Cerminan Kulit Sehat dari Gizi Terpenuhi

Kulit sehat
www.cleanandclear.co.id

Mungkin kamu pernah mendengar apa yang kita konsumsi akan mencerminkan seperti apa diri kita, sama halnya dengan kondisi kulit. Makanan yang dipilih dengan baik akan menghasilkan kulit sehat cerah. Setiap hari berbagai jenis konsumsi dicerna tubuh, diurai menjadi vitamin, mineral, dan asam amino yang sangat berperan dalam pembentukan kulit yang sehat.

Jika kamu seringkali memilih jalan instant sebagai bahan pangan sehari hari maka jangan heran jika kulit kamu tidak sekencang dan sekenyal yang seharusnya. Sebagai contoh, jika kamu tidak mendapat protein yang cukup, kamu menjauhkan kulit dari asam amino yang seharusnya bisa menjadi collagen (zat yang mampu membuat kulit kencang) dan serat elastis (serat yang membuat kulit kenyal).

Tak jarang orang orang atau bahkan kamu sendiri mengeluh, “aku sudah membersihkan wajah, melakukan rutinitas perawatan kulit setiap hari tapi jerawat tetap saja ada” maka pertanyaan pertama yang harus kamu ajukan kepada diri kamu sendiri adalah “apakah pilihan makanan saya sudah tepat ?”. Singkat kata, apa yang kamu makan, tubuh kamu akan membuktikan manfaatnya.

Hindari gula. Mengapa? Beberapa penelitian mungkin menyimpulkan bahwa tidak ada hubungannya kelebihan kandungan gula dalam tubuh, dan kadar insuliun dengan jerawat. Namun kenyataan pada umumnya berkata sebaliknya. Sangat disarankan untuk mengurangi kadar gula terutama gula sintetis. Gantikan kebutuhan gula kamu dengan pilihan makanan alami seperti buah segar, sayur mayor, dan sumber omega -3

Protein bars yang dijual di pasaran sebetulnya sama saja dengan permen atau coklat batangan (bukan coklat murni). Proses gula kandungan protein bars masuk ke dalam aliran darah sangat cepat dan singkat, yang mana akan membuat kadar insulin meningkat drastis, dimana kondisi ini mendorong muncul jerawat, keriput, dan herpes di muka kamu. Jika kamu memang butuh cemilan cepat, pratikal, dan bisa dibawa kemana mana di siang bolong setelah kamu berolah raga atau beraktivitas harian lainnya, lebih baik kamu menyediakan segenggam kacang almond dan satu buah (terutama buah segar) utuh. Sekali kamu terus mencoba memperbaiki pola makan yang baik untuk kulit kamu, ketika nanti hasil akhir sudah muncul akan sangat memuaskan kamu.

Jenis makanan kedua yang adalah susu. Susu sapi seringkali dituduh sebagai biang kerok jerawat. Meski menimbulkan banyak kontroversi, produk susu sapi sebetulnya kurang direkomendasikan. Ada sebuah penelitian membuktikan hubungan antar susu sapi dengan pertumbuhan jerawat, tapi bukan berarti susu sapi menjadi penyebab dan efek utama. Manapun itu, speerti gula, ada kemungkinan besar hasil akan maksimal jika produk susu dihilangkan dari daftar pola makan kamu. Hipotesis terbesar adalah majoritas susu bisa jadi diambil dari sapi yang hamil, kadar hormon sapi hamil saat berperan besar di produksi sebum berlebihan, yang mendorong pertumbuhan jerawat. Produksi sebum dipengaruhi oleh androgens dan mediasi

hormone, seperti insulin, faktor pertumbuhan ditemukan di susu dan produk binatang lain. Jika seseorang harus mengkonsumsi susu atau yoghurt, susu kambing bisa menjadi alternatif.

Meski masih memerlukan penelitian mendalam terhadap susu dan gula sebagai penghambat tercapainya kulit sehat, ada baiknya jika kamu mengurangi atau bahkan menghindari bahan bahan tersebut. Bukankah lebih baik tidak mengambil resiko terkena jerawat, herpes, dan keriput daripada harus repot mengurusi masalah yang kemungkinan bisa terjadi?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *