Fakta Mencengangkan Mengenai Susu Anak

susu anak
Friso Indonesia

 

Susu anak tidak hanya bisa memberikan manfaat untuk si kecil. Di lain sisi, susu tersebut juga bisa menyebabkan bencana. Kesehatan anak bisa terganggu dan bahkan ada kasus kematian karena mengkonsumsi susu.

Ini merupakan fakta yang pernah terjadi. Mungkin saja hal ini bisa terjadi lagi. Oleh sebab itu, para orang tua diharuskan mengerti betul seputar susu anak yang baik yang tidak menyebabkan hal buruk terhadap kesehatan si kecil .

Fakta Mengejutkan Disebabkan Konsumsi Susu Anak

  • Kematian Akibat Susu

Pada tahun 1939, seorang dokter memaparkan penelitian yang mengejutkan di mana banyak sekali anak kecil yang meninggal karena mengkonsumsi susu formula dan tidak mendapatkan ASI. Dr. Cicely William adalah dokter tersebut. Bahkan, beliau mencium adanya propaganda bawasannya bayi yang sehat harus minum susu bubuk.

Penelitian tersebut memang sudah terjadi lama. Kejadian itupun bukan terjadi akhir-akhir ini. Dengan regulasi yang tepat, kini para produsen mampu memproduksi susu anak yang tidak lagi mengkibatkan hal buruk. Namun, orang tua harus mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai susu balita. Bukan berarti hal buruk tersebut tidak terjadi lagi.

  • Keluhan Kesehatan

Yang paling sering terjadi adalah munculnya keluhan kesehatan yang dirasakan oleh anak setelah mengkonsumsi susu. Diare, panas, susah buang air besar, dan radang lambung merupakan efek yang sering terjadi.

Gejala-gejala tersebut sering disebabkan oleh susu anak yang terkontaminasi oleh bakteri. Beberapa jenis bakteri yang ditemukan di dalam susu adalah staphylococcus aureus, Mycobacterium spp, dan Pseudomonas sp. Anehnya, bakteri tersebut terdapat di dalam produk susu karena alat yang digunakan untuk membuat susu tersebut memang sudah terkontaminasi. Alat-alat tidak steril sehingga susu terkontaminasi bakteri.

 

Aturan Baru Produsen Susu

Saat ini, fakta buruk mengenai susu anak tersebut bisa ditekan dan bahkan sudah tidak terjadi lagi. Ada aturan-aturan tertentu agar setiap produsen memastikan susu yang diproduksi steril, tidak terkontaminasi bakteri.

Contohnya saja Peraturan Pemerintah RI No 80 Tahun 2010 yang mengatur tentang pengujian susu formula. Selain itu, ada juga perhatian dari organisasi kesehatan dunia seperti World Health Assembly di mana mereka menginginkan semua petugas kesehatan yang terlibat dalam produksi susu harus dilatih. Hal ini tidak lain untuk memastikan susu benar-benar streril, tidak terkontaminasi bakteri.

Pentingnya Penyimpanan Susu

Susu tidak hanya terkontaminasi saat proses produksi saja. Ternyata cara penyimpanan yang salah juga bisa mengakibatkan susu terkontaminasi bakteri.

Menyimpan dengan wadah terbuka, terpapar sinar matahari, dan pada tempat yang lembab beresiko munculnya bakteri di dalam susu. Oleh sebab itu, ibu harus pastikan susu balita disimpan di dalam wadah yang tertutup. Taruhlah wadah susu tersebut di tempat yang tidak lembab dan juga tidak terpapar langsung sinar matahari.

Hindari juga pemberian susu yang sudah diseduh namun sudah lebih dari 1 jam. Hal tersebut dikarenakan ada kemungkinan bakteri yang sudah berkembang di dalam susu tersebut.

Intinya, ibu harus pastikan memilih susu anak terbaik. Artinya, susu tersebut harus streil. Selain itu, ibu juga harus tahu bagaimana cara menyimpan yang baik agar susu tidak terkontaminasi bakteri.

Dan yang pasti, ibu harus lihat dulu kandungan yang ada di dalam susu. Anak harus tumbuh sehat dan cerdas. Dan itu hanya bisa ibu dapatkan jika memberikan susu anak terbaik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *