Gerakan Senam Hamil Agar Terhindar dari Kram Kaki

senam hamil
Ibu dan Balita

Senam hamil bisa dilakukan kapan saja. Ibu tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk melakukan beberapa gerakan senam untuk ibu hamil. Hanya saja, jika ibu ingin mempratekkan keselurahan gerakan, setidaknya ibu harus meluangkan waktu khusus.

Khusus untuk gerakan agar ibu terhindar dari kram kaki, ibu hanya perlu melakukan gerakan senam hamil sederhana. Yaitu gerakan senam kaki. Seperti apa senam kaki tersebut?

Senam Kaki untuk Menghindari Kram

Salah satu cara agar ibu tidak mengalami kram adalah melakukan senam kaki. Caranya sangat mudah. Mulailah dengan mencari tempat yang nyaman untuk berbaring. Ibu bisa lakukan di lantai atau di atas kasur.

Kemudian, pastikan kaki ibu lurus. Lalu, gerakkan jari kaki ke arah tubuh lalu gerakkan ke arah sebaliknya. Lakukan ini merupakan salah satu gerakan senam hamil khusus untuk bagian kaki.

Namun, tidak sampai di situ saja. Ibu juga perlu menggerakkan telapak kaki ke arah tubuh dan menjauhi tubuh. Sama seperti gerakan jari kaki. Lakukan beberapa kali agar otot tidak tegang dan ibu terhindar dari kram kaki.

Kapan Sebaiknya Melakukan Senam Kaki

Sebenarnya, kapan saja ibu bisa melakukan gerakan senam ibu hamil tersebut di atas. Hanya saja, waktu terbaik untuk melakukan gerakan tersebut adalah saat ibu akan tidur dan bangun tidur. Pasalnya, sering sekali kram terjadi di malam hari, yaitu saat ibu tertidur. Terkadang kram membuat ibu kesakitan dan terbangun di tengah malam, bukan?

Saat bangun tidur, ibu juga perlu mempraktekkan senam kaki tersebut. Hal ini untuk memastikan otot sudah siap untuk menopang tubuh ibu saat bangun tidur.

Agar lebih maksimal, ibu perlu mempraktekkan gerakan tersebut 10 kali. Jadi, gerakkan jari kaki ke arah tubuh dan berlawanan tubuh sebanyak 10 kali. Setelah itu, lakukan 10 kali untuk gerakan telapak kaki. Mudah, bukan?

Kram pada bagian kaki sering dialami saat kehamilan sudah mencapai usia trimester kedua atau ketiga. Hal ini disebabkan tekanan perut semakin berat sehingga otot kaki sering mengalami kejang. Walhasil, ibu akan sering mengalami kram kaki.

Gerakan senam hamil berupa senam kaki tersebut di atas diharapkan bisa membuat ibu terhindar dari kram kaki. Hanya saja, jika ibu masih sering mengalami kram kaki. Ada baiknya ibu mencoba cara lain.

Cara Lain Mengatasi Kram Kaki

Selain melakukan senam kaki, ibu juga bisa berenang untuk mengatasi kram kaki yang sering ibu alami. Air di kolam renang akan menopang perut sehingga kaki tidak perlu bekerja lebih keras. Dalam waktu yang sama, otot kaki akan lebih rileks sehingga kram tidak mudah terjadi.

Selain itu, memastikan untuk lebih sering duduk juga menjadi cara mengatasi kram yang cukup efektif. Hanya saja, ibu tidak boleh menggantung kaki ya. Kaki harus menempel pada lantai saat ibu duduk. Menggantung kaki justru akan membuat kaki bengkak.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari kram kaki. Akan lebih baik jika ibu mempraktekkan senam hamil secara keseluruhan mulai dari senam kaki, senam kegel, dan yang lainnya.

Senam tersebut tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai masalah seputar keluhan kesehatan saat hamil. Lebih dari itu, senam ibu hamil juga sangat baik untuk menjaga stamina selama masa mengandung. Dan yang lebih penting lagi, beberapa gerakan bertujuan agar mempermudah proses persalinan nanti. Jadi, kapan ibu akan mulai melakukan senam hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *