Fakta yang Membuat Ibu Tidak Akan Lagi Menggunakan Obat Nyamuk Di Kamar Bayi

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Sudah bisa dengan mudah ditebak betapa berbahayanya obat nyamuk, apalagi yang dibakar. Tidak hanya untuk bayi, untuk orang dewasa saja kurang baik.

Lalu, bagaimana dengan obat nyamuk dengan jenis yang lain seperti obat nyamuk semprot atau lotion? Berikut ini fakta yang perlu untuk ibu ketahui.

Ternyata Semuanya Sama Saja

Silakan ibu cek penjelasan tentang bahaya obat nyamuk untuk bayi di www.ibudanbalita.com. Kandungannya seperti diklorvos dan propoxur bisa sangat buruk sekali bagi perkembangan saraf.

Selama ini kebanyakan masyarakat memahami bawasannya obat nyamuk bakar itu kurang baik untuk pernafasan. Tentu saja hal buruk itu bisa terjadi. Tidak hanya untuk bayi, orang dewasa pun bisa mengalami masalah pada sistem pernafasannya.

Dari alasan tersebut, ada yang beralih kepada obat nyamuk semprot. Apa yang terjadi? Sama saja ternyata. Di dalam obat nyamuk semprot, terdapat dua zat yang sama yaitu diklorvos dan propoxur. Memang dua zat ini sangat efektif untuk membunuh nyamuk. Akan tetapi, efek buruknya bisa terjadi pada saraf bayi.

Begitu juga dengan obat nyamuk berupa lotion. Kandungan yang ada di obat nyamuk oles berupa diethyltoluamide bisa mengikis kulit. Mungkin hal buruk ini tidak akan terjadi jika digunakan oleh orang dewasa mengingat kulit orang dewasa sudah sedikit lebih tebal. Namun, berbeda jika obat nyamuk lotion ini dioleskan pada kulit anak kecil.

Bagaimana dengan obat nyamuk elektrik? Memang ini solusi yang paling bagus. Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bawasannya di dalam obat nyamuk elektrik terdapat alletrin dan transflutrin yang bisa mengganggu pernafasan si kecil.

Lalu, apa solusi yang terbaik?

Tanya Pakar

Silakan ibu kunjungi website ibu dan balita agar bisa berkonsultasi langsung dengan pakar kesehatan bayi dan balita. Ini konsultasi secara online. Jadi, ibu hanya perlu menggunakan gadget atau komputer saja.

Sebenarnya, yang paling direkomendasikan untuk digunakan adalah kelambu. Jelas ini tidak berbahaya bagi kesehatan si kecil. Selain itu, kelambu ini juga akan menghindarkan si kecil dari gigitan nyamuk.

Khusus untuk musim hujan seperti saat ini, kelambu ini sangat diperlukan mengingat banyak sekali jentik-jentik nyamuk yang bisa berkembang. Apalagi adanya nyamuk penyebab demam berdarah yang bisa sangat berbahaya bagi si kecil.

Memang sangat mengkhawatirkan jika si kecil digigit nyamuk. Tidak hanya akan muncul bintik-bintik merah pada kulit tapi juga bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Akan tetapi, memberikan perlindungan dengan menyalakan obat nyamuk, entah itu obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk lotion, atau obat nyamuk elektrik dianggap sebagai solusi yang kurang tepat. Lebih baik ibu memang kelambu saja.

Meskipun demikian, yang paling penting adalah memastikan sistem kekebalan tubuh si kecil semakin kuat. Karena dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka si kecil tidak akan mudah terserah penyakit.

Ada banyak cara untuk ibu lakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh seperti memberikan menu makanan yang bernutrisi tinggi jika si kecil sudah makan dan juga memberikan susu.

Sekarang susu Frisian Flag sudah bisa dibeli secara online di website ibu dan balita. Apalagi ada program tukar poin. Jadi, ibu bisa beli susu Frisian Flag dan kumpulkan poinnya. Jika poin sudah terkumpul banyak, ibu bisa tukarkan dengan hadiah yang sudah disediakan seperti voucher belanja, voucher beli buku, sampai tiket liburan. Menarik, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *