protein
    Fungsi utama protein adalah memastikan pertumbuhan sel tetap berjalan lancar, tidak aneh bila protein termasuk makanan wajib bayi 6 bulan. Asalkan bunda selalu pastikan bayi mendapat kadar protein yang cukup maka sudah dapat dipastikan kelanjutannya tinggal bernafas lega.
  • Buah
    Bicara mengenai vitamin, sudah pasti buah menjadi juaranya. Meski buah bisa dimakan mentah, tapi potensi buah sangatlah luas sehingga mampu dijadikan makanan berat. Gabungkan dengan bahan makanan lain untuk Tarik potensinya.
  • Sayur mayur
    Sayuran merupakan sumber nutrisi yang sangat baik sekaligus kaya akan serat. Dalam kata lain, bayi bisa sehat sentosa tanpa khawatir berat badan. Jangan khawatir, sayuran memang bisa saja pahit, tapi dengan pengolahan yang tepat tak akan masalah.

Lemak, protein, buah, dan sayur merupakan dasar yang harus diketahui semua orang tua. Bagaimana orang mengolahnya adalah urusan lain. Hal terpenting adalah resep mpasi 6 bulan yang kelak dipakai tidak melenceng dari kebutuhan.(HN)

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *