Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Paling Mudah

cara menjaga kesehatan gigi dan mulut
Listerine Indonesia

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ini mungkin menjadi pertanyaan yang cukup sering dilontarkan oleh masyarakat saat ini terutama masyarakat di pedesaan karena memang disana masih jarangnya informasi yang terupdate tentang cara merawat gigi dan mulut ini.

Gigi merupakan salah satu bagian yang penting di dalam sistem tubuh manusia karena gigi berfungsi sebagai pengunyah dan penghalus makanan yang akan kita telan dan kita masukkan ke dalam tubuh kita. Bayangkan saja jika anda tidak punya gigi yang lengkap, gigi anda rusak, dan bahkan anda tidak mempunyai gigi maka anda akan kesulitan untuk memasukkan makanan yang akan anda makan. Makanan yang belum dihaluskan oleh gigi maka akan berbahaya bagi organ pencernaan kita. Maka dari itulah posisi gigi ini sangat penting dan sangat sentral.

Selain gigi, kesehatan mulut pun memiliki posisi yang sangat penting dalam suatu kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan mulut memiliki fungsi yang lebih banyak yaitu selain untuk berkomunikasi, mulut juga berfungsi untuk keluarnya gas karbondioksida. Bayangkan saja jika makhluk hidup tidak memiliki mulut, bagaimana keadaannya? Maka dari itulah cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ini penting untuk anda ketahui karena memang terdapat banyak kerugian apabila anda memiliki gigi dan mulut yang tidak sehat.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ini banyak sekali jenisnya. Dari mulai cara yang sangat mudah dilakukan dan sangat umum dilakukan oleh kebanyakan masyarakat, hingga cara alami yang mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahuinya ada dalam tips merawat kesehatan gigi dan mulut ini. Kali ini kami akan membahas tentang cara yang sangat mudah dilakukan oleh masyarakat, namun dampaknya bisa menyehatkan gigi jika anda rutin melakukannya dan sesuai dengan anjuran-anjuran yang telah ditentukan. Untuk mengetahui apa saja cara yang bisa anda lakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, bisa anda lihat dalam ulasan sebagai berikut.

  • Rajin Gosok Gigi

Mungkin cara ini sudah anda lakukan dan menurut anda telah anda lakukan dengan benar. Namun anda pasti bertanya-tanya sudah melakukan hal ini kok gigi dan mulutnya tetap tidak sehat? Mungkin anda tidak rutin dalam menggosok gigi. Demi kesehatan gigi dan mulut, sebaiknya anda melakukan gosok gigi tidak hanya saat mandi, namun saat sebelum dan sesudah bangun tidur, saat selesai makan sebaiknya juga melakukan gosok gigi. Agar sisa-sisa makanan dan air liur anda tidak menumpuk pada gigi.

  • Hindari Kopi, Alkohol, dan Rokok.

Kopi dan alkohol merupakan salah satu minuman dan cairan yang tidak sehat untuk gigi dan juga mulut. Untuk kopi sendiri berbahaya untuk gigi anda karena bisa menyebabkan gigi berlubang. Sementara untuk alkohol tidak sehat bagi mulut anda karena alkohol memiliki hawa yang panas dan membuat mulut anda kering sehingga akan menjadikan bau mulut pada mulut anda.

  • Biasakan mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran selain baik bagi kesehatan organ-organ yang ada di dalam tubuh kita, ternyata juga baik bagi organ pencernaan kita karena buah ini memiliki beberapa serat yang berfungsi untuk menyehatkan gigi dan mulut. Buah yang baik untuk menyehatkan gigi dan mulut adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi seperti jeruk, lemon, dan lain sebagainya. Selain itu apel juga sangat baik untuk membersihkan dan menguatkan gigi. Untuk sayuran sendiri wortel dan hijau-hijauan tetap menjadik pilihan utama karena sayuran itulah yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut paling mudah yang bisa kami hadirkan untuk anda. Dalam beberapa cara di atas anda harus benar-benar melakukannya secara seksama agar bisa efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *