Gejala Hamil Dan Perkembangan Janin 5 Bulan

Perkembangan Janin 5 Bulan
Source: livelovesmall.com

portalgayahidup.com – Pada perkembangan janin 5 bulan mungkin Anda akan membutuhkan busana hamil sebab perut Anda sudah nampak membesar. Dalam masa ini itu artinya Anda telah melewati masa rawan keguguran karena pendarahan yang dapat disebabkan kelelahan dan menempelnya janin yang masih lemah. Hal ini sudah dapat dipastikan janin akan menempel kuat dan Anda tidak akan mengalami flek darah. Akan tetapi Anda hanya perlu istirahat dan makan makanan bergizi guna membantu kondisi Anda dan kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Tanda-tanda kehamilan pada bulan kelima sudah tidak harus dipertanyakan lagi secara jelas, sebab sudah pasti Anda akan tahu bila Anda sedang hamil 5 bulan.

Anda bisa melakukan perhitungan usia kandungan dengan kalender hamil bila Anda ragu mengenai usia kehamilan Anda. Pada bulan kelima ukuran bayi Anda dapat mencapai sekitar 25 cm dan berat kurang lebih 0,45 kg. Seorang ibu yang hamil usia 5 bulan akan menyadari  bahwa dirinya hamil dan  dapat menerima kondisi tersebut. Perut Anda akan mulau terlihat membesar dan untuk beberapa orang disekitar Anda juga sudah akan tahu bahwa Anda sedang hamil tanpa perlu diberitahu terlebih dahulu. Pada waktu ini Anda sudah bisa untuk berbelanja pakaian hamil atau menyiapkan pakaian hamil entah itu dari pemberian teman atau saudara, beberapa hal tersebut yang akan membuat kehamilan Anda akan terasa sangat istimewa.

Perkembangan Janin 5 Bulan Diurutkan Berdasarkan Minggu

  • Pada Minggu ke 19

Tangan dan kaki bayi Anda akan  mulai lebih baik dari sebelumnya. Mungkin Anda juga akan telah  dapat merasakan gerakan janin sebab bayi sudah mulai memperkuat jaringan otot untuk melakukan pergerakan. Koordinasi otak dan gerakan dipersiapkan untuk membantu janin dalam melakukan berbagai gerakan dan pelemasan otot pada bayi. Kulit bayi akan mulai mengembangkan lapisan sangat lembut dan berwarna putih yang biasa dikenal dengan vernix caseosa.

  • Pada Minggu ke 20

Saat ini bayi Anda akan semakin tumbuh besar dan mulai menelan air ketuban walaupun nutrisi paling utama dialirkan lewat plasenta pada tali pusar. Bayi Anda berukuran sebesar buah pisang. Rambut, kuku dan wajahnya akan terbentuk untuk lalu memperlihatkan mirip orang tuanya. Bayi dalam kandungan sudah akan  melakukan pergerakan dan peregangan otot lebih baik dari sebelumnya.

  • Pada Minggu ke 21

Apabila bayi Anda berjenis kelamin perempuan, maka saat ini bayi Anda sudah memproduksi sel telur sekitar 6 juta lebih untuk menjadikannya cadangan seumur hidupnya nanti. Si kecil sudah mulai memperoleh energi dan nutrisi lebih dengan cara menelan air ketuban, walaupun nutrisi masih ditopang dari plasenta yang terhubung melalu tali pusar. Bayi masih memiliki banyak ruang untuk bergerak dalam rahim, ia mampu memutar badan bahkan juga sudah bisa untuk jungkir balik.

  • Pada Minggu ke 22

Pada kehamilan usia 5 bulan minggu ke 22 ini bayi Anda akan memiliki bulu mata dan alis yang lembut. Bahkan rambut pada kepala sudah akan nampak, bila Anda dapat melihat rambut si kecil belum memiliki pigmen dan masih berwarna putih terang tidak berwarna hitam. Bayi Anda sudah mulai mampu merasakan sebab syaraf dan otak sudah tumbuh dan memberikannya respon bila ada rangsangan. Dia sudah dapat merasakan wajahnya dan gerakan tangan ataupun kakinya. Bayi Anda berukuran sebesar boneka kecil.

  • Pada Minggu ke 23

Di dalam rahim bayi Anda akan bernafas lewat air ketuban dan tidak menggunakan udara, akan tetapi pada minggu ini bayi Anda sudah akan mengembangkan paru-parunya untuk bila nanti lahir dapat bernafas menggunakan udara. Bayi anda berkembang sangat pesat pada minggu ini, sebab perkembangan cepat tersebut saat kulitnya mungkin akan sedikit kendor akan tetapi bisa menjadi kencang kembali setelah terisi lemak. Wajah sudah terbentuk sempurna bahkan putingnya sudah akan tumbuh juga. Beberapa sel otak akan terbentuk dan bayi mulai dapat mendengar detak jantung sang ibu bahkan bunyi dari luar yang jauh akan tetapi cukup keras akan ia dengar juga, misalnya saja suara klakson, petasan dan lain sebagainya.

Perubahan Dan Gejala Ibu Hamil Saat Pertumbuhan Janin 5 Bulan

Kehamilan bulan ini Anda masih akan merasakan gejala hamil yang cukup mengganggu, seperti mulas, pusing, sembelit, sesak nafas, gusi berdarah aaupun perubahan payudara yang biasa  terjadi pada wanita hamil. Berikut ini beberapa perubahan dan gejala yang terjadi pada ibu hamil usia 5 bulan:

  • Perubahan dan Gejala Fisik

Anda sudah akan merasakan gerakan janin dalam kandungan. Anda juga  akan lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil, sebab ginjal Anda akan bekerja lebih banyak daripada bulan sebelumnya. Anda akan mulai terlihat seperti halnya wanita hamil, sebab rahim telah berada ditengah yakni pusar Anda dan perut akan nampak menjulang yang akan terlihat besar.

Beberapa gejala yang biasa wanita hamil rasakan yaitu ; sesak nafas,  pusing, sembelit, mulas, gusi berdarah ataupun perubahan pada payudara.

  • Perubahan dan Gejala Emosional

Pada masa ini Anda akan selalu ingin tahu lebih banyak mengenai  perkembangan janin, kehamilan dan kelahiran Anda nantinya. Merasakan gerakan janin membuat emosional Anda akan semakin buruk terhadap adanya orang baru dalam kandungan Anda. Hal ini juga akan berpengaruh pada pasangan Anda, di mana dia melihat kandungan Anda yang mulai ada perubahan.

Perkembangan janin pada fase ini memang sudah lebih kuat dan sedikit mengurangi resiko keguguran. Namun demikian tetap ada pantangan – pantangan makanan yang perlu dijaga. Pantangan makanan saat perkembangan janin di usia 5 bulan ini salah satunya adalah makanan setengah matang. Makanan ini sekalipun memang sedap di lidah namun bisa berbahaya bagi si kecil karena masih terdapat banyak bakteri – bakteri yang masih hidup, terutama bila cara pengolahannya kurang tepat. Perkembangan janin 5 bulan pun

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *