Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk diperhatikan karena dengan fungsi mulut yang sangat penting di dalam sistem tubuh manusia maka harus benar-benar dijaga kesehatannya.

Untuk gigi sendiri menjadi indera pengunyah ini juga sangat penting keberadaannya karena apabila tidak adanya gigi maka makanan yang masuk ke tubuh anda tidak akan sempurna dan mungkin akan menyumbat organ pencernaan dan atau organ pembuangan anda. Selain itu, mulut memiliki posisi yang lebih penting karena mulut selain berfungsi untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang akan dimasukkan ke tubuh kita, juga berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi. Selain itu, mulut juga sebagai tempat keluarnya karbondioksida yang apabila mulut kita tidak dibersihkan akan menyebabkan bau mulut.

Kesehatan gigi dan mulut tidak hanya penting bagi orang dewasa, namun lebih penting bagi anak-anak karena apabila anak sudah membiasakan dirinya untuk merawat gigi dan mulut dengan baik, maka kedepannya akan memiliki kondisi gigi dan mulut yang bisa dibilang sangat sempurna. Tetapi mungkin cara ini yang sulit dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Hal itu karena anak kecil yang masih senang untuk bermain-main dan belum bisa peduli terhadap kesehatannya sendiri menjadikan cara merawat kesehatan gigi bagi anak-anak lebih sulit dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, masih jarangnya produk untuk menjaga kesehatan gigi yang dikhususkan bagi anak membuat orang tua mungkin kebingungan bagaimana cara merawat gigi dan mulut anak-anaknya.

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa tidak memakai produk yang digunakan oleh orang dewasa? Hal itu karena produk kesehatan yang digunakan oleh orang dewasa pastinya memiliki kandungan kimia yang lebih tajam dan juga memiliki efek samping lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang ditujukan untuk anak-anak. Dan apabila produk dewasa tersebut digunakan oleh anak-anak maka efeknya tidak baik bagi anak-anak.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak ini harus dilakukan lebih intensif karena dengan tekstur gigi dan mulut anak yang sangat rentan dan masih sensitif membuatnya lebih mudah diserang bakteri dan membuatnya lebih mudah rusak apabila tidak dirawat secaga internsif.

Mungkin gosok gigi merupakan cara dasar dalam melatih anak agar lebih peduli dengan kesehatan giginya. Namun yang harus anda perhatikan adalah pasta gigi yang digunakan oleh anak anda tersebut. Pastikan pasta gigi yang digunakan memang pasta gigi yang khusus digunakan untuk anak. Hal itu karena jika anak anda menggunakan pasta gigi yang anda gunakan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut buah hati anda. Kenapa bisa berdampak buruk? Karena pasta gigi yang anda pakai pasti memiliki kandungan kimia yang lebih besar dan lebih tajam dibandingkan dengan pasta gigi khusus untuk anak, dan jika anda pakaikan untuk anak dikhawatirkan akan menyebabkan hal-hal yang tidak diharapkan terhadap gigi dan mulutnya.

Selain gosok gigi, masih banyak lagi hal-hal yang harus dibiasakan oleh anak dalam menjaga kesehatan mulut dan giginya. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat kumur. Jika anak anda belum mampu untuk berkumur, pastikan anda ajarkan anak anda berkumur menggunakan air putih yang matang dan atau berkumur langsung dengan menggunakan obat kumur namun memakai obat kumur yang dikhususkan untuk anak. Hal itu dikarenakan obat kumur khusus anak akan mempunyai cita rasa yang segar bagi mulut anak dan tidak berbahaya apabila tertelan.

Selain gosok gigi dan berkumur menggunakan obat kumur, untuk melatih anak dalam menjaga kesehatan mulut dan giginya bisa anda latih dengan sering mengonsumsi buah dan sayuran, sering meminum air putih, dan satu lagi yang penting jangan sampai anak anda terkena pergaulan merokok dan meminum alkohol, karena hal itu tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulutnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *