Cara Standar Cegah Gigi Berlubang

Mencegah gigi berlubang
http://www.listerine.co.id/

Mencegah gigi berlubang tentunya tindakan yang baik dilakukan untuk kesehatan gigi dan mulut. Gigi berlubang terjadi karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi membusuk dan bercampur dengan bakteri yang merusak gigi. Bakteri membentuk lapisan tipis pada gigi yang disebut “plak.” Plak secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi, sehingga akan mengakibatkan lubang kecil, dan akan menjadi semakin besar dari waktu kewaktu. Gigi berlubang jika dibiarkan akan semakin parah dan semakin sakit. Nah untuk menghindarinya Anda perlu melakukan tindakan pencegahan dengan teratur membersihkan gigi dan mulut Anda. Pastinya Anda tidak ingin kan merogoh kocek lebih dalam hanya untuk menambal gigi Anda yang berlubang? Untuk itu, ikutilah langkah berikut ini untuk Mencegah Gigi Berlubang.

  • Sikat gigi secara teratur

Anjuran menggosok gigi 2 kali sehari yakni pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur sangat baik dilakukan. Karena mengantisipasi masalah gigi berlubang yang paling umum adalah dengan menggosok gigi secara teratur dan rutin sesuai jadwal yang dianjurkan oleh para ahli gigi. Kebiasaan menggosok gigi ini bisa ditingkatkan jika Anda banyak mengkonsumsi makanan yang berpotensi merusak gigi. Cara mencegah munculnya gigi berlubang ini merupakan cara yang paling disarankan oleh ahli masalah gigi manapun.

  • Gunakan Pasta Gigi berflouride

Anda dapat mencegah gigi berlubang dengan memenuhi kebutuhan mineral dalam air liur seperti kalsium dan fosfat. Gunakan sikat gigi berfluoride, yang dapat memperbaiki mineral dan melindunginya dari asam yang merusak. Fluorida mineral mencegah kerusakan gigi bertambah parah, menggantikan mineral yang telah hilang, dan menyetop kemampuan bakteri untuk mengubah gula dan zat tepung menjadi asam korosif.

  • Gunakan obat kumur

Obat kumur menjadi solusi yang bisa menuntaskan masalah gigi berlubang. Karena obat kumur dapat membantu membersihkan gigi secara menyeluruh dari ancaman kuman. Berkumurlah dengan obat kumur setiap kali selesai menggosok gigi untuk lebih memantapkan perawatan gigi Anda sekaligus untk menyegarkan mulut Anda.

  • Kurangi makanan manis

Makan-makanan yang manis tentu menyenangkan, tapi dibalik hal tersebut, ternyata ada ancaman yang membuat gigi Anda berlubang. Gula atau glukosa

merupakan kandungan yang dapat dengan mudah melekat atau terselip dan tertinggal di sela-sela gigi dan merusak gigi. Hal ini dikarenakan caramel merupakan bahan yang dapat dengan mudah mengundang bakteri perusak email dan susunan gigi. Dari berbagai kasus, makanan manis yang tertinggal diketahui menjadi penyebab gigi berlubang terbanyak. Cara mencegah gigi berlubang ini juga bisa ditempuh dengan mengganti permen gulali dengan permen xylitol yang justru baik untuk kesehatan gigi.

  • Hati-hati dengan makanan yang lengket

Makanan lengket seperti biskuit, daging, roti atau makanan lain yang terbuat dari tepung umumnya akan menjadi lengket jika dikonsumsi dan meninggalkan sisa di gigi. Sisa makanan ini akan jauh lebih sulit dicerna oleh air ludah sehingga bisa bertahan lama dan mengundang bakteri perusak gigi.

  • Konsultasi dengan Dokter tiap 6 bulan sekali

Berkonsultasi pada dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali dapat menjadi deteksi dini kerusakan gigi. Dengan deteksi dini yang dilakukan Anda dapat mencegah kerusakan gigi yang parah atau tetap mempertahankan kesehatan gigi. Anda dapat berdiskusi dengan dokter mengenai tanda gejala gigi berlubang yang telah muncul sehingga Anda dapat melakukan langkah cepat Mencegah Gigi Berlubang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *