Cara meningkatkan Daya Ingat Anak Supaya Lebih Optimal

Cara meningkatkan daya ingat anak
Image Source: Click Ittefaque

Cara meningkatkan daya ingat anak harus diterapkan untuk anak yang belum begitu kuat daya ingatnya. Setiap orang tua tentu saja ingin mempunyai anaknya pintar atau memiliki daya ingat yang baik. Jika mempunyai daya ingat yang kuat tentu saja orang tua mengharapkan anaknya lebih mudah menerima pelajaran di sekolah akan tetapi setelahnya tidak mudah lupa kembali. Dengan begitu saat si anak menghadapi ujian atau test, anak yang mempunyai daya ingat yang kuat tidak akan kesulitan dalam menjawab berbagai soal yang ditanyakan sebab tentunya semua jawaban yang ada sudah ada di sdalam pikirannya. Akan tetapi tidaklah mudah mempunyai anak yang memiliki daya ingat yang sangat kuat. Diperlukan banyak aspek untuk mewujudkan hal tersebut.

Berawal dari faktor genetis, faktor nutrisi dan yang terakhir yaitu faktor cara belajar atau latihan. Usahakan untuk mengajarkan anak agar dapat membangun komunikasi dengan baik. Anda dapat memulainya dengan hal kecil, misalnya saja menanyakan berbagai kegiatan yang sudah ia lakukan sesederhana apapun. Si kecil akan terpancing untuk mengingat hal yang sudah ia lakukan. Contohnya yaitu bermain dengan siapa saja, apa permainannya, atau di mana ia menaruh mainan tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah agar daya ingat si kecil lebih kuat:

  • Bantu si kecil untuk berlatih organisasi dirinya. Hal ini dapat dimulai dengan hal sederhana, misalnya saja menaruh berbagai barang miliknya dalam kategori tertentu dan tempat tertentu. Hal ini agar ia mudah dalam mencari dan menaruh kembali barangnya. Dengan begitu, ia akan terbiasa untuk berpikir cara mengatur berita yang didaparkan untuk ingatan jangka panjang nantinya.
  • Memakai flash card akan mempermudah ia dalam mengenal berbagai benda atau hal yang baru. Caranya mudah, Anda hanya perlu memperlihatkan kartu tersebut beberapa kali kemudian tanyakan padanya semua nama yang ada dalam kartu tersebut. Contohnya, nama sayuran, nama profesi, dan lain sebagainya.
  • Mengajak anak untuk bermain melempar gelang. Caranya mudah yaitu saat anak melempar gelang, minta ia agar sembari berhitung. Tidak harus banyak-banyak, cukup lima atau sepuluh hitungan saja.
  • Bermain puzzle akan sangat mengasyikkan untuk si kecil. Gunakan puzzle yang tidak sulit, misal 3  sampai 5 potong atau keping. Beri waktu buah hati Anda untuk mengamati bentuknya, baru melepas puzzle tersebut dari dalam bingkainya. Ajaklah si kecil untuk menyusun sesuai dengan bentuk semula.
  • Ajarkan anak Anda untuk mengingat  beberapa cerita yang telah disampaikan. Misalnya, beberapa nama tokoh dalam cerita tersebut dan kisah apa saja yang terjadi dalam cerita tersebut. Kegiatan ini bisa mengasah daya ingatnya agar lebih kuat.

Cara Melatih Daya Ingat Si kecil Saat Usia Prasekolah

Berikut ini beberapa cara melatih daya ingat anak saat memasuki usia sekolah;

  • Anda bisa memberikan beberapa pertanyaan setelah ia selesai melakukan kegiatan. Contohnya, apa saja yang diajarkan guru di sekolah, berapa jumlah teman sekelasnya yang absen pada hari tersebut. Berikan pertanyaan terbuka supaya anak tidak bingung dalam menjawabnya.
  • Anda dapat mencari berbagai informasi tambahan pada buku, majalah atau referensi lain tentang cara efektif dalam menambah daya ingat anak. Misalnya, mencocokkan gambar dengan pasangan yang sesuai, dan juga menebak 2  gambar yang serupa tapi tidak sama.
  • Ajaklah si kecil  untuk bersama-sama menyusun jadwal aktivitas setiap hari. Hal ini bertujuan supaya dapat meningkatan kemampuan memorinya. Sebab ia akan terbiasa dalam mengigat kegiatan yang telah ia susun dalam jadwal tersebut.
  • Menyanyi juga salah satu cara yang efektif dalam menambah daya ingatnya. Hal ini diakibatkan karena saat bernyanyi, ia juga akan belajar mengingat lirik dan nada lagunya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Secara Alami

Banyak orang tua yang ingin meningkatkan daya ingat anaknya supaya  lebih produktif dalam semua hal, terutama untuk masalah belajar. Banyak orang tua yang memberikan berbagai vitamin bagi anaknya supaya daya ingat anak meningkat dan berhasil dalam sekolahnya. Sebenarnya kemampuan daya ingat dapat ditingkatkan dengan berbagai kebiasaan yang baik dan juga konsumsi makanan yang sehat pula. Ada banyak makanan yang bisa meningkatkan daya ingat otak. Apabila dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen, lebih baik dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan daya ingat. Dalam meningkatan daya ingat otak dengan menggunakan makanan sehat lebih aman jika tanpa bahan kimia tambahan , misalnya saja pengawet.

Salah satu cara menambah daya ingat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak omega 3 dan juga mineral yang baik bagi otak. Berikut ini beberapa bahan makanan yang dapat dijadikan untuk meningkatkan daya ingat:

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak. Dalam sayuran ini mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang baik bagi kinerja otak. Bayam, seledri, dan sayuran hijau yang lain  sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari supaya daya ingat otak tetap kuat.

  • Ikan

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang mengandung banyak vitamin B dan juga omega 3 yang tepat untuk kecerdasan otak. Ikan yang baik untuk kesehatan otak seperti ikan haring, ikan salmon, dan berbagai macam ikan laut lainnya.

  • Gandum

Gandum adalah salah satu makanan yang kaya akan  vitamin B12 dan juga berbagai vitamin serta mineral yang baik bagi otak. Mengganti sarapan nasi dengan gandum dapat meningkatkan daya ingat otak buah hati Anda.

  • Susu

Daya ingat otak juga dapat ditingkatkan dengan minum susu secara rutin setiap pagi dan malam hari. Susu juga baik untuk cara meningkatkan daya ingat anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *