Dua Hal Penting Untuk Mencegah Gangguan Pencernaan Anak

gangguan pencernaan anak
www.friso.co.id

Apakah si kecil sering mengalami gangguan pencernaan? Maka sudah saatnya ibu tahu tentang bagaimana mencegah terjadinya gangguan pencernaan anak. Ada kemungkinan ibu melakukan kebiasaan yang terjadi kesalahan yang fatal. Dan kesalahan tersebutlah yang menyebabkan anak mengalami gangguan pada pencernaan.

Sebenarnya hanya ada dua hal yang sangat penting untuk ibu perhatikan. Dengan memperhatikan dua hal tersebut, sistem pencernaan anak akan selalu baik dan anak tidak lagi mengalami masalah dengan pencernaannya.

Ajari Mengunyah

Banyak sekali anak yang tidak pandai mengunyah makanan. Apakah ini bisa berakibat buruk terhadap sistem pencernaan anak? Menurut medis, hal tersebut bisa berpengaruh. Meskipun memang makanan dihancurkan ketika ada di dalam lambung, namun tetap saja makanan harus dihancurkan di mulut.

Bahkan, ada peneliti kesehatan yang mengatakan anak yang mengunyah makanan akan terhindar dari resiko terkena maag ketika dewasa nanti. Sayangnya, lebih banyak balita yang tidak mengunyah makanan dengan lembut.

Hal ini tidak boleh ibu biarkan. Terkadang anak yang baru mendapatkan MPASI tidak terbiasa mengunyah. Makanan yang sedikit lunak membuat anak cenderung menelan langsung makanan yang dikonsumsi.

Namun, ketika sudah balita, sebaiknya ibu ajarkan anak untuk mengunyah makanan. Hal ini sangat penting agar terhindar dari masalah gangguan pencernaan. Mengunyah makanan tidak hanya akan menghindarkan si kecil dari maag, tapi juga masalah lainnya seperti susah buang air besar, perut sebah, sakit perut, dan lain sebagainya.

Memilihkan Makanan Yang Tepat

Hal kedua yang tak kalah penting dengan yang pertama adalah jenis makanan. Apakah ibu masih memberikan makanan yang dihaluskan? Jika sudah balita, sebaiknya ibu siapkan makanan yang sama dengan yang ibu konsumsi. Hal ini akan melatih si kecil untuk mengunyah. Selain itu, sistem pencernaan anak juga akan terbiasa mencerna makanan yang kasar.

Terlalu sering memberikan makanan yang lunak seperti bubur dan jelly akan membuat sistem pencernaan tidak siap mencerna makanan yang kasar. Dan ketika ibu memberikan makanan yang kasar, maka anak akan mengalami konstipasi.

Inilah mengapa ibu harus mengikuti langkah-langkah yang tepat memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Pada dasarnya, program MPASI ini merupakan program yang bisa membuat sistem pencernaan anak siap mengkonsumsi makanan seperti yang dimakan oleh orang dewasa. Awalnya, menu MPASI sangat lunak seperti bubur. Namun, sedikit demi sedikit, makanan harus lebih kasar dan akhirnya anak terbiasa mengkonsumsi makanan yang sama dengan yang ibu konsumsi setiap hari.

Menjaga kesehatan pencernaan anak tidaklah mudah. Apalagi jika usia anak sudah menginjak balita. semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi maka semakin tinggi resiko anak mengalami masalah gangguan pencernaan.

Selain dua hal tersebut di atas, ibu juga perlu memperhatikan nutrisi anak. Masalah gangguan pencernaan anak tidak hanya berkaitan dengan makanan, tapi juga bakteri atau virus yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Untuk menghancurkan virus dan bakteri penyebab penyakit, maka ibu perlu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Berikan susu Friso yang mengandung probiotik. Kandungan inilah yang akan menjaga kesehatan sistem pencernaan anak dari dalam.

Menjaga kesehatan anak berarti membantu anak berkembang secara optimal. Karena ia sehat, ia akan bereksplorasi serta belajar hal-hal yang baru dengan bahagia. Lain hal jika anak mengalami masalah kesehatan. Tidak mungkin ia akan berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, ibu bisa mengawali dengan menjaga agar anak tidak mengalami gangguan pencernaan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *