Gigi Balita Keropos Itu Wajar, Namun Memiliki Gigi yang Kuat Itu Luar Biasa

susu friso

Sudah rajin gosok gigi tapi tetap saja gigi si kecil keropos.

Itu yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang tua. Orang tua manapun pasti ingin sekali melihat gigi balita tumbuh sehat dan kuat. Meskipun memang balita sangat wajar jika memiliki gigi keropos.

Akan tetapi, bukankah lebih membanggakan jika balita memiliki gigi yang kuat?

Berikut ini beberapa hal yang perlu ibu perhatikan jika ingin sekali balita memiliki gigi yang sehat dan kuat.

  1. Gosok Gigi

Tentu ini hal yang wajib untuk dilakukan. Ketika si kecil sudah tumbuh gigi, pada saat itulah ibu harus mulai biasakan si kecil untuk menggosok gigi.

  1. Pemberian Susu yang Tepat

Susu yang bagus tidak hanya susu yang kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang. Susu balita yang bagus merupakan susu yang kandungan gulanya rendah. Gula tidak hanya membuat balita beresiko mengalami diabetes dan obesitas. Kandungan gula juga menjadi salah satu dari sekian banyak penyebab gigi balita keropos.

Sangat disarankan agar ibu memilihkan susu Friso. Kandungan nutrisinya sudah jelas sangat lengkap dan seimbang sehingga balita bisa tumbuh lebih optimal. Lebih dari itu, ibu tidak perlu khawatir gigi si kecil mudah keropos karena kandungan gula dalam susu tersebut sangat rendah.

  1. Memberikan Jus Buah

Cukup disayangkan karena banyak ibu yang tidak memahami nasehat ini. Yang dimaksud dengan memberikan jus buah adalah memberikan jus buat yang ibu buat sendiri, bukan jus buah kemasan dalam botol.

Ini fakta yang tidak bisa terelakkan. Ternyata, jus buah dalam botol juga menjadi pemicu gigi balita menjadi keropos lho. Jadi, mulai sekarang, ibu harus lebih rajin membuatkan jus buah sendiri di rumah yang sudah pasti aman dan sehat karena tidak mengandung bahan pengawet.

  1. Mengkonsumsi Air Putih yang Banyak

Apakah balita ibu sering minum susu setiap kali akan tidur? Mungkin ini juga yang menjadi penyebab gigi balita ibu keropos.

Bagaimanapun juga, susu yang masih tersisa di mulut bisa merusak gigi. Resiko kerusakan gigi ini bisa dihilangkan jika si kecil membersihkan gigi dengan cara minum air putih yang banyak.

Oleh sebab itu, sangat disarankan agar si kecil lebih banyak minum air putih di malam hari. Selain untuk menghindari dehidrasi di malam hari saat tidur, air putih juga akan membersihkan sisi makanan dan juga susu di gigi sehingga gigi keropos bisa dihindari.

  1. Memberikan Makanan yang Mengandung Keju

Keju itu bernutrisi tinggi. Selain itu, kandungan berupa vitamin D, kalsium, serta fosfat yang tinggi di dalam keju membuat kadar pH di mulut seimbang. Walhasil, gigi si kecil tidak mudah keropos.

Tidak salah jika ibu suka memberikan makanan yang mengandung keju. Jadi, mulai sekarang ibu bisa pikirkan untuk memberikan menu makanan yang terbuat dari keju.

Meskipun tips tersebut sudah ibu lakukan, tentu bukan berarti balita akan benar-benar terhindar dari masalah gigi keropos. Resiko tersebut tetap saja ada.

Namun, setidaknya dengan menerapkan tips tersebut, masalah gigi keropos lebih bisa dihindari.

Jangan lupa juga ibu konsultasi dengan dokter gigi agar bisa mengetahui kondisi gigi si kecil. Ibu harus tahu gigi yang sehat menentukan kesehatan tubuh balita secara keseluruhan lho. Hal ini disebabkan semua makanan harus melewati mulut. Bagaimana makanan bisa benar-benar menyehatkan jika ketika di dalam mulut dan gigi ada bakteri?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *