Daftar Perlengkapan Bayi Saat Liburan Yang Wajib Dibawa! Apa Saja?

kapan bayi bisa duduk
Source: Kidventurous

Kira-kira apa saja perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat mengajak si kecil bepergian jauh? Sudah pasti akan semakin repot jika mengajak si kecil berlibur ke tempat yang cukup jauh. Urusan barang bawaan untuk si kecil tentunya menjadi hal serius yang harus diperhatikan dengan benar.

Ibu jangan pernah menggangap sepele hal semacam ini. Saat bepergian, ternyata bayi memiliki barang bawaan yang akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Apalagi untuk bayi dengan usia di bawah satu tahun.

Pertanyaannya adalah apa saja perlengkapan untuk bayi yang memang benar-benar harus di bawa saat mengajaknya bepergian ke tempat yang cukup jauh?

Sangat banyak keperluan yang harus ibu persiapkan. Dimulai dari stok baju bersih, popok, sampai persediaan susu yang mencukupi. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika si kecil butuh satu koper ekstra hanya untuk membawa semua perlengkapannya.

Dan supaya tidak ada satu barangpun yang terlewatkan, ibu harus membuat daftar khusus yang berisikan barang bawaan bayi supaya tidak ada barang penting yang sampai tertinggal.

Daftar Barang Bawaan Bayi Pada Saat Diajak Traveling

Tentunya ibu tidak ingin merasa kebingunan lantaran di tengah perjalanan kelupaan membawa botol susu atau popok untuk si kecil. Oleh sebab itu, membuat daftar barang bawaan untuk bayi menjadi hal penting untuk dilakukan.

Supaya traveling bersama di kecil terasa aman dan nyaman, sebenarnya barang kebutuhan apa saja yang harus di bawa?

  1. Pakaian Bayi

Terlebih dahulu ibu harus menghitung lamanya waktu perjalanan yang akan ditempuh. Sebab hal ini akan menentukan juga berapa jumlah baju bayi yang harus ibu bawa.

SelainĀ  itu, perkirakan juga apakah si kecil membutukan baju ekstra ataupun tidak. Sebab ada kalanya bajunya harus diganti lantaran terkena muntahan atau noda makanan.

Sedangkan untuk pakaian bayi yang harus ibu bawa saat bepergian adalah baju jalan, baju tidur, kaus kaki, handuk bayi, celemek, kain bedong, topi bayi, saputangan kecil ataupun kain lap, dan juga sepatu bayi.

  1. Perlengkapan Mandi Bayi

Bayi dengan usia di bawah satu tahun memiliki tubuh dan kulit yang masih sangat rentan. Oleh sebab itu sabun dan juga shampo yang ibu gunakan juga tidak boleh asal-asalan.

Untuk urusan yang satu ini, perlengkapan si kecil yang harus ibu bawa adalah sabun dan shampo khsusu bayi, minyak telon, krim popok, krim wajah bayi, sikat gigi, cutton bud, sabun pencuci botol susu, sampai sabun cuci baju jika memungkinkan untuk mencuci bajunya si kecil.

  1. Makanan Bayi

Jika si kecil usianya masih di bawah enam bulan mungkin ibu bisa sedikit lega lantaran si kecil masih sepenuhnya mengkonsumsi ASI maupun susu formula. Jadi yang harus ibu bawa hanyalah stok susu dan termos yang berisi air panas dan air biasa.

Tetapi beda halnya untuk bayi yang sudah memasukai usia MPASI, sudah pasti barang bawaan yang harus ibu bawa juga akan menjadi semakin banyak. DanĀ  pastikan juga makanan yang dikonsumsi oleh si kecil harus yang bergizi dan higienis. Sebab kemampuan mencerna bayi masih sangat terbatas.

Pada saat traveling, ibu bisa membuat sendiri makanan si kecil sesuai dengan selera atau ibu bisa membeli makanan bayi instan dalam bentuk botol ataupun jar sehingga ibu tidak terlalu repot dengan membuat makanan sendiri serta di sisi lain akan hemat barang bawaan.

  1. Peralatan Makan

Perlengkapan anak yang satu ini jangan sampai kelupaan. Sebab peralatan makan bayi pastinya akan berbeda dengan peralatan makan yang sering ibu gunakan. Ibu jangan sampai lupa membawa mangkok makan bayi, botol minum, sendok makan khusus bayi, sponge khusus untuk mencuci peralatan, dan lain sebagainya. Ibu bisa membawanya sesuai dengan keperluan.

  1. Susu Formula

Jika ibu memberikan susu formula untuk si kecil, itu artinya persediaan susu yang cukup adalah hal penting yang harus ibu lakukan. Sesuaikan juga stok susu dengan usia serta kebutuhan minimum bayi. Jika tidak ingin pusing memikirkannya, ibu bisa membawa satu kaleng susu formula.

  1. Popok Bayi

Popok bayi juga menjadi salah satu perlengkapan pada bayi saat traveling yang tidak boleh sampai ketinggalan. Dan jangan sampai ibu kehabisan popok selama perjalanan.

  1. Obat-obatan

Saat berlibur, belum tentu ibu bisa menemukan toko yang menjual obat-obatan bayi yang baru dibutuhkan. Oleh sebab itu, untuk menyiasatinya lebih baik ibu membawanya di dalam koper. Lebih baik ibu mengantisipasi semua kemungkinan.

  1. Perlengkapan Lain

Selain perlengkapan untuk si kecil yang sudah di ulas di atas, ada beberapa perlengkapan lain yang harus ibu bawa juga. Contohnya saja seperti membawa beberapa mainan untuk menghibur si kecil supaya tidak bosan, tisu, tisu basah, kapas, kantong kresek untuk membuang popok kotor, dan lain sebagainya.

Di atas tersebut adalah perlengkapan balita yang setidaknya harus ada di dalam koper si kecil. Jadi jangan sampai ada yang terlewatkan. Ibu akan kerepotan sendiri jika sampai ada salah satu perlengkapan yang ketinggalan di rumah.

Supaya si kecil tidak rewel dan merasa nyaman saat di ajak traveling, memang beberapa perlengkapannya jangan sampai tidak ibu masukkan ke dalam koper. Semoga perjalanan ibu bersama si kecil menjadi semakin menyenangkan setelah semua perlengkapan bayi yang dibutuhkannya tidak kelupaan di bawa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *