Daging Kambing Termasuk Makanan untuk Ibu Hamil. Fakta atau Mitos?

Takut mengkonsumsi daging kambing waktu hamil? Kini ketakutan tersebut tidak akan ibu rasakan lagi.

Banyak sekali informasi salah beredar tentang daging kambing. Sebenarnya bukan informasinya yang salah tapi kurang lengkap. Kebanyakan daging kambing dikatakan sebagai daging yang lebih banyak memberikan efek buruk daripada memberikan manfaat.

Tidak banyak orang yang tahu jika ternyata daging sapi juga termasuk ke dalam makanan untuk ibu hamil.

Dengan mengetahui alasan berikut ini, ibu akan semakin yakin sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika ibu makan daging kambing ketika sedang hamil.

Alasan Kenapa Daging Kambing Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebelumnya, apa yang ibu ketahui tentang daging sapi? Kebanyakan orang akan menjawab bawasannya daging sapi merupakan penyebab kolesterol tinggi. Dan jika kolesterol tinggi, maka hal tersebut akan mengakibatkan darah tinggi.

Itu hanya informasi saparoh saja. Mereka tidak mengerti bawasannya daging kambing juga mengandung zat besi.

Ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Semua daging yang berwarna merah itu mengandung kadar zat besi yang sangat tinggi. Dan seperti yang ibu ketahui, daging kambing itu seperti daging sapi yang warnanya merah. Itulah mengapa dua jenis daging tersebut termasuk ke dalam makanan ibu hamil yang sehat lantaran kandungan zat besinya tinggi.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil mengingat seorang ibu hamil rawan terkena anemia. Dengan terpenuhinya kebutuhan zat besi tersebut, maka resiko terkena anemia bisa diantisipasi.

Tidak itu saja. Zat besi juga berperan untuk mengantisipasi bayi lahir dengan kondisi berat badan yang rendah.

Lebih dari itu, ada kandungan lain yang membuat daging kambing termasuk ke dalam makanan sehat ibu hamil. Yaitu kandungan berupa zink. Kandungan yang satu ini akan membuat janin di dalam kandungan memiliki sistem imun yang sangat kuat. Dengan demikian, ketika bayi ibu lahir, ia akan berkembang lebih baik karena ia tidak mudah sakit mengingat daya tahan tubuhnya sangat kuat.

Jadi, apakah ibu masih khawatir mengkonsumsi daging kambing?

Yang Perlu Diwaspadai

Sekarang ibu sudah tahu informasi secara menyuluruh tentang sisi baik dan sisi buruk dari daging kambing. Sekarang, ada informasi penting yang harus ibu ketahui, yaitu hal yang perlu ibu waspadai.

Bagaimana kebanyakan daging kambing diolah? Yang paling menjadi makanan favorit adalah sate kambing.

Sayangnya, ibu tidak boleh mengkonsumsi sate kambing. Sebenarnya tidak hanya sate kambing, apapun daging yang dijadikan sate itu tidak baik untuk seorang ibu hamil. Hal ini dikarenakan daging tidak benar-benar matang. Dikhawatirkan masih ada bakteri yang masih menempel pada daging dan akhirnya masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Pada intinya, daging kambing merupakan jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Hanya saja, ibu harus memastikan daging tersebut diolah benar-benar matang. Dengan demikian, kandungan yang bisa menyebabkan hal buruk bisa dihilangkan, terutama bakteri.

Dan tidak hanya sate saja. Jika merujuk pada apapun daging yang diolah tidak benar-benar matang itu tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, itu artinya ibu juga tidak boleh mengkonsumsi kambing guling.

Kalaupun ibu ingin mendapatkan zat besi dan juga zink yang terdapat pada daging kambing, pastikan ibu sudah mengolahnya benar-benar matang. Itu sangat penting.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *