Generasi Milenial Wajib Punya Tabungan Jangka Pendek

tabungan jangka pendek

Susah sekali untuk mengajak para generasi milenial untuk punya tabungan jangka pendek. Padahal, kebanyakan mereka sudah punya pendapatan yang sangat tinggi. Hal ini dipicu dengan jenis pekerjaan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Jika generasi sebelumnya gaji seseorang itu ditentukan oleh jabatan, lama waktu kerja, dan bahkan pendidikan, sekarang tidak. Generasi milenial bisa mendapatkan pekerjaan dengan income tinggi asalkan mereka punya skill untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Selain itu, generasi milenial punya akses internet. Adanya internet ini membuat mereka lebih leluasa untuk mendapatkan pendapatan yang jauh lebih banyak dibandingkan orang-orang yang lebih tua. Pemuda usia di bawah 30 tahun saja sudah bisa mendapatkan income melebihi manager.

Anehnya, sulit sekali bagi mereka untuk melakukan investasi. Jangankan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek saja hanya sedikit yang tertarik. Ini bisa terkait dengan gaya hidup. Meskipun mereka punya pendapatan yang tinggi, mereka tidak pandai menyimpan uang. Mereka sangat haus dengan pengalaman. Makanya, tidak jarang ada anak muda sekarang yang harus berlibur berkali-kali setiap tahunnya.

Tentu saja itu bukan hal yang salah karena memang generasi sekarang butuh pengalaman. Dan itu bisa mereka lakukan dengan cara melakukan sesuatu, traveling, dan lain sebagainya. Apalagi sekarang sudah ada Kartu Visa Signature Indonesia yang membuat traveling ke luar negeri pun menjadi sangat terjangkau.

Meskipun demikian, seharusnya ada pos yang harus diperhatikan untuk masa depan mereka, yaitu menabung entah itu jangka pendek atau jangka panjang. Yang paling mudah adalah menabung jangka pendek.

Mengapa Anda Harus Punya Tabungan Jangka Pendek?

Mungkin Anda salah satu di antara generasi milenial yang tidak punya tabungan. Padahal, gaji Anda sudah sangat tinggi sekali.

Sebenarnya, menabung itu tidak harus dimulai ketika Anda sudah memiliki gaji tinggi. Justru menurut konsultan finansial, menabung harus lebih banyak bagi orang yang pendapatannya rendah. Artinya, porsi menabung orang dengan pendapatan rendah harus lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang punya gaji tinggi. Misalnya saja, jika ada orang yang gajinya 3 juta, menabung 1 juta itu sangat tinggi. Berbeda dengan mereka yang gajinya 10 juta. Menabung 1 juta itu tidak ada apa-apanya. Namun, itu harus dilakukan untuk masa depannya.

Ada dua hal yang harus dipahami mengapa tabungan jangka pendek itu penting.

  1. Masa Depan

Tidak ada yang tahu masa depan seperti apa. Apalagi jika Anda para generasi milenial yang biasanya tidak mau bekerja di tempat kerja yang mengikat. Banyak generasi milenial bekerja di perusahaan satu lalu tahun depan pindah ke perusahaan lain. Bahkan, ada juga yang sama sekali tidak mau terikat sehingga mereka memutuskan untuk menjadi pengusaha.

Di sisi lain, dunia ini berubah begitu cepat. Mungkin Anda berjaya saat ini tapi tidak tahu tahun-tahun depan. Apalagi dengan adanya dunia internet, perubahan menjadi hal yang tidak bisa dikendalikan. Jika Anda tidak menabung, bukan tidak mungkin Anda akan punya nasib yang sama dengan berbagai perusahaan yang gara-gara internet mereka harus gulung tikar sekarang.

Apakah ada hal tersebut di masa depan? Itu sangat mungkin terjadi.

  1. Kebutuhan Semakin Banyak

Memang rasanya Anda bisa memenuhi semua kebutuhan sekarang ini. Anda masih muda. Anda punya tenaga dan ilmu. Anda punya kreativitas untuk bisa menghasilkan banyak uang.

Akan tetapi, bagaimana jika Anda sudah tua? Bagaimana jika Anda tiba-tiba sakit? Mungkin Anda sudah mempersiapkan semua hal seperti asuransi. Akan tetapi, tetap saja Anda butuh tabungan jangka pendek yang sewaktu-sewaktu bisa digunakan.

Jadi, masih tidak mau untuk segera buka tabungan jangka pendek?

Memilih Investasi Jangka Pendek Yang Tepat

Memang ada banyak sekali jenis tabungan atau investasi jangka pendek. Dalam hal ini, Anda harus pilih yang menguntungkan. Menabung uang begitu saja Anda akan rugi karena inflasi.

Lalu, tabungan seperti apa yang sebaiknya Anda pilih?

Yang pertama, Anda harus pilih tabungan jangka pendek yang memberikan bunga tinggi. Ini hal utama yang harus Anda lakukan.

Yang kedua, Anda tidak perlu menabung dalam jumlah yang besar kecuali jika Anda punya penghasilan banyak.

Yang ketiga, Anda bisa mengecek tabungan tersebut dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menarik uang tersebut sesuai dengan ketentuan yang jelas. Dengan demikian, ketika ada hal emergency, Anda bisa menggunakan tabungan tersebut.

Cara Agar Konsisten Menabung

Yang menjadi masalah adalah bagaimana agar Anda bisa menabung secara konsisten. Sebenarnya mudah sekali. Para konsultan finance menyarankan agar Anda melakukan tabungan berencana. Jadi, secara otomatis, uang yang ada di rekening Anda akan secara otomatis berkurang untuk tabungan yang Anda lakukan setiap bulan.

Anda bisa melakukan hal tersebut secara manual. Artinya, Anda memang sisihkan uang dalam jumlah tertentu lalu uang tersebut Anda masukkan ke dalam tabungan jangka pendek. Sayangnya, terkadang Anda tidak bisa konsisten melakukan hal tersebut. Akan lebih baik jika sistem perbankan yang melakukan. Jadi secara otomatis uang dalam jumlah tertentu masuk ke tabungan.

Nah, sekarang Anda hanya perlu menguatkan diri untuk benar-benar mau menabung. Anda tidak perlu khawatir kalau nanti Anda tidak punya budget untuk berbelanja. Kan ada Kartu Platinum. Anda bisa manfaatkan kartu kredit ini untuk kebutuhan belanja Anda. Bahkan, sekarang Anda bisa beli barang branded dengan harga yang lebih murah lho.

Mulai sekarang lah waktu yag tepat untuk membuka tabungan jangka pendek.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *