Cara Menjaga Kehamilan yang Tepat Agar Tidak Terkena Flu Saat Musim Hujan

cara menjaga kehamilan
Ibu dan Balita

Cara menjaga kehamilan itu sangat perlu untuk diketahui khususnya ketika musim hujan tiba seperti saat ini. Wanita yang tidak sedang mengandung saja mudah sekali terserang penyakit, apalagi ibu yang sedang mengandung.

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil saat musim hujan adalah flu. Jika flu ini tidak di atasi, bukan berarti kesehatan janin juga terganggu. Hal ini dikarenakan flu sering menyebabkan ibu kehilangan nafsu makan sehingga nutrisi untuk perkembangan janin tidak tercukupi. Tentu saja ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Apalagi jika kehamilan ibu sudah memasuki trimester ketiga di mana masa persalinan sudah sangat dekat. Penting sekali agar ibu mengetahui cara menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga masa persalinan nanti.

Cara Mengatasi Flu Saat Hamil

Apakah ibu harus minum obat flu? Sebentar. Jangan buru-buru untuk minum obat flu. Ibu harus tahu ada janin di dalam kandungan. Dikhawatirkan obat yang mengandung zat kimia bisa mengganggu perkembangan janin yang ibu kandung saat ini. Oleh karena itu, ibu sebaiknya mencari alternatif lain.

Mengkonsumsi teh ternyata bisa menjadi cara yang tepat untuk meredakan flu. Akan lebih efektif lagi jika teh yang ibu buat dicampur dengan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang akan memperkuat immune system atau daya tahan tubuh ibu. Jika ibu terkena flu, minuman ini bisa meredakan flu tersebut.

Mengkonsumsi teh yang dicampur dengan lemon juga bisa dijadikan minuman yang tepat untuk menjaga kesehatan ibu ketika hamil. Salah satu cara menjaga kehamilan yang paling efektif saat musim hujan tiba agar tidak terkena flu adalah mengkonsumsi teh yang sudah dicampur dengan lemon.

Selain itu, pastikan juga ibu mendapatkan asupan air yang lebih banyak. Dengan mengkonsumsi air putih yang lebih banyak, racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga flu lambat laun akan reda.

Olahraga juga bisa dilakukan untuk meredakan flu. Akan tetapi, ibu harus tahu olahraga apa saja yang diperbolehkan untuk ibu hamil karena tidak semua olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Dengan olahraga, tubuh akan lebih kuat. Stamina ibu akan semakin bagus sehingga virus penyebab flu kalah karena secara tidak langsung daya tahan ibu semakin baik.

Ibu Hamil Trimester Ketiga Rentan Terhadap Flu

Berapa usia kehamilan ibu sekarang? Jika usianya sudah memasuki trimester ketiga atau bahkan masa persalinan sudah dekat, ibu harus benar-benar memperhatikan cara menjaga kehamilan. Hal ini dikarenakan wanita hamil pada trimester ketiga rentan sekali terhadap penyakit, terutama flu.

Ada banyak pendapat mengenai masalah ini, kenapa wanita hamil tua rentan sekali terhadap penyakit seperti flu. Salah satu alasannya adalah bahwa wanita hamil tua memiliki stamina yang kurang bagus. Kondisi badan lemah sehingga mudah sekali terserang penyakit. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa ketika ibu hamil terserang penyakit, itu merupakan tanda-tanda sudah dekat dengan masa persalinan.

Terlepas dari hal itu, tentu saja ibu tidak ingin kondisi badan ibu drop ketika sudah dekat dengan masa persalinan, bukan? Jika kondisi ibu kurang baik dan bahkan terserang flu, bukan tidak mungkin ibu nanti akhir disarankan untuk melakukan operasi Caesar. Hal ini dirasa menjadi langkah yang tepat mengingat kondisi ibu yang kurang fit.

Jika ibu memang benar-benar ingin merasakan ibu yang sejati dan ingin melahirkan si buah hati dengan cara normal, usahakanlah untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan semua cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *