Cara Menyeimbangkan Tubuh Pasca Kelahiran Secara Caesar

pasca kelahiran
Ibu dan Balita

Setelah menjalani operasi caesar, peredaran darah tidak seperti biasanya sehingga keseimbangan tubuh seakan menurun. Lalu bagaimana cara ibu berdiri pasca kelahiran buah hati?

Ketika melakukan operasi, pembiusan akan dilakukan selama beberapa menit. Tentunya sampai ibu selesai melahirkan buah hatinya.

Masalahnya, dalam beberapa waktu ibu juga akan terbangun setelahnya. Dan biasanya perawat akan mencoba membangunkannya atau membantu ibu untuk berdiri.

Pada kondisi ini, perasaan pusing sangat normal terjadi. Karena merupakan tanda dari tekanan darahnya yang masih belum stabil.

Pusing yang berlebihan ini jelas mempengaruhi kondisi tubuh, terutama berpengaruh pada keseimbangannya. Akibatnya, ibu akan merasa tidak mampu berdiri jika tanpa bantuan orang lain.

Nah, agar ibu tidak merasakan pusing yang berlebihan, ada beberapa cara yang sebaiknya ibu lakukan setelah melahirkan secara caesar. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

Hal Yang Dilakukan Sebelum Bangun Tidur

Terkadang rasa pusing akan dialami tidak hanya setelah menjalani operasi caesar pertama, namun di hari-hari berikutnya ibu juga bisa mengalami masalah tersebut.

Dengan adanya kondisi tubuh yang masih sangat lemah, bangun dari tidur nampaknya akan sangat sulit. Bahkan ibu akan merasakan rasa sakit kepala yang hebat.

Untuk menguranginya, ibu disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu sebelum memutuskan untuk bangun. Gerakan ini bisa dilakukan saat berbaring di ranjang

Nah, gerakan yang disarankan adalah dengan memutar pergelangan kaki dan tungkai ketika berbaring. Selain itu, usahakan untuk berguling ke tepian tempat tidur sebagai langkah awal ibu untuk bangun.

Dengan melakukan gerakan ini, diharapkan jika peredaran darah semakin lancar. Dan lancarnya peredaran ini diharapkan mampu menghilangkan pusing atau sakit kepala yang berlebihan ketika bangun.

Menjelang Duduk Di Atas Tempat Tidur

Setelah melakukan gerakan-gerakan sederhana di atas, kini saatnya ibu mulai tahapan untuk duduk.

Pada tahapan ini, normalnya ibu juga tidak boleh secara langsung untuk duduk. Karena kondisi ibu masih sangat lemah, dan butuh untuk membiasakan diri sejenak.

Sebelum ibu memutuskan untuk duduk setelah menjalani operasi kelahiran anak, alangkah baiknya jika ibu menggantungkan terlebih dahulu kedua kakinya.

Ya, ibu cukup bergeser ke tepian tempat tidur, kemudian turunkan kedua kaki menggantung di bawah tempat tidur.

Setelah beberapa menit, barulah ibu mulai mencoba untuk bangun. Tapi ingat, pastikan dengan meminta bantuan perawat atau pasangan.

Menjelang Akan Berdiri

Setelah ibu mampu duduk, jangan paksakan untuk langsung berdiri walaupun rasa pusing yang dirasakan telah menghilang.

Tetapi, ibu bisa mencoba untuk menggerak-gerakkan pergelangan kaki kembali. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan kaki supaya kuat menopang tubuh. Dan memang setelah kelahiran anak ini, ibu harus banyak bersabar sebelum sampai berdiri sendiri.

Setelah itu, ibu bisa memulai meletakkan kaki di atas lantai. Dan cobalah untuk berdiri dalam keadaan tegak.

Di sini, ibu tidak perlu ragu untuk meminta bantuan orang lain. Karena kondisi ibu masih sangatlah lemah, dan dikhawatirkan akan terjatuh.

Jika ibu sudah bisa berdiri, beranikan diri ibu untuk melangkah. Tapi ingat, rasa sakit setelah melahirkan secara caesar ini masih terasa. Dan ini akan terasa cukup hebat rasanya di awal.

Tetapi setelah ibu memberanikan diri dan mulai terbiasa untuk berjalan, maka rasa sakit bekas sayatan dan rasa pusing akan hilang. Dan kini ibu hanya tinggal menunggu proses pemulihan saja.

Kesimpulannya, bersabarlah dan luangkan waktu untuk menggerakkan bagian tubuh sebelum bangun dan berjalan pasca kelahiran.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *