Edisi kehamilan kembar: perkembangan janin 5 bulan

perkembangan janin 5 bulan kembar
Image Source: New Health Advisor

Bila ditanya salah satu kebahagiaan terbesar di dunia, mungkin kehamilan bisa menjadi jawaban pertama. Saat seseorang mengharapkan anugrah kehadiran buah hati dalam hidupnya, menanti hari menuju persalinan tentu membahagiakan hati. Kata orang bijak, tak ada kehamilan yang sama, setiap orang memiliki masa unik sendiri, tidak sepenuhnya salah. Beberapa perempuan beruntung memang mengalami perkembangan janin 5 bulan yang lain daripada ibu pada umumnya, yakni kandungan berisi janin kembar.

Bak dapat undian beruntung pada saat berbelanja yaitu beli satu dapat satu, hati langsung berbunga mengetahui ada 2 manusia sedang tumbuh dalam perut yang saat ini sudah lebih berkembangan dibanding sebelumnya. Edisi perkembangan janin kehamilan kembar kali ini akan menjelaskan lebih lanjut seperti apa perkembangan janin 5 bulan atau kurang yang setiap ibu dan ayah harus tahu, terlebih bagi anda yang sedang mengandung dalam kondisi serupa.

Sebelum membahas mengenai kehamilan itu sendiri, mari membicarakan hal yang membuat topik satu ini yakni ‘janin kembar’. Selama berabad abad telah banyak mitos beredar mengenai anak kembar, mulai dari ilmu mistik dimana anak kembar bisa menjadi jalan masuk mahluk halus sampai dengan psikologis yang menganggap anak kembar bisa memahami pikiran satu sama lain. Di benua Amerika dan eropa ada sekitar enam sampai lima belas anak kembar lahir dari 1000 persalinan, sedangkan di benua afrika malah ada delapan belas sampai tiga puluh anak kembar dari 1000 persalinan. Bercermin dari daerah Asia, kehamilan anak kembar justru lebih jarang lagi dimana hanya ada 6 sampai 9 anak kembar dari 1000 persalinan, jadi anda yang mengandung anak kembar termasuk beruntung.

Dari semua anak kembar, kebanyakan lahir dalam kondisi tidak identik. Tidak identik berarti ada 2 telur yang tumbuh secara bersamaan namun terpisah, anda mungkin pernah melihat beberapa anak dengan wajah berbeda tapi mengaku kembar. Sedangkan anak kembar yang banyak diabadikan dalam dunia film yakni kembar identik. Kembar identik berarti anak kembar dengan fisik yang sangat mirip bahkan jauh lebih sulit dibedakan dibanding non identik. Pada kehamilan kembar identik, janin berasal dari 1 telur yang sama sehingga berkembang lebih jauh namun nantinya akan melepaskan diri. Bila sampai pelepasan gagal, hasil dari kembar identik biasanya kembar dempet yakni kondisi menempel pada satu bagian tubuh. Pada beberapa kasusu ekstrem organ tubuh dalam menempel sehingga keduanya tidak hidup lama.

Pada edisi sebelumnya telah dijelaskan bahwa sampai dengan memasuki bulan keempat, janin sudah memiliki sidik jari dengan posisi tangan merapat ke dada. Nah, perkembangan janin sudah semakin menggemaskan sekarang. Rambut mulai keluar dari ujung kepala, bila pasangan memiliki warna rambut berbeda dengan anda, tentu sekarang bisa menebak nantinya anak akan menuruni rambut siapa. Saat ultra sound anda beserta pasangan bisa melihat kerut – kerut di kulit pertanda janin sudah mulai membentuk pertahanan bagian luar. Kelihatan menggemaskan sekali melihat kedua janin terombang ambing tenang dalam cairan amino dalam rahim ibunda.

Komunikasi adalah anugrah yang diberikan tuhan untuk manusia. Bila selama ini bunda hanya bisa merasa tidak nyaman, ayah hanya berjuang tanpa bisa bercakap dengan calon malaikat kecil, umur menginjak 5 bulan, sudah bisa dilakukan. Kedua janin mampu mendengar suara ayah dan bunda dari luar. Bukan berarti, janin lantas dengan sangat jenius mampu memahami perkataan ayah bunda, tapi perasaan cinta bisa dirasakan oleh janin. Mulai berhati – hati dalam bertindak dan bertutur kata, karena meski janin tidak paham, tubuh dalam pembangunan bisa bereaksi terhadap kata – kata negatif.

Tahun 2016 kemarin, alis sangat ikonik. Supermodel Cara de levigne meraih predikat perempuan tercantik hanya karena alis yang tebal. Bagi anda yang penasaran apakah alis janin kembar anda bakal ‘badai’ alias keren atau tidak, 5 bulan adalah saatnya. Umur 5 bulan, tubuh mulai rajin membentuk rambut dan bulu – bulu halus di seluruh tubuh termasuk alis. Memang masih sangat tipis, namun perlahan tapi pasti alis akan terbentuk indah dan jelas. Yang orang tua perlu lakukan adalah memastikan bahwa gizi bunda terpenuhi agar pertumbuhan rambut bisa berjalan dengan lancar.


Kulit merupakan pelindung terluar manusia dari arah bahaya menantang. Bila pada usia menginjak 5 bulan kulit janin hanya berupa kerut – kerutan, sekarang mulai ada warnanya. Ultra sound mungkin hanya mampu menghasilkan gambar hitam putih. Padahal, bila ditiliki lebih lanjut, kulit calon bayi memerah. Kalimat ‘segumpal darah’ memang sangat cocok, pasalnya janin bergulung dengan kulit berwarna merah segar. Tentu saja, warna kulit ketika janin lahir tidak dipengaruhi pekat atau tidaknya merah pada usia kelima bulan.

Semakin besar resiko berbanding lurus dengan keuntungan memang menjadi slogan kehamilan kembar. Anda yang sudah pernah hamil bisa jadi paham betul bagaimana gejala normal orang hamil. Mual muntah, makan tidak terkontrol, pusing, dan cepat lelah sepertinya sudah jadi lagu biasa. Pada kehamilan kembar, segala efek samping kehamilan akan meningkat 2 kali lipat, sehingga anda tidak perlu heran kalau merasa lebih repot. Bahkan, dokter mungkin melarang anda melakukan beragam aktivitas yang biasa diperbolehkan. Guna menjaga perkembangan janin 4 bulan tetap berkondisi prima tidak perlu merasa khawatir bila anda harus makan dua kali lipat atau merasa sakit lebih dari umumnya.

Salah satu hal yang penting dalam menjaga janin di awal-awal kehamilan adalah lewat makanan. Anda perlu memastikan makanan Anda sudah dimasak. Makanan mentah seperti sushi dan setengah matang meningkat resiko keguguran. Ayo kita jaga asupan ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *