Cemilan Sehat Yang Mengandung Nutrisi Penunjang Kehamilan

nutrisi penunjang kehamilan
www.ibudanbalita.com

Nutrisi penunjang kehamilan tidak hanya bisa ibu dapatkan dari susu. Ada lho cemilan sehat yang ternyata mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil. Jadi, jangan pernah merasa terkekang karena hamil ya. Banyak ibu hamil yang merasa seperti dipenjara karena harus menghindari beberapa makanan yang notabene makanan lezat dan favorit.

Memang tidak semua cemilan itu sehat. Namun, setidaknya sekarang ibu bisa mendapatkan alternatif cemilan sehat yang mengandung nutrisi yang ada di dalam susu ibu hamil, yaitu susu Frisian Flag Mama. Apa saja cemilan sehat yang dimaksud tersebut?

  1. Cemilan Kacang Kedelai

Salah satu cemilan yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan ibu hamil adalah cemilan yang terbuat dari kacang kedelai. Kacang kedelai ini setidaknya mengadung tiga nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, yaitu protein untuk menjaga berat badan bayi di dalam kandungan ideal, asam folat untuk mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat, dan zat besi agar ibu tidak mudah lelah selama menjalani masa kehamilan.

Lalu, cemilan terbuat dari kacang kedelai seperti apa yang bisa ibu pilih? Banyak sekali pilihannya. Salah satunya kacang kedelai yang digoreng garing. Namun, hati-hati ya bu. Banyak kacang kedelai garing yang sudah diberi bumbu. Sebaiknya ibu pilih kacang kedelai garing yang original saja.

Jika ibu memiliki waktu luang, ibu bisa membuat rempeyek kacang kedelai sendiri. Tidak hanya ibu saja yang sedang hamil, teman-teman lainnya pun mau jika ibu tawari cemilan yang satu ini. Dan ada banyak ide lainnya yang bisa ibu dapatkan untuk membuat cemilan yang terbuat dari kacang kedelai. Yang pasti, cemilan seperti mengandung nutrisi untuk penunjang kehamilan sehingga sangat tepat jika ibu menjadikan ini sebagai cemilan setiap hari.

  1. Kurma

Saat bulan Ramadhan, harga kurma mungkin sangat mahal. Namun, jika tidak sedang bulan Ramadhan, ibu bisa membeli kurma dengan harga yang jauh lebih murah. Toh kurma tidak hanya dikonsumsi saat Ramadhan saja kan? Dan ternyata kurma ini bagus untuk kehamilan lho bu.

Di dalam kurma, terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin B yang tinggi. Vitamin ini yang dibutuhkan untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah sehingga ibu tidak terkena anemia. Selain itu, kurma juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga risiko sakit selama masa kehamilan bisa dikurangi.

Ibu bisa langsung mengkonsumsi kurma. Atau jika ibu ingin merasakan betapa segarnya mengkonsumsi kurma, ibu bisa membuat sup buah yang salah satunya adalah buah kurma.

Sebaiknya ibu mengkonsumsi kurma ini di siang hari. Ini sangat bagus selain mengandung nutrisi penunjang ibu hamil, kurma juga ternyata bisa memberikan energi. Tepat sekali jika ibu menjadikan kurma sebagai cemilan saat ibu bekerja di kantor.

  1. Tahu

Banyak yang mengira semua jenis gorengan itu sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Ternyata tidak. Gorengan tahu bisa ibu jadikan cemilan yang sehat. Pasti sangat enak sekali makan tahu goreng yang masih hangat di siang hari ditemani dengan segelas susu. Tahu terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan kandungan proteinnya. Ini sangat baik untuk memaksimalkan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Namun, tidak itu saja yang menjadi manfaat dari tahu. Ternyata, cemilan ini juga menjadi sumber energi. Jadi, inilah mengapa setiap ibu mengkonsumsi tahu ibu merasa kenyang dan rasanya energi penuh kembali.

  1. Risoles

Mungkin ibu bertanya-tanya mengapa risoles termasuk ke dalam cemilan sehat untuk ibu hamil. Jawaban tentu karena kandungannya yang bagus untuk menunjang kehamilan. Kebanyakan risoles terbuat dari sayur dan juga keju. Terutama keju ini bagus untuk ibu hamil. Di dalam keju, terkandung nutrisi penunjang kesehatan ibu hamil seperti mineral, kalsium, dan juga protein.

Sebenarnya, jika ingin mendapatkan nutrisi dari keju, ibu bisa saja membeli cemilan berupa keju goreng. Namun, nutrisi yang ibu dapatkan akan lebih lengkap jika ibu menjadikan risoles sebagai cemilan. Pasalnya, selain keju, risoles ini juga terbuat dari sayuran. Bahkan, ada juga tambahan berupa telur.

  1. Kentang Goreng

Seringkali orang memesan kentang goreng sebagai hidangan pembuka. Ini juga sangat bagus untuk ibu hamil. Kentang mengandung karbohidrat kompleks. Ini merupakan jenis karbohidrat yang tidak mudah diurai. Itu artinya ibu akan lebih lama merasa kenyang jika mengkonsumsi kentang. Ini bisa ibu jadikan cemilan penunda lapar ketika ibu sedang dalam perjalanan.

Dan ibu bisa temukan informasi lebih banyak lagi mengenai nutrisi kehamilan di forum ibu dan balita. Daftarkan diri ibu di www.ibudanbalita.com dan ibu ikuti diskusi di forum tersebut. Ini bukan hanya forum untuk ibu yang sudah memiliki balita saja, tapi juga ibu yang sedang hamil.

Tentu tidak hanya nutrisi ibu hamil saja yang harus ibu ketahui. Ibu juga perlu tahu apa yang harus ibu lakukan jika mengalami keluhan kesehatan. Jangan sampai keluhan kesehatan yang ibu alami mengganggu kegiatan ibu setiap hari. Yang pasti, kehamilan seharusnya tidak menjadi penghalang ibu melakukan aktivitas seperti biasa. Justru sebaliknya, kehamilan harus menjadi motivasi tersendiri karena sebentar lagi ibu akan mendapatkan hadiah yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk itu, perkaya lagi wawasan dan keilmuan tentang kehamilan, mulai dari bagaimana menjaga kesehatan, mengatasi keluhan kesehatan, sampai bagaimana menenuhi kebutuhan nutrisi penunjang kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *