Daftar Snack yang Penuh dengan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

gizi ibu hamil
Ibu dan Balita

Gizi ibu hamil tidak hanya didapatkan dari sayuran saja lho. Jangan sampai pula ibu hanya mengandalkan susu ibu hamil untuk mendapatkan semua gizi yang ibu butuhkan selama hamil. Tentu bukan itu saja sumber nutrisi ibu hamil. Ada juga makanan ringan atau snack yang bisa ibu pilih sebagai cemilan sekaligus sumber gizi untuk ibu hamil lho.

Banyak yang menganggap cemilan itu tidak sehat. Cemilan bisa membuat gemuk dan hal yang harus diantisipasi saat hamil itu adalah kegemukan. Padahal, persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Mereka hanya mengeneralisir bahwa semua snack itu lebih banyak memberikan kerugian daripada keuntungan. Pada faktanya, gizi ibu hamil juga bisa didapatkan dari snack.

Berikut daftar snack yang disarankan untuk dikonsumsi saat hamil.

Manisan Mangga

Apakah sekarang sedang musimnya buah mangga? Tidak lengkap jika semua orang mengkonsumsi buah segar ini tapi ibu tidak mau mencicipinya. Buah mangga bisa dijadikan salah satu buah untuk rujak. Akan tetapi, jika ibu ingin membawanya ke kantor saat bekerja, ibu bisa membuat manisan mangga.

Snack buah mangga ini kaya akan gizi ibu hamil. Terdapat 100 kalori dari satu buah mangga. Dengan demikian, ibu bisa mendapatkan energi saat bekerja walaupun ibu sedang dalam keadaan mengandung.

Kacang Kulit

Kacang kulit sering dijadikan cemilan. Ternyata, snack yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil lho. Hanya saja, jika ibu mengalami masalah dengan protein terlalu tinggi yang bisa berakibat pada obesitas, sebaiknya ibu tidak terlalu banyak makan snack kacang kulit ini. Hal ini dikarenakan kandungan gizi ibu hamil terutama protein di dalam kacang sangatlah tinggi.

Selain itu, pastikan ibu mengkonsumsi kacang kulit yang original ya. Artinya, kacang tersebut hanya di sangrai tanpa ditambah dengan bumbu atau penyedap rasa. Sebaiknya, ibu meminimalisir semua makanan yang mengandung bumbu atau bahan penyedap rasa.

Keripik Pisang

Tahukah ibu bahwa buah pisang itu bisa menunda rasa lapar? Ini merupakan salah satu buah yang membuat ibu kenyang karena kandungan kalori dan juga gizi ibu hamil yang ada di dalamnya.

Untuk menjadikan buah pisang sebagai cemilan, ibu bisa membuat keripik pisang atau pisang goreng. Hanya saja, sepertinya lebih praktis jika ibu memilih keripik pisang. Ibu bisa membawa snack tersebut kemanapun ibu berada.

Dan bagi ibu yang mengalami masalah pencernaan, ibu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi keripik pisang. Masalah perncernaan sering dialami oleh ibu hamil karena pengaruh hormonal. Oleh sebab itu, daripada minum obat, akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi keripik pisang saja. Salah satu gizi ibu hamil yang terkandung di dalam buah pisang adalah serat di mana nutrisi yang satu ini akan memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

Almond Mentah

Sudah pernah merasakan almond mentah? Jika belum, silakan ibu coba. Selain lezat, snack yang satu ini juga bisa memperbaiki sistem pencernaan layaknya keripik pisang. Hal ini disebabkan kandungan serat yang cukup banyak di dalam almond. Lebih dari itu, terdapat juga gizi ibu hamil berupa protein dan lemak tak jenuh jika ibu mengalami masalah dengan berat badan di bawah normal saat mengandung.

Nah, dari berbagai snack tersebut, mana yang ingin ibu pilih? Yang jelas, pastikan ibu menemukan snack yang tidak hanya enak untuk dijadikan cemilan, tapi juga mengandung gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *