Diet Ibu Hamil Sehat Penambah Berat Badan

diet ibu hamil
Source: WebMD

Diet ibu hamil atau jenis diet apapun identik dengan penurunan berat badan. Menurut arti kata diet itu sendiri berarti pola makan sehari – hari guna mencapai berat badan ideal. Sadari bahwa tidak semua orang butuh kenaikan berat badan atau mudah menambah berat tubuh. Dunia ini berisi orang – orang dengan beragam keinginan dan masalah termasuk orang yang ingin naik berat badan.

Kehamilan sangat bergantung pada ibu dibandingkan ayah. Betapa tidak? Janin tumbuh dalam tubuh bunda dan bukan pasangan, sehingga memperhatikan kesehatan ibu hamil dari beragam aspek tentu penting. Berat badan merupakan cerminan pemenuhan gizi seseorang, tidak heran kalau berat tubuh kurang juga jadi bahan pemikiran.

Seorang ilmuan bernama Adolphe Quetet menciptakan tolak ukur standard berat badan yang biasa dikenal body mass index. Pada banyak orang, anggapan gendut adalah bentuk badan yang tidak mirip model pakaian dalam ternama, sedangkan ukuran terlalu kurus adalah bentuk tubuh anorexia, apakah benar ? body mass index dibuat agar individu bisa paham bahwa bukan penampilan luar, akan tetapi proporsional tinggi dan berat badan.

Anggapan awam adalah berat badan kegemukan atau terlalu kurus tercermin setelah menimbang di rumah sakit pasca pemeriksaan kandungan rutin. Salah. Perkembangan berat badan selama mengandung sebetulnya dimulai sebelum sperma dan indung telur sukses ‘kencan pertama’. Dengan mengukur rasio berat badan dan tinggi, body mass index seseorang akan disajikan dalam bentuk persen.

Dua puluh lima persen lebih body mass index berarti obesitas sedangkan delapan belas persen kebawah berarti kurang berat badan. Menurut medis, seorang perempuan hamil yang kegemukan hanya diperbolehkan tambah berat badan sekitar 12 kilo gram sampai 17 kilo gram, sedangkan bunda yang kekurangan berat harus berjuang menambah 14 kilo gram sampai 20 kilo gram. Manapun tanggung jawab yang di emban oleh bunda, langkah yang diambil harus tepat sasaran, alias bunda harus punya strategi diet ibu hamil.

Beberapa orang yang terlahir kurus alami, punya metabolism tubuh yang bagus. Kinerja tubuh baik secara keturunan atau pola hidup yang sehat bekerja dengan sangat efisien. Tidak perlu heran, orang yang susah gemuk cenderung lebih sering ke kamar mandi, dibanding mereka yang makan sekali saja sudah nambah beberapa gram. Jadi, kesalahan terbesar adalah makan banyak dan serampangan dengan anggapan bahwa selama ini menu yang dipunya terlalu sedikit.

Es krim, gorengan, coklat, sampai makanan cepat saji memang menambah berat badan secara instant. Kasus diet menunjukkan kepuasan peningkatan berat badan ditemui pada penggemar makanan penuh gula. Kalau bunda sedang tidak hamil mungkin, ya, cara ini tidak sepenuhnya buruk, lain cerita dengan perempuan yang memang mengandung.

Kelebihan berat badan selama mengandung tidak semuanya gara – gara bayi, masih ada faktor lain. Plasenta, tali pusat, kelenjar susu di payudara, aliran darah pada janin, pembesaran usus, sampai dengan lemak persiapan bersalin adalah tempat pelarian berat badan. Sebagai kinerja tubuh dengan tanggung jawab raksaksa, membenani mereka dengan makanan tak bergizi tidak akan membantu perkembangan kehamilan kemanapun.

Langkah pertama dalam penggendutan tubuh ibu hamil terletak pada bahan makanan di rumah. Coba lihat sekeliling, berapa banyak makanan instant bertengger di lemari dapur ? jangan – jangan ngidam bunda selama ini tidak sehat sampai sayur dan buah tidak lagi kasat mata ?

Sehat tidak harus mahal di Indonesia. Tanah air beta punya kekayaan alam tak terhingga, bahkan kasarannya, kalau menyebar benih di halaman tanpa perawatan, masih ada kemungkinan benih tersebut berubah menjadi tanaman. Bunda sangat direkomendasikan berjalan di pasar dan berhenti melirik jajanan di sana namun mulai fokus pada pencarian sayur dan buah segar yang siap ditawar dan dibawa pulang.

Ngemil, sudah jadi hal wajib di kalangan ibu hamil. Beragam hormone menyebabkan perubahan mood secara mendadak sehingga hawanya ingin makan terus menerus. Terlebih lagi, makan kudapan bisa mengurangi rasa mual dan muntah di pagi hari, menjadikan bunda punya alasan solid untuk tetap ambil cemilan. Kembali lagi, hanya karena bunda butuh kudapan bukan berarti makanan instant menjadi tujuan pertama.

Visual merupakan faktor yang cukup signifikan dalam membentuk keinginan dalam diri. Bunda bisa merubah kebiasaan ngemil ke ranah yang lebih aman dengan tersedianya buah dan sayur sepanjang mata memandang. Tidak perlu muluk – muluk, apel misalnya, potong saja kecil – kecil dan letakkan di dalam mangkuk kecil yang siap disantap sepanjang hari.

Buah dan sayur kurang menggoyang lidah?

Kreatifitas diberikan oleh tuhan untuk manusia, sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Kalau memang bunda menginginkan keberadaan rasa manis, tentu buah bisa diolah lebih lanjut. Produk seperti buah kering, keju, bahkan selai kacang akan memuaskan hasrat bunda tanpa perlu khawatir kadar nutrisi yang didapat. Menu populer seperti roti selai kacang atau keju celup sudah tak asing lagi dan layak coba.

Cemilan tentu bukan segalanya, ada masanya bunda harus konsumsi makanan berat. Pada dasarnya empat sehat lima sempurna saja sudah cukup membuat hari bunda bahagia. Kalau ingin lebih akurat lagi, konsultasi dengan dokter atau ahli gizi akan lebih berarti. Tidak perlu panik bila proses diet ibu hamil untuk menaikkan berat badan tidak terjadi dalam waktu cepat, toh segala sesuatu yang instant tidak selalu baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *