Cara Merawat Kulit Wajah dari Keriput dengan Tidak Tersenyum

Cara merawat kulit wajah
www.cleanandclear.co.id/

Cara merawat kulit wajah ternyata sangat bergantung dari ekspresi seperti apa yang sering kamu pasang. Jika kamu memiliki garis senyum di usia tua, berarti kamu adalah orang beruntung. Garis senyum adalah tanda bahwa seseorang telah diberkati dengan hidup penuh kebahagiaan.

Tentu saja, bukan hanya senyum yang terlihat. Setiap kali kamu membuat mimik wajah, entah senyum, kerutan atau bahkan menguap, akan mengakibatkan gerakan di otot bawah wajah yang mana menyebabkan gerakan tertentu yang dikenal sebagai eskpreksi.

Pada senyum, 2 otot yang dikenal di dunia medis sebagai nasolabial folds terbentuk. Nasolabial fold adalah 2 lipatan kulit yang berasal dari hidung sampai ujung mulut. Ketika kamu muda, elastisitas kulit membantu otot tersebut terpantul kembali sehingga lipatan tersebut menghilang ketika kamu berhenti tersenyum.

Tapi semakin bertambah usia dan kulit kamu akan mulai berubah. Elastisitas, lemak, kekencangan otot dan faktor lain akan berkurang, inilah penyebab lipatan senyum tidak menghilang seperti dulu. Bahkan, jika kamu belum memiliki kerutan di wajah kamu bisa memprediksi kapan kerutan akan muncul hanya dengan membuat beberapa ekspreksi di cermin.

Corak unik dari garis ekspreksi akan sangat mungkin memprediksi kerutan kamu di masa depan. Tidak ada yang salah dengan keriput, meski suatu penelitian menemukan bahwa seseorang kesulitan membaca emosi ketika menemui seseorang dengan banyak keriput wajah.

Hal ini mungkin menyebabkan banyak orang sepuh yang sulit dipahami secara sosial atau kesulitan ketika harus berinteraksi sehari hari. Meskipun keriput adalah masalah kulit, ada juga keriput yang disebabkan oleh stress psikologis.

Meski beberapa orang melihat keriput sebagai sesuatu yang bisa disamarkan, lebih dari setengah populasi merasa terganggu dengan adanya keriput karena dianggap terlihat lebih tua.

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa selebriti menyatakan bahwa mereka mencoba tidak tersenyum terlalu sering karena senyum menyebabkan keriput. Tapi menahan senyum juga berarti menahan emosi positif yang meningkatkan perilaku baik. Berpikir positif lantas tersenyum terbukti membuat seseorang lebih bahagia.

Ketika kamu tersenyum pada orang lain, besar kemungkinan orang lain akan tersenyum balik, menciptakan timbal balik tanpa henti yang mungkin mengarah pada hidup kamu dan hidup orang lain lebih positif.

Agar cara merawat kulit wajah dari keriput berhasil, selain tersenyum, kamu harus mampu menahan segala macam mimik wajah, yang mana membuat kamu terlihat tidak punya emosi dan lebih mungkin membuat orang merasa kamu sulit didekati. Bahkan secara psikologis hal ini mempengaruhi kemampuan kamu untuk merasakan emosi.

Salah satu penelitian menggunakan suntikan botox, menyebabkan pasien tidak dapat menggerakkan otot wajah yang menyebabkan keriput dan dengan demikian membatasi kemampuan pasien untuk memmbuat ekspreksi. Buktinya sangat mengherankan karena memang untuk sementara masalah keriput teratasi tapi bukan berarti masalah jangka panjang terselesaikan. Sehingga cara ini juga tidak direkomendasikan.

Bahkan pada penelitian ini menunjukkan, pasien yang disuntik botox mengaku merasa kurang mampu memberi respon emosi ketika menonton klip video dan tidak merasa emosi mereka sedalam orang orang yang mendapatkan prosedur kosmetik berbeda, yang mana prosedur tersebut tidak membuat otot wajah menjadi mati.

Memang dengan tidak tersenyum atau membuat reaksi mimik wajah apapun akan menyelamatkan kamu dari keriput, tapi dengan cara ini pula kamu menghilangkan kemampuan kamu merasakan emosi. Masih mau?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *