Dua Hal Inti dari Semua Tips Ibu Hamil Muda

Tips Ibu Hamil Muda
Ibu & Balita

Tips ibu hamil muda itu banyak sekali. Jika ibu mau mencatat semuanya, bisa-bisa satu buku habis untuk mencatat semua tips seputar cara menjaga kehamilan muda. Dan ibu akan merasa kuwalahan untuk mempraktekkan semua tips tersebut.

Kebanyakan ibu hamil merasa tips ibu hamil muda itu bikin pusing. Tips hanya membuat mereka merasa terkekang karena terlalu banyak hal yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan. Padahal, jika ibu tahu, betapa sederhananya menjalankan tips untuk ibu hamil muda.

Memang menjadi ibu hamil muda itu tidak mudah. Pasalnya, banyak hal sepele yang bisa membuat janin mengalami keguguran. Contoh sederhananya saja seperti getaran motor. Itulah mengapa ibu hamil muda dilarang sering-sering keluar naik motor.

Namun, ibu tinggalkan dulu hal-hal yang njlimet tersebut. Ibu hanya perlu tahu ternyata hanya ada dua hal paling wajib untuk dilakukan sebagai intisari dari semua tips ibu hamil muda. Apa saja dua hal tersebut?

Perhatikan Pola Makan

Sebenarnya tidak rumit untuk bisa menjalani masa kehamilan muda. Mulailah untuk hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Ada banyak sekali makanan sehat yang mudah didapatkan. Lupakan makanan yang diolah tidak begitu matang. Apalagi fast food. Kalau bisa, hamil menjadi momen yang tepat untuk mengatakan goodbye untuk makanan fast food.

Selain tidak baik untuk kesehatan janin yang ada di dalam kandungan, fast food juga tidak baik bagi kesehatan siapapun juga. Kandungan nutrisi yang sedikit dan justru tinggi lemak. Hal tersebut jelas membuat fast food bukan termasuk makanan yang sehat.

Lalu, bagaimanakah kriteria makanan yang sehat itu? Tentu saja makanan yang mengandung nutrisi ibu hamil yang lengkap dan seimbang. Yang jelas, tidak sulit kok menerapkan tips ibu hamil muda. Mulailah dengan sering mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan. Lupakan dulu mengkonsumsi makanan yang dimasak setengah matang atau bahkan mentah.

Konsumsi susu itu wajib karena itu bagian dari tips menjaga kesehatan ibu hamil muda. Dengan mengkonsumsi susu, dipastikan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin terpenuhi.

Perhatikan Waktu Istirahat

Kalau berkegiatan setiap hari, sepertinya tidak ada masalah. Hanya saja, tidak sedikit ibu hamil yang lupa untuk memperhatikan waktu istirahat. Khusus bagi ibu yang juga menjadi wanita karir, biasanya mereka sangat sulit untuk membuat jadwal kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat. Kebanyakan justru membawa pekerjaan ke rumah dan lembur hingga malam hari.

Tentu saja sering lembur hingga larut malam bukan termasuk ke dalam tips ibu hamil muda. Agar kesehatan ibu terjaga dan perkembangan janin baik, ibu harus membuat jadwal dan mentaatinya. Pada waktunya kerja, ibu harus kerja. Namun, di malam hari, itu adalah waktunya ibu untuk istirahat.

Harus dipahami bahwa kebanyakan ibu hamil mengalami gangguan kesehatan yang berakibat buruk terhadap perkembangan janin itu disebabkan kurangnya waktu untuk istirahat. Menforsir diri sendiri berakibat sangat buruk bagi kesehatan ibu dan juga kesehatan janin di dalam kandungan.

Jadi, ada berapa tips ibu hamil muda yang harus ibu perhatikan? Betul sekali, hanya ada dua, yaitu memperhatikan pola makan dan waktu istirahat. Jika dua hal ini ibu lakukan, bisa dikatakan seporoh cara untuk menjaga kesehatan sudah ibu lakukan. Selanjutnya, ibu hanya perlu menerapkan bagian kecil dari tips ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *