Dapatkan Manfaat Air Kelapa untuk Setiap Tahap Perkembangan Janin

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Tidak semua minuman atau makanan yang sehat itu baik untuk dikonsumsi oleh hamil. Jadi, ibu harus hati-hati. Jangan hanya memilih makanan sehat saja. ibu harus pastikan juga makanan yang ibu konsumsi baik.

Bagaimana dengan air kelapa? Ada yang bilang air kelapa bisa melunturkan janin ketika usia kehamilan muda. Ternyata itu hanya mitos. Justru banyak sekali manfaat yang akan diberikan oleh air kelapa muda khususnya untuk memaksimalkan perkembangan janin.

Tentu saja ada catatan-catatan tertentu agar ibu bisa mendapatkan semua manfaat dari air kelapa muda ini.

Membersihkan Air Ketuban

Ada bayi yang sebetulnya belum waktunya untuk lahir tapi disarankan oleh dokter untuk dilahirkan segera. Hal ini bisa disebabkan karena air ketuban keruh. Air ketuban yang keruh akan sangat membahaykan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Atas dasar itulah banyak bayi yang lahir atau lebih tepatnya dilahirkan secara prematur, yaitu lahir belum waktunya. Ada yang selamat tapi banyak yang tidak. Bayi prematur masih sangat rentan. Kondisi kesehatannya belum bagus.

Tentu saja hal tersebut tidak ibu inginkan. Agar air ketuban tidak keruh, ibu cukup mengkonsumsi air kelapa muda. Selain itu, ibu juga tetap perlu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan agar ibu selalu tahu kondisi perkembangan bayi dalam kandungan terutama kondisi air ketuban. Karena air ketuban sangat menentukan tumbuh kembang janin yang ada di dalam rahim.

Membersihkan Virus dan Bakteri

Ada kemungkinan juga makanan yang ibu konsumsi masih mengandung bakteri lho. Atau di dalam tubuh ibu ada virus, tapi bukan virus HIV.

Agar bakteri dan virus tidak masuk ke rahim melalui plasentan sehingga mengganggu perkembangan bayi di dalam kandungan, ibu perlu mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda mampu membersihkan virus dan bakteri. Jika ibu minum air kelapa, virus serta bakteri yang ada di dalam tubuh akan dilarutkan dan keluar melalui kencing atau buang air besar.

Hanya saja, jika ibu terserang virus HIV AIDS, ibu perlu mendapatkan perawatan intensif dari dokter. Itulah mengapa sekarang ini setiap ibu hamil disarankan agar mengecek kondisi kesehatan mereka apakah terkena virus HIV AIDS atau tidak.

Karena hanya dengan pencegahan dini penyebaran virus berbahaya ini bisa dilakukan. Jika bayi masih ada di dalam kandungan, ia bisa lahir tanpa tertular HIV dari ibu yang positif HIV.

Memperbaikin Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat yang satu ini memang tidak langsung berhubungan dengan perkembangan janin di dalam kandungan. Hanya saja tetap ada kaitannya.

Bayangkan jika sistem metabolism ibu terganggu. Nutrisi tidak bisa tersalurkan dan ujung-ujungnya perkembangan bayi akan mendapatkan imbas buruknya.

Itulah mengapa menjaga kesehatan sistem metabolism tubuh ibu hamil sangatlah penting. Dan ini bisa dengan mudah dilakukan dengan cara mengkonsumsi air kelapa muda.

Hanya saja, ada satu catatan yang harus ibu ketahui. Ibu tidak boleh terlalu banyak dan terlalu sering minum air kelapa muda ya. Dikhawatirkan ada efek buruk yang terjadi.

Ibu cukup minum sekali dalam satu bulan saja. Jika perlu, ibu konsultasi kehamilan dulu dengan dokter kandungan untuk memastikan apakah kondisi kesehatan ibu bagus sehingga tidak masalah mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang banyak sekalipun.

Yang pasti, banyak sekali manfaat yang diberikan oleh air kelapa muda untuk menjaga kesehatan ibu dan juga perkembagan bayi dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *