Dua Hal Penting Penentu Tumbuh Kembang Balita

 

Tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita tidak bisa terlepas dari nutrisi yang ibu berikan setiap hari melalui makanan dan minuman yang ibu berikan. Oleh sebab itu, setiap orang tua seperti ibu harus tahu apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan perkembangan balita.

Sayangnya, jika ibu membuat list apa saja jenis nutrisi yang harus tercukupi demi tumbuh kembang balita yang baik, rasanya banyak sekali yang akan masuk ke dalam list. Ibu sendiri akan kualahan dan tidak mampu untuk menghafalkan semua nutrisi tersebut. Belum lagi dengan list makanan apa saja yang mengandung nutrisi baik bagi perkembangan balita sesuai dengan kadar yang telah ditentukan oleh para ahli gizi anak.

Untuk memudahkan ibu untuk memastikan tumbuh kembang balita baik, sebenarnya ada dua hal yang harus mendapatkan lebih banyak perhatian. Berikut informasi selengkapnya.

Kesehatan Pencernaan

Satu hal yang pertama harus ibu perhatikan adalah kesehatan pencernaan balita. Bagaimana bisa?

Ibu tidak boleh meragukan bahwa kesehatan pencernaan si kecil itu sangat mempengaruhi tumbuh kembang balita. Bayangkan jika sistem pencernaan si kecil terganggu. Balita ibu sering mual, muntah, atau diare. Bagaimana bisa nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang balita bisa diserap oleh tubuh jika justru semua makanan dan minuman yang dikonsumsi dikeluarkan lewat muntah atau diare?

Itu hanya contoh kecil saja. Belum lagi jika sistem pencernaan tidak berjalan normal sehingga semua nutrisi yang terkandung di dalam makanan tidak bisa disalurkan ke organ tubuh yang membutuhkan. Untuk kasus semacam ini, biasanya dipengaruhi oleh bakteri jahat yang jumlahnya lebih banyak daripada bakteri baik atau yang sering disebut dengan probiotik.

Oleh sebab itu, aneh jika banyak orang tua lebih mementingkan kandungan atau nutrisi untuk perkembangan otak. Memang membanggakan jika memiliki akan yang cerdas. Hanya saja, percuma jika anak cerdas tapi sering sakit-sakitan. Bukannya cerdas, tapi justru nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan otak di makan oleh bakteri jahat dan tidak disalurkan ke otak.

Kekebalan Tubuh

Setelah menjaga kesehatan pencernaan, satu hal lain yang tak kalah penting yang mempengaruhi tumbuh kembang balita adalah sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya, ada kaitannya antara kesehatan pencernaan dengan sistem kekebalan tubuh, yaitu keduanya menjaga agar si kecil tidak terjangkit penyakit yang membahayakan dirinya. Hanya saja, sistem kekebalan tubuh lebih fokus untuk memerangi virus serta bakteri penyebab berbagai jenis penyakit agar si kecil tidak mudah jatuh sakit.

Sistem kekebalan tubuh ini bisa diperkuat dengan cara memberikan makanan yang sehat. Hanya saja, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, diperlukan waktu yang cukup lama. Jika si kecil sakit, itu artinya sistem kekebalan tubuhnya diuji agar lebih kuat. Jadi, pada saat sakit, ibu tidak perlu khawatir. Ibu tidak perlu memberikan antibiotik. Yang perlu ibu lakukan hanyalah membantu agar sistem kekebalan tubuhnya semakin kuat.

Banyak orang tua yang salah memahamil tumbuh kembang balita. Mereka menganggap tumbuh kembang sang buah hati itu hanya bisa dilakukan dengan memberikan semua nutrisi yang diperlukan. Memang hal tersebut tidaklah salah. Hanya saja, ibu harus lebih fokus terhadap dua hal tersebut di atas, yaitu kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh. Jika dua hal tersebut aman, maka ibu bisa memberikan nutrisi lainnya agar tumbuh kembang balita semakin optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *