Cara Menyusui Yang Benar Dan Mudah Bagi Ibu Menyusui

cara menyusui yang benar
Awal Sehat Nestle

Walaupun menyusui adalah hal alami, akan tetapi tidak jarang pula para ibu mengalami kesulitan dalam mengetahui cara menyusui yang benar. Air susu ibu mengandung 400 nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Seiring dengan pertumbuhan bayi maka kandungan nutrisi di dalamnya juga akan menyesuaikan dengan keperluan si kecil. Manfaat dalam memberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan yaitu akan menekan risiko sakit infeksi telinga, radang paru-paru atau pneumonia, radang pencernaan atau gastroenteritis, dan juga bisa meningkatkan kecerdasan. Beberapa hal ini bisa Anda lakukan supaya proses menyusui mudah untuk ibu :

-Pastikan Anda dan si kecil berada dalam keadaan tenang dan nyaman.

Posisi kepala bayi Anda perlu lebih tinggi dibandingkan tubuhnya, hal ini bertujuan supaya si kecil lebih mudah menelan. Anda bisa menyangga dengan tangan maupun menopang dengan bantal. Lalu, tempatkan hidung bayi Anda seimbang dengan puting. Hal ini akan membantunyauntuk membuka mulutnya.

-Saat bayi Anda mulai membuka mulutnya dan akan menyusu maka dekatkan ia ke payudara Anda.

Tunggu hingga mulutnya terbuka dengan lebar dengan posisi lidah ke arah bawah. Jika bayi Anda belum melakukannya, Anda dapat membantu ia dengan dengan menyentuh lembut bagian atas bibir si kecil.

-Posisi perlekatan terbaik si kecil saat menyusui yakni perlekatan asimetris.

Pada perlekatan ini, mulut bayi bukan hanya menempel pada puting payudara, akan tetapi pada area bawah puting payudara dan selebar mungkin. Perlekatan ini adalah salah satu hal yang penting dalam cara menyusui dengan benar. Tanda bahwa perlekatan sudah benar yakni saat Anda tidak merasakan nyeri ketika bayi Anda menyusu dan ia mendapatkan ASI yang cukup. Anda bisa mendengarkan ketika bayi Anda menelan ASI.

Apabila Anda merasa nyeri, maka lepas perlekatan dengan memasukan jari kelingking ke arah gusi dan puting. Lalu, coba lagi untuk perlekatan yang lebih tepat lagi. Setelah perlekatan sudah tepat , biasanya si kecil akan bisa menyusu dengan baik. Bayi menyusu minimal 5 sampai 30 menit, tergantung keperluannya. Biasanya dibutuhkan beberapa waktu untuk adaptasi ibu dan bayi supaya proses menyusui berjalan dengan lancar.

Perlengkapan Cara Menyusui yang Dianjurkan

Supaya bayi nyaman saat menyusu, Anda sebaiknya menggunakan bra khusus menyusui yang mempunyai kait atau kancing di bagian depan yang bisa dibuka dengan mudah. Untuk beberapa ibu, hal ini akan menghindari terhambatnya saluran ASI dan memicu terjadinya peradangan jaringan payudara atau yang biasa disebut dengan mastitis. Dalam mencegah kebocoran ASI pada bra, Anda bisa menggunakan bantalan payudara yang diselipkan pada bagian depan bra. Untuk Anda yang berencana memerah ASI, maka Anda bisa membeli pompa ASI yang nyaman untuk digunakan.

Seringkali, dibutuhkan praktik selama beberapa waktu sampai ibu dan bayi bisa bekerjasama dengan baik selama proses menyusui. Apabila dibutuhkan, ibu menyusui bisa meminta saran dan bantuan dari bidan atau konsultan laktasi untuk mengetahui cara menyusui dengan baik. Bila si kecil sudah kenyang akan tetapi payudara masih terasa penuh maka perah ASI untuk disimpan supaya payudara terus memproduksi ASI.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Ibu Menyusui Yang Baik

Sebelum menyusui, Anda perlu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Kebersihan akan menjaga kemungkinan bayi terinfeksi oleh virus ataupun bakteri yang berasal dari luar tubuhnya. Untuk memastikan bayi cukup ASI, maka berikan ASI pada bayi Anda dengan teratur seperti yang bayi inginkan minimal delapan kali sehari. Disamping itu, bangunkan dan susui bila bayi Anda tidur lebih dari tiga jam. Anda juga perlu menyusui bayi Anda dengan ASI hingga payudara terasa kosong, lalu pindah ke payudara sisi yang lain. Oleh sebab itu perhatikan beberapa hal berikut ini;

1.Posisi Dan Pelekatan Yang Benar Saat Menyusui

-Pastikan posisi Anda berada dalam posisi paling nyaman

-Kepala dan badan bayi Anda sebaiknya sejajar lurus supaya ia bayi juga merasa nyaman

-Wajah bayi Anda menghadap payudara, dan hidungnya berhadapan dengan puting.

-Anda perlu untuk memeluk badan si kecil sedekat mungkin.

-Untuk bayi yang baru lahir hingga dengan usia 6 bulan, Anda perlu menopang seluruh tubuh si kecil terutama bagian kepala hingga dengan paha.

-Pastikan bahwa sebagian besar areola yang merupakan bagian hitam disekitar putting sudah masuk ke dalam mulut bayi ketika menyusui.

-Anda perlu membantu bayi Anda supaya mulutnya dapat terbuka lebar dengan bibir bawah melengkung ke luar dan dagu bersandar pada payudara Anda.

2.Posisi Ibu Yang Benar Saat Menyusui Bayi Dengan ASI

-Anda perlu mencari posisi duduk dengan nyaman dan rileks, serta menatap bayi Anda untuk memperlihatkan kasih sayang ibu kepada bayinya. Punggung Anda harus bersandar pada sesuatu yang tetap dan kaki juga tidak menggantung.

-Hadapkan seluruh tubuh si kecil ke perut Anda. Perut bayi Anda harus menempel pada badan Anda, dengan telinga dan lengan bayi lurus.

-Posisi kepala dan badan bayi Anda harus berada dalam garis lurus. Dimana seluruh badan si kecil ditopang dengan dipeluk erat menempel tubuh Anda , dan si kecil dekat dengan payudara serta hidung berhadapan dengan putting Anda.

-Apabila usia bayi Anda sudah cukup, maka letakkan kepalanya pada lengan tangan Anda dan bokong bayi di atas pangkuan Anda. Posisi ini memang cara menyusui yang benar untuk ibu menyusui dan Anda harus mencobanya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *