Gizi Ibu Hamil Harus Terpenuhi, Tapi Tidak Boleh Berlebihan

gizi ibu hamil
Source: Daily Mail

Gizi ibu hamil harus cukup. Artinya tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Lalu, bagaimana cara memastikan gizi tercukupi, dalam arti tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan? Jika ibu seorang ahli nutrisi, tentu tidak sulit bagi ibu untuk mengukur suplai gizi setiap hari. Bagaimana jika tidak memiliki background pendidikan kesehatan atau nutrisi?

Sebenarnya tidak sulit kok. Asalkan dua hal berikut ini dilakukan.

  • Mengkonsumsi Makanan Yang Bervariasi

Yang harus ditekankan adalah makanan yang bervariasi, bukan hanya makanan yang bergizi. Hal ini disebabkan di dalam satu jenis makanan mungkin mengandung nutrisi A tapi tidak nutrisi B. Jika ibu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang sama, maka kemungkinan besar ibu akan mengalami penumpukan asupan nutrisi ibu hamil yang sama. Dan akibatnya tentu tidak baik untuk kesehatan. Itulah mengapa ibu harus mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Sehingga ibu bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

  • Mengetahui Keluhan Kesehatan dan Penyebabnya

Ini yang sedikit lebih sulit untuk dipahami. Apalagi banyak sekali keluhan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil. Yang pasti, keluhan yang ibu alami saat hamil itu bisa saja disebabkan kurang seimbangnya nutrisi yang ibu dapatkan. Untuk masalah yang satu ini, harus ada ulasan yang lebih detail. Ibu harus tahu keluhan apa saja yang disebabkan oleh kelebihan nutrisi tertentu atau kurang seimbangnya nutrisi yang ibu dapatkan makanan yang ibu konsumsi.

Keluhan Kesehatan Karena Kelebihan Protein

Ada kesalahpahaman di masyarakat yang mengatakan kegemukan itu hanya disebabkan oleh kandungan gula terlalu banyak dari makanan yang dikonsumsi. Pada kenyataannya, tidak hanya gula saja lho yang bisa menyebabkan kegemukan. Bukan pula lemak.

Mungkin ibu akan sedikit terkejut jika mengetahui bawasannya protein juga bisa menyebabkan obesitas. Bahkan, untuk ibu hamil, nutrisi kehamilan ini juga berbahaya untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Pasalnya, mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak kandungan proteinnya tidak hanya membuat ibu saja yang mengalami obesitas tapi juga janin di dalam kandungan. Dan menurut para peneliti, janin yang memiliki berat berat di atas normal sulit untuk lahir secara normal. Selain itu, ada juga risiko yang tinggi di mana ketika sudah dilahirkan, anak tersebut akan mengalami diabetes di kemudian hari nanti.

Obesitas atau berat badan di atas rata-rata ini menjadi keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil trimester kedua dan ketiga. Kenapa? Karena mereka biasanya malas sekali untuk bergerak. Mereka lebih suka berdiam diri di dalam rumah. Kalaupun kandungan protein yang mereka dapatkan tidak terlalu banyak, akan tetapi ketika ia tidak bergerak dan beraktivitas, protein tersebut hanya menumpuk dan akhirnya menyebabkan obesitas. Itulah mengapa sebaiknya ibu membiasakan diri untuk olahraga ringan. Setidaknya ibu melakukan gerakan senam ibu hamil sederhana setiap hari sebelum beraktivitas. Jika cuacanya memungkinkan, keluarlah dari rumah dan lakukan jalan santai di sekitar lingkungan rumah.

Keluhan Kesehatan Karena Kelebihan Kalsium

Kalsium memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bahkan, kebutuhan kalsium semakin meningkat ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Hal ini disebabkan kebutuhan kalsium sangat banyak untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Jika kebutuhan kalsium ini tidak terpenuhi, maka keluhan yang sering dialami ibu hamil seperti nyeri punggung dan sakit gigi.

Sayangnya, mendapatkan kalsium terlalu banyak pun berbahaya. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil yang kelebihan nutrisi kalsium adalah konstipasi. Bahkan, jika hal ini semakin parah, dokter kandungan mengatakan ada risiko ibu hamil tersebut bisa terkena batu ginjal dan degenerasi tulang.

Keluhan Kesehatan Karena Kelebihan Asam Folat

Apa yang ibu ketahui tentang ? Kebanyakan orang mengatakan nutrisi untuk ibu hamil yang satu ini sangat penting untuk mencerdaskan otak bayi di dalam kandungan. Tentu sangat bisa dipahami karena asam folat selalu ditonjolkan di iklan susu ibu hamil. Di iklan tersebut, asam folat dijelaskan sebagai nutrisi yang akan mengoptimalkan perkembangan otak bayi yang masih ada di dalam rahim.

Memang hal tersebut tidaklah salah. Akan tetapi, kelebihan asam folat juga tidak disarankan. Ternyata, mual tidak hanya disebabkan oleh peningkatan produksi hormon lho. Mual juga bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang kandungan asam folatnya terlalu tinggi. Selain itu, iritasi kulit juga disebabkan oleh kelebihan asam folat.

Untuk itu, penting sekali untuk memastikan gizi untuk ibu hamil seimbang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada dua kunci utama untuk mencegah kelebihan nutrisi. Yang pertama, mengkonsumsi makanan bergizi yang bervariasi. Dan yang kedua, kenali gejala-gejala keluhan kesehatan saat hamil yang merupakan tanda-tanda kelebihan nutrisi tertentu.

Mungkin ibu juga perlu melakukan hal yang satu ini, yaitu mengkonsumsi susu ibu hamil Nestle MOM&me. Susu ini diforumulasikan untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan selalu terjaga. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi di dalam susu kehamilan ini lengkap dan dalam kadar yang seimbang.

Tentu nutrisi sangat penting untuk perkembangan janin. Akan tetapi, kesehatan ibu juga harus dijaga. Olahraga ringan secara teratur. Ada banyak sekali pilihan olahraga yang bisa ibu lakukan selama masa kehamilan, mulai dari jalan santai, senam ibu hamil, yoga ibu hamil, dan berenang. Jadi, olaharaga juga tak kalah penting jika dibandingkan dengan pemenuhan gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *