Cara Menjaga Kesehatan Gigi dengan Ampuh

cara menjaga kesehatan gigi
Listerine Indonesia

Cara menjaga kesehatan gigi adalah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh sebagian orang untuk memiliki gigi yang sehat dan bersih. Ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan gigi anda. Gigi merupakan bagian dari organ tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Bagian gigi orang dewasa dan anak-anak juga berbeda sehingga harus membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Cara menjaga kesehatan gigi juga dapat membuat gigi anda menjadi putih dan sehat. Dengan memiliki gigi yang putih dan sehat dapat membuat penampilan anda menjadi lebih baik di depan orang. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, gigi juga merupakan salah satu organ tubuh yang dapat membuat gangguan kesehatan tubuh lainnya juga terganggu jika tidak dijaga dengan baik.

Cara menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan metode alami. Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan ke dokter gigi, anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentunya dengan memakai bahan-bahan alami yang dapat membuat kesehatan gigi anda lebih terjaga dengan baik. Fungsi gigi selain digunakan untuk mengunyah makanan, membuat makanan menjadi halus dan baik untuk dicerna, gigi juga memiliki fungsi sebagai penunjang penampilan anda. Untuk itu di bawah ini ada cara ampuh dalam menjaga kesehatan gigi, antara lain:

  1. Rajin-rajin menggosok gigi (minimal 2 kali sehari)

Cara pertama dalam menjaga kesehatan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi. Anda jangan lupa untuk lebih sering menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Kegiatan menggosok gigi membantu anda menghindarkan gigi anda dari kuman di dalam mulut. Kuman yang ada di dalam mulut timbul dari sisa-sisa makanan. Jika anda tidak membersihkannya dengan baik, akan membuat gigi anda berlubang. Gigi berlubang adalah sumber dari penyakit yang akan mengganggu kesehatan anda. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur sangatlah penting untuk membuat gigi tetap putih dan kuat.

  1. Menggunakan obat kumur

Untuk menjaga kesehatan gigi, sekarang ini ada berbagai macam obat kumur yang dapat anda gunakan untuk menjaga kebersihan gigi anda. Namun, dalam memilih obat kumur, anda perlu memperhatikan kembali komposisi yang terdapat dalam kemasan. Sehingga anda dapat memastikan bahwa obat kumur tersebut cocok atau tidak. Sebab ada beberapa orang yang alergi dalam menggunakan obat kumur mulut. Berkumur dengan menggunakan obat kumur dapat membantu menghilangkan plak pada mulut. Lakukan sesuai aturan obat kumur anda.

  1. Menjaga pola makan

Menjaga kesehatan gigi adalah dengan menjaga makanan yang anda konsumsi. Untuk menjaga kesehatan gigi anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Seperti misalnya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Sebab, gula adalah salah satu zat yang sering melekat pada gigi. Jika tidak segera dibersihkan akan membuat gigi anda terasa nyeri.

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Ada banyak buah dan sayur yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan anda. Namun, untuk kesehatan gigi dan mulut anda bisa mengkonsumsi buah apel, daun seledri dan wortel. Dari tiga jenis buah dan sayur ini memiliki tekstur buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi. Sehingga, tanpa disadari gigi anda menjadi lebih bersih dan putih. Selain mengkonsumsi buah dan sayur yang dapat membantu membersihkan gigi anda. Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan merokok sebab akan membuat gigi anda menjadi kuning dan kecoklatan.

Cara menjaga kesehatan gigi dengan cara alami di atas dapat membantu anda memiliki gigi putih bersih dan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *