Dampak Buruk Gula Berlebihan Pada Anak Bukan Hanya Diabetes

Friso
www.friso.co.id

Apakah selama ini ibu tahu bawasannya kandungan gula yang berlebihan pada makanan atau minuman hanya bisa menimbulkan penyakit diabetes pada anak?

Salah besar. Memang yang paling banyak diketahui hanya diabetes yang menjadi penyebab anak terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Namun, itu hanya dampak jangka panjangnya saja.

Ternyata, ada dampak buruk yang bisa langsung dirasakan oleh si kecil lho. Mau tahu apa dampak buruk tersebut?

Dua Gangguan Kesehatan Jika Kadar Gula Berlebihan

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi jika makanan atau minuman yang manis bisa menyebabkan diabetes. Hal tersebut sudah mafhum diketahui oleh orang banyak.

Yang tidak banyak orang tahu adalah ternyata kandungan gula yang tinggi pada makanan atau minuman bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan lho. Hal ini sudah dijelaskan oleh pakar kesehatan di www.friso.co.id. Makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan gangguan pada usus. Pasalnya, di dalam usus, terdapat bakteri baik yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sementara itu, di dalam makanan yang mengandung gula berlebihan, terdapat bakteri jahat. Jika bakteri jahat lebih banyak, maka bakteri baik akan dihancurkan.

Ibu bisa bayangkan sendiri bukan bagaimana jika justru lebih banyak bakteri jahat daripada bakteri baik di dalam tubuh si kecil?

Itulah mengapa sebaiknya ibu tidak memberikan makanan atau minuman yang terlalu manis kepada si kecil.

Apakah ibu tahu makanan yang mengandung gula bisa membuat anak hiperaktif? Ada hubungannya antara anak yang hiperaktif dengan makanan atau minuman yang terlalu manis.

Anak yang hiperaktif merupakan anak yang memiliki energi yang terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, ia butuh aktivitas di mana energi tersebut bisa tersalurkan. Energi tersebut bisa didapatkan dari gula karena gula bisa dikonversi menjadi energi. Inilah mengapa makanan yang terlalu menis perlu untuk dihindari.

Yang paling dikhawatirkan adalah ketika imunitas anak menurun. Ibu tahu kan apa yang terjadi jika imunitas anak turun? Ia akan mudah sekali sakit. dr. Sears telah meneliti dan beliau membuat suatu kesimpulan bawasannya anak yang terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, tak terkecuali makanan junk food, anak tersebut akan lebih mudah terserang penyakit.

Jadi, bukan hanya diabetes saja yang perlu untuk ibu khawatirkan, bukan?

Biasakan Mulai Dari Sekarang

Sangat sulit untuk dihentikan jika anak ibu sudah terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa ya.

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi kadar gula, bukan langsung mengurangi secara signifikan.

Selain itu, ibu juga bisa memberikan alternatif seperti memberikan jus buah yang manis. Memang ada kandungan gula di dalam buah yang manis. Akan tetapi, kandungan gula di dalam buah tidak terlalu menis dan tidak berbahaya seperti gula pasir.

Dengan melakuan hal tersebut, si kecil akan mulai terbiasa untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Dengan demikian, dampak buruk yang bisa terjadi seperti menurunnya daya tahan tubuh, hiperaktif, diabetes, serta gangguan pada sistem pencernaan bisa dihindari.

Ternyata, hal kecil seperti membiasakan anak tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis bisa berdampak baik sekali bagi kesehatan. Dan hal-hal kecil namun berdampak besar bagi kesehatan anak seperti ini bisa ibu ketahui jika ibu bergabung dengan forum orang tua di situs Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *