Forum Ibu Hamil Seputar Kandungan Janin Kembar

forum ibu hamil seputar janin kembar
www.ibudanbalita.com

Forum ibu hamil mampu bicara akan banyak hal, dari yang paling umum sampai dengan yang jarang dibicarakan sekalipun. Misalkan saja, kehamilan kembar. Kasus persalinan kembar sangat jarang ditemui baik dalam Indonesia maupun di luar negeri. Salah satu penyebab kehamilan kembar masih belum diketahui secara pasti, namun berbasis kejadian lampau perkiraan bisa saja dibuat.

Faktor janin kembar bisa jadi karena keturunan. Seringkali pasangan menemukan persalinan kembar pada mereka yang memang pernah melahirkan atau memiliki ikatan darah dengan orang kembar. Perkiraan kedua ada pada perempuan dengan tinggi diatas rata – rata punya kemungkinan persalinan kembar lebih tinggi. Uniknya beberapa perempuan mengaku tahu dirinya hamil kembar tanpa memerlukan pemeriksaan dari manapun entah berdasar mimpi atau firasat.

Terlepas dari akurasi tebakan kembar tidaknya suatu kehamilan, ilmu pengetahuan tak menyerah guna meneliti faktor – faktor penanda kehamilan kembar. Beberapa bisa jadi tanda yang tepat namun ada pula yang hanya kebetulan. Dibawah ini adalah 5 tanda kehamilan kembar berdasarkan ilmu pengetahuan :

1.Perasaan mual kian menjadi

Morning sickness

Suatu bahasan yang sudah sangat populer di kalangan ibu hamil, mungkin sama dengan trend fidget spinner di kalangan anak muda. Perasaan mual tak diinginkan pada awal kehamilan sudah menajdi trade mark atau ciri khas bagi siapa saja yang pernah mendapati kandungan dalam diri.

Perempuan hamil biasanya mencapai rasa mual yang tidak terlalu berat namun tidak terlalu ringan. Jangan salah, tidak ada yang mengatakan rasa mual di awal kehamilan adalah hal mudah, akan tetapi selama bunda masih mampu beraktivitas normal maka morning sickness yang dialami masih bisa terbilang normal.

Menurut kesehatan, morning sickness bisa dipicu tingkatan hormon kehamilan yang kian meningkat, ditambah perubahan pada banyak area tubuh. Tidak dapat dipungkiri kalau sampai janin dobel alias potensi kembar, tentu kontruksi tubuh menjadi dua kali lipat, dan perasaan mual di pagi hari lebih dari biasanya.

Beberapa kasus menunjukkan bunda sampai tidak mampu beraktivitas normal akibat rasa mual dan pusing yang tidak kunjung berkurang. Harap disyukuri, bagi bunda yang mengharapkan perjuangan melawan morning sickness yang lebih berat merupakan pertanda janin kembar.

2.Rahim membesar

Ruang tumbuh janin terletak pada rahim. Bisa dibilang rumah yang pertama kali dihuni oleh cikal bakal manusia ini terletak di rahim. Nah, kalau hanya satu janin yang akan menempati ruang tersebut selama tiga puluh enam minggu, seharusnya tidak perlu ruang terlalu besar. Lain cerita dengan calon bayi kembar.

Tidak banyak orang yang bisa merasakan perubahan dalam rahim, beberapa orang mungkin hanya menyadari perubahan pada pinggul dimana area bawah terlihat semakin lebar. Bila bunda memang ingin tahu lebih dalam, bunda bisa saja membandingkan diri dengan perempuan hamil lain. Ukuran yang berbeda jauh kadang – kadang berarti rahim berkembang lebih besar dari rata – rata.

Kadang, melihat secara kasat mata saja tidak cukup guna menentukan apakah benar rahim diatas rata – rata atau tidak. Pemeriksaan kehamilan di dokter mampu menunjukkan seberapa besar rahim saat ini dibanding yang lain. Bila dokter mengatakan ukuran rahim melebihi kandungan di usia yang serupa maka kehamilan kembar bisa diharapkan.

3.Sahabat dadakan bunda adalah kamar mandi

“Kalau sedang hamil hawanya ingin buang air kecil”
Banyak bunda mengalami saat – saat dimana rasanya ingin segera ke kamar mandi setiap saat. Padahal, kalau dipikir bunda tidak banyak minum air apapun tapi tetap saja rasanya ingin ke kamar mandi. Sudah jadi rahasia umum bahwa kamar kecil menjadi tempat favorit bunda.

Banyak kasus menunjukkan bunda dengan kandungan kembar cenderung ingin buang air kecil dua kali lipat dibanding mereka yang hanya mengandung satu janin saja. Nah, kalau bunda merasa kamar mandi seolah menjadi ‘sahabat’ terbaru bunda maka besar kemungkinan janin yang dikandung ada dua. Kendati demikian tak jarang kehamilan non kembar mendapati rasa ingin buang air kecil yang tinggi.

4.HCg cukup tinggi
Human chorionic gonadotropin atau biasa disingkat HCg adala senyawa yang diproduksi oleh tubuh selama masa mengandung. HCg nantinya bertanggung jawab menutrisi plasenta yang menjadi satu – satunya media janin dalam mempertahankan hidup. Umumnya HCg akan meningkat setiap tujuh puluh dua jam dan berhenti kala usia kehamilan sebelas sampai dengan delapan belas bulan dan berkurang seiring semakin dekatnya dengan hari persalinan.

Salah satu pertanda hamil kembar cukup akurat berdasarkan level HCg, yang tentu saja memerlukan pemeriksaan ahli. Bila hasil test menyatakan level HCg sangat jauh diatas rata – rata, berarti bunda harus bersiap adanya kemungkinan menghadapi kehadiran bayi kembar dalam hidupnya.

5.Belum 15 minggu janin sudah bergerak

Pergerakan janin pasti sudah dinanti – nanti setiap ibu mengandung. Seolah hukumnya sudah wajib untuk meletakkan satu tangan di atas kandungan sambil merasakan ‘tendangan’ janin dari luar. Usia lima belas sampai enam belas minggu (kurang lebih dua bulan) paling dinanti mengingat rata – rata gerakan bayi sudah terasa pada tahap akhir trimester pertama.

Janin kembar otomatis memiliki ruang tumbuh lebih luas dibanding janin biasa, kedekatan janin dengan lapisan luar tubuh menjadikan gerakan janin makin terasa. Bunda umumnya sudah mampu merasakan gerakan janin lebih cepat. Dalam forum ibu hamil sendiri gerakan janin diatas standard seperti trending topic yang cukup mengasyikkan pada kandungan kembar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *