Efek Warna pada Psikologi Anak

Psikologi anak
www.johnsonsbaby.co.id

Ketika mendokerasi kamar, umumnya berdasarkan pilihan refrensi warna, dan, meski tidak masalah, proses pemilihan warna bukan hal yang mudah. Tiap warna memiliki efek yang berbeda pada tubuh dan pikiran manusia, sangat penting untuk mempertimbangkan faktor satu ini. Terutama, ketika mendekorasi kamar bayi. Lagipula, anda pasti ingin yang terbaik untuk buah hati tercinta. Ini dia makna pengaruh warna terhadap psikologi anak, baik perkembangan sikap maupun pertumbuhan dan pilih warna terbaik untuk kamar anak anda.

1. Warna tanah

Warna tanah biasanya menstimulasi pikiran dan menyegarkan badan. Warna satu ini membuat ruangan luas terlihat lebih ‘ramah’ , dan nyaman. Meskipun tidak terlalu membuat rileks, jadi warna ini tentu cukup sulit menidurkan anak terutama anak yang energik.

2. Oranye

Hangat, nyaman, dan ramah, oranye adalah warna yang menstimulasi interaksi sosial dan komunikasi. Harap diingat terlalu banyak warna oranye apalagi oranye terang, bisa memberi stimulasi berlebihan.

3. Kuning

Kuning adalah warna ceria nan energik yang mana memberi ruangan kesan bercahaya dan terang. Warna ini merupakan gambaran kebahagiaan. Tergantung kecerahan, dan intesitas, kuning muda menstimulasi konsentrasi sedangkan kuning terang menstimulasi ingatan

4. Merah

Merah adalah salah satu warna yang tidak direkomenasikan untuk kamar bayi, salah satu alasannya adalah karena merah menggambarkan agresifitas, ketidak mampuan fokus, dan sakit kepala. Tentunya, jika anda menggunakan warna merah berlebihan. Jika digunakan dengan benar, merah malah dapat menimbulkan efek baik seperti memberi energi pada badan dan meningkatkan kemampuan atletik.

5. Merah jambu

Seringkali dianggap warna ‘anak perempuan banget’ dan ‘putri’ , memang bukan kebetulan. Merah jambu adalah warna tenang dan rileks yang mendorong feminitas dan empati, gampangnya, merah jambu memberi efek menenangkan tapi harus diingat warna merah jambu bisa mengarah pada rasa cemas dan kegelisahan jadi jangan mendekorasi seluruh ruangan dengan warna merah jambu.

6. Biru

Biru memiliki efek terbalik dengan merah, biru memberi efek menenangkan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kecemasan dan agresifitas. Biru juga warna yang bagus jika kamu ingin menciptakan lingkungan sejuk dalam lingkungan lembab nan panas. Beberapa jenis warna biru seperti biru keabu abuan bisa menciptakan suasana sendu.

7. Hijau

Hijau diasoasikan dengan alam dan mensimbolisasikan kesehatan dan perilaku baik. Hijau memiliki efek menenangkan pada tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan beberapa penelitian menunjukkan hijau bisa meningkatkan kemampuan membaca, karenanya warna satu ini sangat baik untuk situasi belajar.

8. Ungu

Warna ungu merupakan gambar kerajaan atau kemewahan namun juga mengandung kebijakan dan spiritualitas. Ungu pastel seperti lilac dan lavender menenangkan dan senada dengan warna gelap seperti apapun.

9. Putih

Malaikat dan suci, putih biasa digunakan untuk menggambarkan kemurnian dan mendorong terciptanya atmosfir tenang dan sejuk. Putih juga dihubungkan dengan ketidak terbukaan, modern, jadi ada baiknya jika digabungkan dengan warna lain untuk memperlihatkan keterbukaan.

10. Abu abu

Meski presepsi abu abu adalah sendu, sedih, dan berawan, abu abu juga meningkatkan jenis emosi lain. Sebagai contoh, abu abu menginspirasi anda berpikir, dan memiliki efek menenangkan dan rileks. Mohon diingat abu abu tetap condong pada rasa sepi dan gunakan kombinasi warna tanah atau terang untuk menyeimbangkan efek satu ini.

11. Hitam

Sangat jarang warna hitam digunakan di kamar bayi. Hal ini dikarenakan warna hitam hanya sebagai penghias saja. Hitam menandakan kekuasaan, dan kegelapan jadi jika tetap memilih hitam, pastikan kamar memiliki jendela besar, dan banyak cahaya masuk untuk menghidupkan warna hitam.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *