Daftar Rekomendasi MPASI 9 Bulan Wajib Coba!

resep makanan bayi 8 bulan
Source: Food Network

Mpasi 9 bulan tergolong unik, mengingat pada bayi usia 9 bulan, kemampuan makan meningkat tanggung. Dulu, bayi hanya mampu makan bubur super cair, dalam porsi sangat sedikit. Sedangkan, ketika dirinya menginjak 9 bulan, bayi ingin makanan dengan tekstur tidak terlalu cair, namun tidak padat pula.

Permintaan si kecil yang kian aneh tak jarang buat bunda terdiam. Meskipun memang, bunda tidak sendirian. Apalagi, bila ternyata anak tipe yang gampang bosan, sudah pasti menu harus berganti-ganti. Bisa jadi pembaca termasuk bunda yang bingung apa saja yang bisa diberikan demi puaskan nafsu makan bayi. Jangan khawatir, simak daftar inspirasi mpasi 9 bulan berikut ini:

  • Bubur labu

Kisah Cinderella sangat populer di kalangan perempuan. Sampai banyak film mereka ulang cerita Cinderella dari klasik hingga sentuhan modern. Bicara mengenai kisah klasik Cinderella tentu tidak lepas dari kereta abu ajaibnya. Bayangkan saja, mimpi banyak gadis di dunia adalah berpakaian sepatu kaca, lengkap dengan pangeran dan kereta impian.

Eits, ternyata labu punya potensi lebih besar dibanding sekedar kereta putri raja. Penelitian membuktikkan labu mengandung beta carotene atau vitamin A, zat besi, dan kalsium! Masihkah pembaca belum menangkap keistimewaan labu?

Vitamin A memang terkenal sebagai pembantu kesehatan mata, meski fakta berkata lain. Vitamin A sebetulnya termasuk deretan pelawan kuman eksternal terutama ketika tubuh terluka. Belum lagi, dengan bantuan zat besi disamping vitamin A, luka gores pada bayi nantinya tidak akan masalah. Ingat, usia 9 bulan mendekati usia 1 tahun yang cukup rawan dimana si kecil akan bermain di luar semaunya.

Bagaimana dengan kalsium?

Tak perlu ditanya lagi, kalsium jelas sangat penting. Sebagai pemegang utama kekuatan tulang, kalsium turut menjadi nutrisi penting dari dalam tubuh. Nah, berhubung sudah tahu apa manfaat labu, kelebihan selanjutnya ada di pembuatan yang cukup mudah. Tinggal tumbuk, haluskan, hidangkan!

  • Campuran bayam dan Ubi

Ubi cukup populer dikonsumsi mereka yang tidak mampu membeli nasi. Meski harganya murah dan erat dengan pedesaan, kandungan ubi bernilai tinggi. Dalam satu ubi dapat ditemukan potassium dan vitamin E, dua kandungan yang mampu jauhkan si kecil dari kuman dan bakteri eksternal.

Tak disangka, jodoh ubi adalah makanan yang populer akibat kartun popeye si pelaut ini sangat cocok dipadukan dengan makanan sumber karbohidrat murah bernutrisi, ubi. Masih belum mampu menebak sayuran yang dimadsud? Jawabannya adalah bayam!

Sayuran hijau yang kurang bersahabat di kalangan anak-anak ini terkenal akan kandungan zat besi, asam folat, dan vitamin A yang cukup tinggi. Ketiga kandungan tersebut merupakan pembentuk utama sel, dimana tentu saja mendorong tumbuh kembang si kecil. Dari segi rasa? Jangan khawatir, sama dengan bayam dan nasi, rasa pahit bayam sangat cocok dipadukan dengan manisnya ubi.

  • Tumbukan beri biru plus buah bit

Salah satu bahan makanan yang sedang menanjaki era kejayaan adalah buah bit. Pasalnya, buah satu ini berasa netral namun mampu berikan sentuhan warna.  Kendati demikian, buah bit sebetulnya termasuk bahan yang sangat bermanfaat untuk bayi. Vitamin A dan kalsium hanya segelintir dari deretan kandungan buah bit yang mampu pertahankan kesehatan si kecil.

Buah bit tentu saja kurang enak bila dimakan sendirian, lagipula kebutuhan bayi tidak seluruhnya ada pada buah bit. Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana rasa buah bit, yakni netral, tentu saja jodohnya ada pada buah beri yang manis. Tenang, tidak sekedar rasa saja, buah beri biru mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bagi pembaca yang belum tahu, antioksidan adalah pasukan pelawan radikal bebas.

  • Bubur sayur amburadul

Kalau melihat ke kulkas banyak bahan makanan termasuk sayuran tidak dimasak rasanya sayang kalau dibuang. Ternyata, dengan memanfaatkan sisa sayur mayur yang tinggal sedikit tersebut, pembaca bisa membuat bubur yang enak, lho. Caranya gampang banget, cukup ambil semua sayur, potong-potong kecil, kemudian tumbuk menjadi satu dan hancurkan sampai jadi bubur. Masalah terselesaikan anak kenyang, bukan?

  • Bubur papaya

Pepaya telah menjadi buah daerah tropis yang cukup terkenal. Rasa manis, tekstur lembek, disertai kandungan air tinggi sangat cocok dikonsumsi di bawah teriknya matahari. Jangan lewatkan citarasa satu ini untuk buah hati pembaca! Siapa bilang, papaya tidak bisa dijadikan bubur enak mengenyangkan?

Berhubung pepaya memiliki rasa yang kuat, ada baiknya tidak mencampurkan pepaya dengan bahan lain, apalagi bagi pembaca yang kurang mahir eksperimen dengan kombinasi rasa. Cukup hancurkan hingga lembek dan bertekstur lembut, maka sudah didapat bubur pepaya yang cukup enak, siap santap. Kemampuan pepaya untuk hilangkan rasa kembung di perut bayi sangat sayang bila dilewatkan.

  • Kombinasi pisang dan alpukat

Tekstur creamy dan manis dari kedua buah, yakni pisang dan alpukat seolah berjodoh sejak lahir. Apalagi, keduanya sangat mudah untuk ditemukan, rasanya jarang sekali pusat perbelanjaan sampai abang-abang penjual buah pinggir jalan yang tidak menjual kedua buah tersebut. Cara mengkombinasikan kedua bahan ini sangatlah cepat dan mudah!

Pembaca cukup menyediakan buah pisang dan alpukat yang sudah dikupas, lalu tumbuk. Kalaupun sedang malas, bisa pula menggunakan blender selama kadarnya tepat, dalam artian tidak terlalu padat atau lembek. Walaupun, pada akhirnya akan bergantung pada selera makan mpasi 9 bulan si kecil.(HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *