Gambaran Perkembangan Janin dalam Kandungan

Perkembangan Janin dalam Kandungan
www.johnsonsbaby.co.id

Transformasi dari fertilasi indung telur yang begitu kecil hingga berbentuk bayi utuh benar benar penuh inspirasi. Berikut ini adalah gambaran perkembangan janin dalam kandungan berdasarkan batu lonjakan bayi di dalam rahim, konsep kehamilan, dan perkiraan apa saja yang akan terjadi selama prosesnya.

Trimester pertama

3 minggu : bayi yang masih dalam tahap pembuatan umumnya berbentuk bola yang biasa disebut blastocyst, bola ini mengandung struktur DNA penuh dari diri ibu dan ayah, yang nantinya menentukan jenis kelamin, warna mata, dan sifat lain.

4 minggu : Bola sel tersebut secara resmi telah menjadi embrio dan membesar hingga seukuran kurang lebih seperti biji opium. Setelah 6 mingg kedepan, organ bayi akan mulai berkembang dan dapat berfungsi.

5 minggu : Hati mungil embrio sudah mulai dapat berdetak, bahkan dua kali lipat dari detak jantung bunda. Seluruh badan embrio sudah tumbuh hingga berukuran biji wijen.

6 minggu : Kerangka wajah (seperti mata, lubang hidung, dan mulut) mulai menunjukkan bentuk, dan tonjolan mungil muncul dimana tangan dan kaki akan berkembang.

8 minggu : Lengan dan kaki mulai terlihat, dan bahkan embrio dalam kandungan sudah memiliki jari jari, termasuk hidung dan bibir atas. Pada usia 8 minggu pula, embrio mulai mampu bergerak sedikit sehingga bunda mungkin tidak merasakan apapun. Ukuran embrio saat ini setinggi kurang lebih 1.5 cm dan tidak memiliki berat yang berarti.

9 minggu : Mata embrio benar benar terbentuk, meski kelopak mata masih tertutup rapat belum mampu terbuka. Saat ini embrio mulai terlihat seperti sosok manusia dan bukan lagi segumpal bola.

10 minggu : Usia 10 minggu telah mengubah status embrio menjadi janin. Organ organ penting seperti ginjal, usus, otak, dan liver sudah mulai dapat bekerja. Bahkan detil pada jari tangan dan kaki sudah mulai terbentuk.

11 minggu : Janin sudah mulai terbentuk total. Bahkan tulang janin mulai mengeras, dan bentuk kelamin mulai dapat diketahui melalui scan. Janin mulai mampu cegukan meski terlalu awal bagi bunda untuk merasakannya.

12 minggu : Ibu dan ayah sudah bisa mendengar detak jantung janin pada saat melakukan pemeriksaan. Beberapa kasus menunjukkan bahwa detak jantung dapat didengar pada usia lebih muda.

Trimester kedua

14 minggu : Ginjal janin mampu memproduksi urin, dan janin mengeluarkan air seni bercampur ke air ketuban. Janin sudah bisa membentuk ekspreksi wajah dan bahkan menemukan gerakan mengemut jempol.

15 minggu : Janin dapat ‘melihat’ cahaya yang menembus lapisan rahim meskipun kelopak mata janin masih tertutup rapat.

23 minggu : Indera gerak janin makin berkembang, sehingga pada masa ini janin dapat merasakan gerak ketika ibunda menari. Indera pendengar janin juga terus meningkat. Bahkan ibu bisa merasakan bayi menggeliat di permukaan perut ibunda.

24 minggu : Indera perasa calon bayi akan berkembang. Pada tahap ini otak dan rambut juga tumbuh sangat cepat. Berat janin pada saat ini 453 gram lebih dengan panjang hampir 30 centi meter.

27 minggu : Paru paru janin dalam proses pertumbuhan namun masih belum berfungsi dengan penuh sampai dengan beberapa minggu lagi. Janin sedang ‘melatih diri’ untuk persiapan dunia luar dengan menghirup dan menghembuskan air ketuban, tidur, dan bangun berdasarkan interval rutin, membuka dan menutup mata, serta mengisap jarinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *