Faktor yang Paling Sering Menjadi Penyebab Kesehatan Bayi dan Balita Terganggu

Si kecil sering sakit? Bukan ibu saja yang menghadapi masalah tersebut. Yang pasti, ibu tidak boleh melakukan shortcut dengan cara memberikan obat-obatan ketika sang buah hati sakit.

Kesehatan bayi dan balita sering terganggu. Dan itu hal yang sangat wajar. Hanya saja, dengan memberikan obat setiap kali si kecil mengalami masalah kesehatan, itu bukan cara yang bijak.

Ibu perlu tahu kenapa kesehatan bayi atau balita sering kali terganggu. Dengan demikian, ibu bisa tahu apa yang seharusnya ibu lakukan agar bisa menjaga kesehatan sang buah hati.

Sistem Imun yang Kurang Bagus

Tidak sedikit bayi yang baru dilahirkan tapi sudah terindikasi terkena masalah kesehatan. Umumnya, hal tersebut disebabkan ibu hamil tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga sistem imun tubuh bermasalah.

Jika hal tersebut terjadi, penyakit apapun bisa terjadi. Apalagi bayi itu sangat rentan terhadap penyakit. Diperlukan cara agar sistem imun bayi meningkat sehingga bayi tidak sering terkena penyakit.

Begitu juga dengan balita. Banyak balita yang sedang dalam masa pertumbuhan mengalami masalah kesehatan. Hal tersebut merupakan reaksi alami dari dalam tubuh di mana tubuh membutuhkan penyesuaian dengan hal-hal baru. Semakin dewasa maka sistem imun harus lebih kuat.

Dalam hal ini, ibu tidak boleh menyepelekan tentang sistem imun tubuh. Karena ini tidak hanya berkaitan dengan kesehatan bayi atau balita, tapi juga tumbuh kembangnya. Bagaimana si kecil bisa berkembang jika ia sering sakit lantaran sistem imunnya kurang bagus?

Lingkungan yang Tidak Sehat

Apakah ada anggota keluarga di rumah yang merokok? Atau apakah di sekitar rumah di mana ibu tinggal banyak yang merokok? Seberapa sering si kecil dibawa oleh seorang perokok?

Itu hanya satu contoh saja. Yang pasti, lingkungan yang tidak sehat bisa menimbulkan hal buruk bagi kesehatan anak, terutama lingkungan yang penuh dengan polusi udara akibat rokok.

Maka dari itu, tidak sedikit bayi yang mengalami radang paru-paru. Hal tersebut bisa juga disebabkan oleh udara yang dipenuhi oleh asap rokok.

Kesadaran sangat diperlukan. Ibu perlu memberikan pemahaman akan bahaya rokok bagi kesehatan sang buah hati. Artinya, tidak ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah karena hal tersebut bisa berakibat buruk terhadap kesehatan si kecil.

Sebenarnya tidak hanya asap rokok. Kesehatan lingkungan juga termasuk air bersih dan lain sebagianya. Yang pasti, ketika ibu sudah mendapatkan tanggungan untuk menjaga dan merawat sang buah hati, pada saat itulah ibu harus semakin sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Yang Penting untuk Ibu Lakukan

Setidaknya ada dua faktor yang paling sering menyebabkan terganggunya kesehatan sang buah hati. Hanya saja, yang paling penting untuk ibu lakukan adalah memberikan makanan dan minuman yang bisa meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh si kecil.

Ini sangat penting mengingat daya tahan tubuh yang kuat akan membuat si kecil terhindar dari segala jenis masalah kesehatan. Virus atau bakteri yang menyerang di dalam tubuh akan dibasmi jika daya tahan tubuh anak kuat.

Ada banyak sekali makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Dan ibu harus kreatif dalam mengolah bahan makanan tersebut sehingga menjadi menu makanan yang lezat dan digemari oleh sang buah hati. Ini merupakan cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *