Cara untuk Memastikan Asupan Gizi Seimbang pada Balita

gizi seimbang pada balita
Ibu dan Balita

Gizi seimbang pada balita menentukan sekali bagaimana si kecil aktif dan tidak mudah terserang penyakit. Jadi, bukan berarti ibu sudah memberikan makanan yang sehat serta memilihkan susu balita terbaik lalu ibu sudah memastikan si kecil akan sehat selalu. Apakah ibu yakin nutrisi yang didapatkannya seimbang?

Banyak sekali masalah yang terjadi saat balita tidak mendapatkan gizi yang tidak seimbang. Obesitas menjadi masalah yang sering muncul, terutama saat protein yang si kecil dapatkan lebih banyak. Tentu saja masih ada masalah lain yang dikaitkan kurangnya perhatian orang tua terhadap gizi seimbang pada balita. Oleh sebab itu, setiap orang tua harus tahu bagaimana cara untuk memastikan gizi yang didapatkan balita mereka seimbang. Ibu ingin tahu bagaimana caranya?

Memastikan Bahan Makanan Bernutrisi

Hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memastikan menu makanan yang ibu sajikan setiap hari berasal dari bahan yan sehat dan bernutrisi tinggi. Ini wajib dilakukan. Karena tidak mungkin gizi seimbang pada balita terpenuhi jika makanannya saja tidak sehat.

Ibu bisa membuatkan makanan yang berbahan sayuran hijau, ikan laut, atau daging segar. Kurangi menu makanan yang dimasak dengan cara digoreng karena minyak goreng kurang bagus untuk kesehatan. Kalaupun harus digoreng, pastikan ibu menggunakan minyak yang terbaik.

Mengatur Pola Makan yang Baik

Setelah ibu memastikan bahwa bahan yang ibu gunakan untuk membuat makanan tersebut bernutrisi tinggi, ibu juga harus menerapkan pola makan yang baik.

Biasakan si kecil bangun tidur di pagi hari lalu sarapan. Pada siang hari sebelum jam makan siang, usahakan ibu memberikan jus buah yang segar. Jus buah mengandung vitamin di mana minuman tersebut akan membuat gizi seimbang pada balita.

Di siang hari, ibu bisa memberikan menu makan siang. Cemilan mungkin bisa ibu berikan di sore hari. Di malam hari, ibu buatkan makanan. Namun, jarak antara makan malam dan tidur tidak boleh berdekatan.

Dengan menerapkan pola makan yang tepat seperti itu, dipastikan balita ibu akan mendapatkan gizi yang seimbang.

Memberikan Menu Makanan yang Variatif

Ini merupakan tips untuk memastikan gizi seimbang balita terpenuhi, yaitu membuat menu makanan yang variatif. Ibu harus memahami bahwa tidak semua nutrisi terkandung di dalam satu jenis makanan. Contoh sederananya saja seperti ini. Ikan mengandung omega 3 yang tinggi. Namun, si kecil akan lebih banyak mendapatkan nutrisi berupa vitamin A dari sayuran. Jadi, ibu harus variatif dalam menyajikan menu makanan. Dan yang tak kalah penting, dengan menyajikan menu makanan yang variatif, si kecil tidak akan bosan yang terkadang mengakibatkan ia mogok makan.

Mulai sekarang, ibu sebaiknya lebih banyak mencari tahu menu makanan variatif yang bergizi untuk si kecil. Dan yang pasti, bahan yang ibu gunakan mengandung nutrisi yang tinggi.

Dengan menerapkan tiga hal tersebut di atas, ibu akan memastikan bahwa gizi seimbang pada balita tercukupi. Namun, ibu juga perlu memeriksakan kesehatan anak ke dokter secara rutin untuk memastikan nutrisi dari makanan yang ibu berikan setiap hari terserap dengan baik oleh tubuh si kecil. Selain itu, konsultasi dengan dokter anak juga diperlukan untuk mendeteksi adanya hal buruk yang mungkin terjadi kepada balita.

Setiap orang tua pasti ingin melihat balita mereka tumbuh sehat. Untuk itu, mereka harus memastikan tercukupinya gizi seimbang pada balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *