Cara Menjaga Kehamilan yang Paling Tepat untuk Seorang Wanita Karir

cara menjaga kehamilan
Ibu dan Balita

Cara menjaga kehamilan sedikit berbeda antara wanita karir dengan seorang ibu rumah tangga. Jika ibu seorang wanita karir, apakah ibu yakin sudah menerapkan cara tepat menjaga kehamilan saat bekerja?

Bagi wanita karir yang sedang mengandung, tidak cukup bagi mereka untuk menerapkan apa yang dijelaskan tentang info ibu hamil seperti minum susu ibu hamil dan memastikan hanya makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Seorang wanita karir memiliki tekanan psikologis yang lebih berat seperti deadline, tekanan dari atasan, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut tidak diantisipasi, bukan tidak mungkin mereka akan stres dan akhirnya menganggu kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan.

Itulah mengapa penting sekali bagi ibu sebagai wanita karir yang sedang mengandung untuk mengatahui cara menjaga kehamilan sebagai berikut.

Membawa Cemilan

Bagi wanita yang tidak mengandung, mungkin sebuah pantangan bagi mereka untuk membawa cemilan saat bekerja. Alasannya sangat klasik, yaitu mereka tidak ingin gemuk karena terlalu banyak makan cemilan.

Namun, berbeda bagi ibu yang sekarang ini sedang hamil. Saat hamil, apalagi masa kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, ibu akan mudah sekali merasa lapar. Tentu saja tidak mungkin jika ibu sedang bekerja ibu minta ijin untuk makan padahal belum saatnya jadwal makan siang.

Untuk menahan rasa lapar tersebut, tentu saja cemilan bisa menjadi solusi, bukan? Namun, dalam hal ini ibu juga harus selektif dalam memilih cemilan. Pilihlah cemilan yang bergizi tinggi seperti kacang-kacangan. Hindari cemilan yang berbahan kimia.

Dan satu lagi yang harus ibu pahami. Tahukah ibu kenapa ibu sering merasa lapar? Itu dikarenakan makanan yang ibu konsumsi itu tidak hanya untuk tubuh ibu saja, tapi juga janin dalam kandungan. Jadi, jika ibu menerapkan cara menjaga kehamilan yang satu ini, itu artinya ibu tidak membahayakan kesehatan janin dalam kandungan karena nutrisi untuk perkembangan janin dalam kandungan selalu tersedia kapan saja dibutuhkan.

Sering Beranjak dari Tempat Duduk

Jika kebanyakan waktu ibu habiskan duduk di depan komputer saat bekerja, usahakan agar ibu melakukan kegiatan yang membuat ibu berdiri dari tempat duduk. Ibu bisa secara rutin mengambil air minum, mengcopy file di tempat foto copy, berkoordinasi dengan tim secara langsung (tidak by phone) dan lain sebagainya.

Yang jelas, usahakan agar ibu tidak terlalu lama duduk. Setidaknya ibu bisa jadwalkan setiap satu atau dua jam sekali, ibu harus beranjak dari tempat duduk. Hal ini sangat penting agar ibu tidak mengalami kram pada kaki. Selain itu, cara ini juga merupakan tips menjaga kehamilan yang paling tepat agar selalu fit. Apalagi jika ibu merasa tidak memiliki waktu untuk berolahraga, jalan kaki di tempat kerja merupakan alternatif lain.

Perhatikan Apa Yang Ibu Kenakan Saat Bekerja

Apakah ibu selama ini memakai high heels ketika bekerja? Simpan dulu high heels tersebut selama ibu mengandung. Pasalnya, high heels akan membuat keseimbangan tidak baik apalagi ketika perut ibu semakin besar. Dikhawatirkan ibu mudah jatuh dan tentu saja akan berdampak kurang baik bagi perkembangan janin.

Sebenarnya tidak itu saja yang menjadi kekhawatiran. High heels ternyata semakin membuat aliran darah ke kaki tidak tidak lancar sehingga ibu akan mudah sekali kram. Tentu saja ibu tidak ingin saat bekerja justru kaki ibu sering kram, bukan? Untuk itu, ganti high heels dengan sepatu kerja flat.

Itulah cara menjaga kesehatan ibu hamil yang bisa ibu terapkan saat bekerja. Jika ibu merasa kesehatan ibu dan janin itu paling penting, maka tidak ada alasan untuk tidak menerapkan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *