Daftar Sayuran Sehat Sebagai Bahan Makanan Bayi 6 Bulan

makanan bayi 6 bulan
Awal Sehat Nestle

Sayur mayur memang beragam, dengan sejuta manfaat menjadikan bahan satu ini sangat populer di kalangan dokter, dan orang tua yang ingin melihat senyum di wajah si kecil tetap cerah. Akan tetapi, sayuran sebagai makanan bayi 6 bulan tentu berbeda dengan bayi yang masih berusia lebih muda atau lebih tua. Perkembangan perut bayi tidaklah sama, begitu pula dengan gizi yang diperlukan bayi. Untung saja, pada artikel kali ini akan terdapat daftar makanan bayi 6 bulan lengkap dengan informasi gizi yang dikandung dalam rekomendasi makanan bayi 6 bulan. Seperti apa ? mari langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Kentang Dalam dunia kuliner kentang bak intel negara, selalu ada, baik di belakang layar dan terkadang mendapat kesempatan muncul sebagai bintang. Bisa berubah menjadi beragam bentuk dan fungsi, menjadi fondasi bagi bahan makanan lain. Ternaya, kentang juga merupakan salah satu tanaman yang sangat baik dikonsumsi bayi 6 bulan.

Kentang seperti yang telah dijelaskan dan tahu, bisa diolah menjadi berbagai masakan. Bubur kentang, di goreng menjadi kentang goreng, dan banyak lagi, tentu saja kebanyakan dari olahan kentang tidak hanya disukai oleh bayi namun juga orang dewasa.

Kentang terkenal akan karbohidrat, berita baik, bayi juga sangat memerlukan karbohidrat. Karbohidrat tidak diperlukan untuk tenaga fisik saja, ternyata perkembangan otak dan ‘bensin’ otak sendiri berasal dari karbohidrat. Bukan sekedar itu saja, karbohidrat di dalam kentang bukan karbohidrat biasa !

Kandungan karbohidrat dalam kentang sedikit sulit dicerna tatkakala masuk ke dalam usus 12 jari, apakah menyusahkan ? tentu tidak, justru perlambatan pencernaan ini membuat cepat kenyang dan juga merupakan ‘pekerjaan’ kentang guna mengurangi kadar kolesterol plus melindungi tubuh dari kanker usus.

Selain karbohidrat, ‘bakat’ terpendam kentang ada pada vitamin C, B6, potassium, zat besi, dan serat tinggi. Teramat berguna untuk perkembangan sel baru anak. Perlu anda ketahui pula, kebanyakan bayi tidak merasakan manfaat kentang dikarenakan cara penyediaan kentang itu sendiri. Demi membuat rasa enak, tak jarang orang menggoreng kentang, padahal, jika digoreng semua kandungan kentang akan larut bersama penggorengan. Ada baiknya jika anda sebagai orang tua meminimalisir ‘transformasi’ kentang selama proses memasak.

2. Kacang polong

Dengan rekomendasi dokter, si kecil bisa mulai memakan salah satu sayuran dengan banyak manfaat kala menginjak usia 6 bulan. Mencari kacang polong yang enak itu gampang gampang susah, anda harus pintar memilih karena beberapa kacang polong bisa terasa terlalu keras atau malah terlalu pahit. Hal ini bisa menimbulkan kesan buruk bagi bayi di kemudian hari. Beruntunglah anda, di era sekarang, sudah banyak produk kacang polong di pasaran untuk si kecil. Anda tidak perlu lagi repot memilih kacang polong, tinggal mencari produk yang tepat untuk si kecil.

Diatas sempat disinggung bahwa kacang polong memiliki banyak manfaat. Apa saja itu ? Sayuran berbentuk bundar hijau satu ini kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin A,

protein, kalsium, potassium, omega 3, dan magnesium. Karena kandungan kandungan itulah kacang polong bisa membantu cegah asma, dan penyakit hati di kemudian hari sambil membantu bayi berkembang dengan baik.

3. Wortel putih Mungkin anda bertanya tanya apa itu wortel putih ? memang di negara Indonesia, wortel putih bukanlah sayuran yang umum. Bahkan di negeri asal, wortel putih hanya tumbuh di musim dingin, musim yang tidak kita miliki di Indonesia. Meski sama sama wortel, tektur wortel putih berbeda dengan wortel pada umumnya, wortel putih lebih empuk sehingga sangat cocok untuk bayi 6 bulan yang juga masih mencoba membiasakan diri dengan makanan padat.

Kandungan wortel putih adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, dan kalsium, namun keistimewaan wortel putih ialah wortel putih rendah kalori sehingga sangat cocok untuk semua anggota keluarga sepanjang tahun. Toh, wortel putih bisa dikombinasikan dengan berbagai sayuran yang telah disebutkan sebelumnya : kentang, dan kacang polong. Baik sebagai kudapan maupun hidangan utama.

4. Turnip

Sayuran asal rusia ini mungkin tidak setenar kentang, wortel putih dan kacang polong. Turnip sebetulnya bisa saja ditanam di Indonesia asalkan ada udara dingin yang mencungkupi. Wajar saja, karena turnip sejatinya hidup di rusia, negara yang sangat dingin. Turnip akan sedikit sulit ditemukan, namun jika anda benar menemukan turnip, bersyukurlah, karena turnip bisa diolah dengan beragam cara, mulai dari dikukus hingga dipanggang sekalipun, membuat turnip bisa bersanding dengan kentang apabila ia bisa beradaptapsi sehebat kentang di berbagai kondisi alam.

Kalsium, serat, zat besi, vitamin B, dan potassium adalah kandungan dasar turnip. Sejatinya, yang membuat turnip menjadi ‘bintang’ adalah karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan di ‘kampung halaman’ turnip, sayur satu ini sangat direkomendasikan dokter kala si kecil terkena flu atau terkena gangguan pencernaan.

Itu tadi ke empat sayuran yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda guna membuat bayi anda tetap sehat dan bahagia. Jika anda mampu, biasakan dan kenalkan sayuran sayuran diatas sejak dini karena apa yang anda beri di usia 6 bulan bisa menjadi kebiasaan baik atau malah buruk ketika anak beranjak dewasa nantinya. Selamat mencoba rekomendasi bahan makanan bayi 6 bulan !

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *