Gampang Lho Mencegah Balita Mengalami Cacingan

cuci tangan untuk hidup sehat
www.ibudanbalita.com

Cacingan bisa membuat perkembangan si kecil terganggu lho. Lihat saja. Berat badan turun, malas beraktivitas, dan sering tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Apa yang membuat balita mengalami cacingan? Banyak sekali penyebabnya.

Tapi, ibu harus tahu dulu bawasannya cacingan itu disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga. Pada intinya itulah sebab utamanya.

Namun, penyebab tersebut harus dijelaskan lebih detail lagi.

3 Hal Menjadi Penyebab Balita Cacingan

Mungkin ibu merasa sudah menjaga kesehatan si kecil. Namun, tetap saja balita ibu mengalami masalah dengan cacingan. Itu artinya ibu harus perhatikan tiga hal berikut ini.

  1. Kolam Renang

Ibu suka mengajak si kecil ke kolam renang umum? Menyenangkan sekali jika ibu bisa bermain air bersama anak ibu.

Mulai sekarang, ibu sebaiknya lebih selektif memilih tempat renang. Jangan sekalipun memilih tempat renang yang biaya masuknya murah namun kebersihkan airnya tidak terjaga ya.

l.ebih baik pilih tempat renang yang biaya masuknya sedikit lebih mahal namun airnya benar-benar bersih. Pasalnya, cacingan juga bisa menular lewat air lho.

  1. Kuku

Kuku balita mudah sekali tumbuh. Dan pada saat yang sama, bakteri pun mudah berkembang di sana. Apalagi balita ibu kini semakin aktif bermain tanah, batu, tanaman, dan lain sebagainya. Tentu saja akan lebih mudah telur cacing bersembunyi di sela kuku.

Oleh sebab itu, sebaiknya memotong kuku bayi ibu ketika ia terlelap. Dan ibu biasakan balita ibu untuk membersihkan tangan dengan sabun cuci tangan setiap kali akan makan. Ini cara pencegahan yang paling efektif.

  1. Sprei

Apa hubungannya dengan sprei? Kelihatannya tidak ada hubungan antara cacingan dengan sprei. Tapi, ternyata sprei yang tidak bersih menjadi salah satu penyebab balita terkena cacingan lho.

Telur cacing bisa bertahan hingga 3 minggu di sprei. Jadi, mudah sekali balita akan mengalami cacingan yang disebabkan terkena cacing dari sprei.

Itulah mengapa sebaiknya ibu mengganti sprei setiap satu minggu sekali agar kuman, kotoran, bakteri, dan juga cacing tidak berakibat buruk terhadap kesehatan sang buah hati.

Jadi, sudah tahu bukan apa yang harus ibu lakukan untuk mencegah cacingan?

Pertahanan Dari Dalam

Yang dijelaskan tersebut di atas merupakan penyebab cacingan. Pada saat yang sama, ibu juga mendapatkan informasi bagaimana melakukan pencegahan dengan hanya mengetahui penyebab cacingan.

Akan lebih baik lagi jika ibu juga melakukan pencegahan dari dalam, yaitu dengan membuat sistem pertahanan tubuh balita yang lebih kuat sehingga ia tidak mudah sakit.

Salah satunya dengan memberikan susu Frisian Flag setiap hari. Kandungan nutrisinya komplit dan bisa membuat sistem kekebalan tubuh si kecil semakin kuat.

Namun, selain itu, ibu juga perlu memberikan menu makanan yang sehat.

Sangat tidak mungkin ibu 100% mencegah kuman masuk ke dalam tubuh balita. Namun, ibu bisa membuat tubuh balita kuat sehingga secara otomatis tubuh akan menghancurkan kuman penyebab penyakit yang sudah terlanjut masuk ke dalam tubuh.

Probiotik sangat dibutuhkan. Pastikan ibu memberikan susu balita terbaik yang kandungan probiotiknya tinggi. Kandungan inilah yang akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga balita tidak mudah sakit.

Cacingan bisa dicegah. Dan pencegahan tersebut mudah untuk dilakukan, bukan? Jangan sampai ibu baru tahu tindakan tersebut setelah balita mengalami cacingan.

Sebarkan informasi ini agar lebih banyak orang tua yang tahu bagaimana menjaga kesehatan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *