Daftar Vitamin untuk Ibu Hamil Penting

diet saat hamil
Source: Chef Mom.com

Vitamin untuk ibu hamil jauh lebih penting dari sekedar menjaga badan bugar. Ya, memang dengan konsumsi vitamin yang cukup tubuh akan lebih sehat, namun sejatinya tidak berhenti sampai disitu saja. Fungsi vitamin untuk kehamilan tidak hanya bekerja untuk bunda tapi bagi janin pula.

Janin tergolong mahluk lemah yang tak bisa makan sendiri. Segala manfaat eksternal didapat melalui bunda. Wajar saja bila kondisi bunda akan mencerminkan kondisi bayi kelak. Inilah kenapa sangat penting bagi bunda untuk minimal tahu vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh.

Zat besi sahabat darah

Suplemen guna meningkatkan kadar zat besi sepertinya tidak asing lagi di telinga. Kebanyakan dari iklan yang digaungkan berfokus pada penderita anemia atau kekurangan darah. Maklum saja, sebagian besar pekerjaan zat besi terletak pada memproduksi darah baru guna memajukan fungsi tubuh. Jarang ada yang tahu bahwa ternyata zat besi sangat diperlukan selama mengandung.

Ilmu kesehatan era kini telah membuktikan bahwa perempuan berbadan dua membutuhkan kadar zat besi dua kali lipat dibanding mereka yang tidak sedang hamil. Kekurangan zat besi tentu akan berujung anemia, hanya saja ibu hamil sedang membawa janin dalam perut sehingga dampak yang dirasakan ibu akan langsung terasa pada calon bayi ayah bunda.

Protein demi tumbuh kembang sel

Tidak banyak orang memandang fungsi protein sebagai sesuatu yang penting, bahkan pada saat hamil sekalipun. Secara awam, memahami bahwa protein hanyalah pembentuk massa otot yang digunakan oleh atlet angkat beban atau mania olah raga. Padahal, protein memegang peranan hidup dalam pertumbuhan sehari – hari.

Pembentukan rambut, perbaikan sel, hingga mencegah keriput semua memerlukan protein. Tanpa adanya protein yang cukup, tubuh seolah kehabisan bahan baku untuk memperbaharui sel. Akibatnya, tubuh terpaksa ‘berhemat’ protein sehingga menghasilkan rambut rontok, atau kuku yang mudah patah.

Memperhatikan kadar protein dalam tubuh tentu tindakan yang tepat. Saat dewasa protein diperlukan guna memastikan sel tubuh bisa beregenerasi alias memperbaiki serta menggantikan sel tubuh yang sudah rusak. Dalam masa mengandung protein memegang peran yang tak jauh berbeda, yakni menjaga pertumbuhan sel janin maksimal.

Kalsium, jendral tulang

Semenjak ilmu medis mengalami banyak kemajuan, kalsium cukup meroket di kalangan pecinta kesehatan. Berbagai produk yang menawarkan kalsium mulai bermunculan di pasar. Tanda tanya mungkin sempat terbesit di kepala, kenapa kalsium sedemikian populer ?

Pada awal kelahiran, tulang berfungsi sebagai rangka pembentuk badan. Apabila tidak ada tulang, tubuh akan letoy dan tidak mampu berdiri dengan sempurna. Kalsium hadir di deretan nutrisi sebagai jendral tulang. Apabila tidak ada kalsium, maka bersiap saja tubuh tidak mampu membuat tulang yang baik. Terlebih mengingat fakta bahwa janin yang kekurangan kalsium akan menyerap jatah kalsium bunda tanpa permisi.

Vitamin D, jodoh kalsium

Segala sesuatu jauh lebih baik bila dilakukan bersama. Tidak perlu heran bila kandungan atau vitamin sendiri memiliki jodoh. Misalkan saja, vitamin D yang berjodoh dengan kalsium.

Hubungan yang baik adalah mereka yang selalu mendukung perkembangan satu sama lain. Kalsium dan vitamin D merupakan contoh  yang bagus. Asal tahu saja, salah satu fungsi vitamin D adalah membantu tubuh menyerap kalsium. Absennya vitamin D dalam tubuh akan berujung pada kalsium yang terbuang sia-sia.

Kalsium boleh saja diberikan terus menerus pada tubuh. Namun, ibarat mutiara untuk binatang, tak ada artinya kalau vitamin D tak pernah hadir. Inilah mengapa banyak penyakit tulang disebabkan kurangnya vitamin D dan bukan kalsium. Hal yang sama juga berlaku bagi bunda mengandung, yang sekali lagi, harus memberikan jatah vitamin untuk janin dalam rahim bunda.

Manfaat tersembunyi vitamin A

Berbeda dengan vitamin lain, vitamin A paling banyak dipasarkan dalam khalayak umum. Fungsi vitamin A yang cukup jelas yakni kesehatan mata membuat banyak orang bisa langsung memahami perannya di dunia.

Perlu diketahui, bayi tidak lahir dengan asupan vitamin A. Ketergantungan bayi pada air susu bunda jatuh pada alasan kebutuhan vitamin A itu sendiri. Memang ada beberapa yang lahir dengan asupan vitamin A baik selama dalam kandungan, namun secara garis besar angka bayi yang kekurangan vitamin A cukup besar. Maka dari itu, konsumsi vitamin A saat mengandung sangat menentukan nasib buah hati kelak.

Saking pentingnya vitamin A, beberapa negara dengan tingkat kekurangan vitamin A pada bayi yang tinggi bahkan mengharuskan asupan vitamin hingga anak berusia lima puluh Sembilan bulan atau kurang lebih 5 tahun. Resiko yang menghantui bayi yang kekurangan vitamin A, salah satunya, buta senja. Kondisi dimana penderita kesulitan atau bahkan tidak mampu melihat di kala senja atau gelap.

Asam folat saudara vitamin B

Asam folat jarang sekali didengar selain pada produk yang menyangkut kandungan. Seandainya dipikir ulang, justru kandungan asam folat sangatlah membantu proses perkembangan janin. Berbeda dengan vitamin B biasa, asam folat bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan sel. Dalam artian sangatlah mungkin perkembangan janin terbantu dengan adanya asam folat.

Salah satu masalah asam folat adalah bagaimana cara memperolehnya. Tidak banyak makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Brokoli, misalnya, memang mengandung asam folat, namun bahan satu ini tidak begitu populer. Untung saja, saat ini tersedia produk susu kehamilan yang mengandung sebagian  besar atau bahkan seluruh vitamin ibu hamil.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *