Gejala Awal Kehamilan Dengan Tingkat Akurasi Tinggi

gejala awal kehamilan
Source: Riu Is Me

Mendambakan buah hati tidak selalu semudah membalik telapak tangan. Ya, memang ada juga orang tua yang mendapati kehamilan dalam dua sampai tiga kali hubungan intim saja. Namun, ada pula pasangan yang sudah mencoba berulang kali dan masih belum diberi rejeki anak. Lucu tapi ironis, kadang malah ada pasangan yang tidak tahu gejala awal kehamilan sampai dinyatakan gugur secara medis.

Ya, gejala awal kehamilan bisa berbeda-beda untuk semua orang. Layaknya buku paduan, tubuh tetap punya ciri-ciri hamil yang nyaris serupa. Daftar gejala kehamilan yang akan dijelaskan dibawah ini merupakan tanda yang paling jelas dan sangat mungkin dialami sebagian besar perempuan. Apa sajakah? Langsung saja:

1. Datang bulan tak kunjung tiba

Membahas tanda hamil pasti tak bisa lepas dari datang bulan. Tak dapat dipungkiri, datang bulan dan terbuahinya sel terus sangat berhubungan erat. Secara ilmiah, sel telur yang tidak bertemu dan sukses ‘kencan pertama’ dengan sperma akan larut dan keluar dalam bentuk darah mens. Pastinya, terlambat datang bulan menjadi tanda kehamilan yang cukup jelas.

Teknologi jaman sekarang memang pantas mendapat tepuk tangan. Alat sepele tapi penting seperti pencatat siklus datang bulan sudah banyak diciptakan. Perempuan tidak harus menghitung manual untuk mengetahui kapan datang bulan seharusnya tiba. Bahkan, perhitungan rata-rata keterlambatan datang bulan bisa diketahui dengan cepat. Menarik, bukan.

2. Flek muncul padahal belum mens

Perempuan yang sering memperhitungkan estimasi datang bulan bisa heran dengan fenomena flek. Tak ada angin, hujan, atau badai, sebercak darah mendadak ada di celana dalam. Apalagi kalau tidak ada aktivitas padat atau kondisi khusus menghampiri.

Pada awal kehamilan, badan perempuan mengalami kontruksi besar, dimana nyaris semua organ tubuh wajib dirubah demi menyambut bayi. Kenaikan hormon dan perubahan yang sangat cepat tak jarang membuat dinding rahim terluka. Alasan inilah yang menyebabkan flek hamil justru pertanda hamil yang cukup kuat.

3. Perut terasa begitu sakit

Kram saat datang bulan pasti sudah biasa, bahkan bunda bisa membayangkan rasanya tanpa perlu mengalaminya. Pada beberapa kasus, perempuan yang sedang mengandung merasa sakit atau kram perut luar biasa melebihi batas normal. Kalau bunda sadar kram perut kali ini tidak mungkin didasari datang bulan, segera hindari penahan rasa sakit dalam bentuk obat.

Jahe, dan minyak putih telah berhasil mengurangi rasa sakit dalam tubuh. Bunda bisa mulai menyediakan obat-obatan herbal yang bisa mengurangi rasa sakit secara keseluruhan. Kalau tidak ingin ribet, kompres air panas dengan botol yang ditaruh di atas perut saja sudah sangat membantu bunda melalui hari-hari.

4. Badan mudah lelah

Kalau sampai pasangan, atau sahabat terdekat perempuan komentar soal wajah lemas, atau waktu tidur yang terlalu lama, mungkin ini saatnya koreksi diri. Beberapa perempuan mendapati rasa ngantuk dan lelah luar biasa walaupun kegiatan tidak banyak. Kalau melihat agenda kegiatan, rasanya tidak ada hal penting yang buat energi terkuras habis.

Jawaban paling mungkin dari rasa capek tanpa alasan ini bisa dibilang tanda kehamilan trimester pertama. Kontruksi dalam tubuh ditambah dengan energi yang dituntut guna memastikan janin tetap tumbuh, dan penyaluran sebagian oksigen pada janin membuat tubuh terasa lemas. Tidak banyak yang bisa bunda lakukan selain menjaga kualitas istirahat. Usahakan tidak konsumsi kafein demi memperoleh energi tambahan yang malah merusak kualitas janin.

5. Muntah mual

Mual dan muntah, dua hal paling klasik dalam kehamilan. Beragam adegan film dan novel kerap menggambarkan muntan dan mual yang disebut pula morning sicknessuntuk menunjukkan keberadaan janin pada pemirsa. Kalau bisa dibilang, tidak ada yang salah dengan gambaran tersebut, malah bisa dibilang akurat.

Naiknya hormone dan indera penciuman membuat perasaan tidak nyaman bercampur aduk dalam diri seseorang. Karenanya mual dan muntah sangat mungkin terjadi dan wajar. Bunda sebaiknya mulai berlatih makan sedikit namun sering dibanding mengandalkan makan besar yang malah buat tubuh merasa lebih tidak nyaman.

6. Payudara terasa lebih empuk

Payudara merupakan satu-satunya suplai air susu bunda, bukan berita baru lagi. Nah, sebelum bayi lahir sekalipun, tubuh sudah mempersiapkan segala macam keperluan untuk menyusui nantinya. Efek samping dari rombakan tubuh nyaris sama dengan yang lain yakni terasa tidak nyaman pada bagian payudara.

Beberapa perempuan mengaku payudara terasa lebih empuk dan juga keras. Kalau bisa dibilang, hal ini sangatlah wajar, toh memang payudara sudah sering dibilang membesar kala janin mulai berada dalam kandungan. Ini saatnya bunda belanja bra yang memang nyaman untuk payudara ‘baru’ bunda. Kalau bisa benar-benar luangkan waktu untuk menemukan bra yang nyaman bahkan kalau dipakai saat tubuh membesar nanti.

Kehamilan memang sesuatu yang unik dan tak terduga. Perempuan tidak perlu merasa bersalah jika sama sekali tidak mengetahui tanda kehamilan yang telah disebutkan diatas. Pembelajaran Indonesia yang cukup jarang membahas aktivitas reproduksi membuat banyak perempuan harus cari informasi luar. Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali, sehingga tidak perlu merasa bersalah kalau baru mendapat daftar diatas sekarang.

Setiap tubuh perempuan berbeda. Sehingga, walau tanda-tanda serupa, belum tentu sudah pasti dapat rejeki anak. Test pack dan paket tes kehamilan lain bertujuan memudahkan bunda konfirmasi. Agar kecewa tidak terus menerus kalau delapan puluh persen gejala awal kehamilan muncul, segera periksa ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *