Gigi Buah Hati Mulai Tumbuh, Inilah Beberapa Tandanya!

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Momen membahagiakan buat orang tua adalah ketika gigi si kecil mulai tumbuh. Karena tumbuhnya gigi merupakan bagian awal dimana perkembangan anak dikatakan lebih sehat. Walaupun begitu, ada momen lain dimana orang tua sebaiknya mencurahkan perhatiannya pada anak pada saat itu.

Ya, faktanya anak akan mengalami masalah seperti rasa nyeri. Dan ini berakibat pada perubahan pola istirahat ataupun makan. Makanya, perhatian khusus diberikan agar anak tidak sampai mengalami masa-masa dimana akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Setidaknya, ada beberapa ciri-ciri umum si kecil tumbuh gigi. Tanda-tanda ini bisa setidaknya menggambarkan jika si kecil beranjak lebih dewasa sehingga ibu tidak perlu terlalu khawatir akan kesehatannya.

Rewel Tanpa Sebab

Merengek setiap saat itu kebiasaan anak untuk menunjukkan jika membutuhkan sesuatu. Atau bisa jadi karena suatu hal seperti sakit, lapar dan lain sebagainya.

Kebiasaan ini biasanya bisa dikenali oleh orang tua. Hanya saja, bila si kecil rewel setiap saat tanpa diketahui penyebabnya, ibu mungkin akan bingung setengah mati.

Kekhawatiran akan kondisi kesehatannya mungkin salah satunya. Namun jangan langsung memutuskannya, karena bisa jadi buah hati sedang tumbuh giginya.

Ibu bisa memeriksa mulut si kecil, coba perhatikan apakah giginya sedang tumbuh atau tidak. Jika tidak, maka rewelnya anak bisa jadi pengaruh kondisi lain.

Susah Untuk Makan

Susah makan memang banyak penyebabnya, diantaranya adalah menu yang disajikan tidak menggugah selera makan anak, sedang mengalami masalah tenggorokan dan lain sebagainya.

Untuk memastikan kenapa anak enggan untuk makan, ibu bisa memeriksa mulutnya. Karena kemungkinan giginya sedang tumbuh yang menyebabkan nyeri sehingga anak tidak mau makan.

Sering Terbangun Dari Tidurnya

Istirahat yang cukup juga diperlukan. Terutama ketika anak sudah mengalami keletihan akibat aktifitasnya di tiap harinya. Betapa tidak, aktifitas anak cenderung lebih besar, misalnya bermain atau semacamnya. Untuk menyegarkan kembali, istirahat adalah solusi tepat.

Masalahnya, si kecil selalu terbangun dari istirahatnya. Kemudian dibarengi dengan rewelnya, terutama di malam hari.

Ketika hal ini terjadi, jangan langsung memutuskan jika si kecil sedang terserang demam atau semacamnya. Coba perhatikan bagian dalam mulutnya. Mungkin saja, gigi si kecil mulai tumbuh sehingga mengganggu istirahatnya.

Kondisi seperti ini bisa terjadi bila gigi tumbuh di malam hari. Beda jika tumbuh di siang hari, bisa jadi anak tidak mengalami masalah yang berarti karena anak terceriakan dengan sejumlah aktifitasnya.

Mengalami Diare

Diare juga termasuk tanda awal si kecil tumbuh giginya. Hanya saja, tanda ini jarang terjadi pada anak.

Pasalnya, diare ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, sistem imunitas anak lemah, atau makanan yang dikonsumsi tidak higienis sehingga perlulah bagi ibu untuk mencari tahu lebih dalam mengenai diare yang dialami oleh si kecil.

Keluarnya Air Liur

Dari sekian banyaknya tanda tumbuhnya gigi anak, keluar air liur menjadi tanda yang paling mudah untuk dikenali ibu.

Hal ini terjadi karena tumbuhnya gigi akan menyebabkan produksi air liur bertambah. Tidak ada yang bisa dilakukan ibu sampai gigi anak tumbuh sempurna, kecuali menyiapkan tissue untuk membersihkannya.

Nah, ketika tumbuh gigi, permasalahan yang paling sering terjadi adalah anak akan kesulitan / enggan untuk makan. Dan keengganan mengkonsumsi makanan ini bisa berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Untuk mengantisipasinya, ibu bisa menerapkan beberapa tips yang diberikan oleh www.ibudanbalita.com agar si kecil tetap mau mengkonsumsi makanan dengan nyaman. Tujuannya adalah agar tumbuh kembang anak tidak terganggu sampai gigi anak tumbuh sempurna.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *