Gizi Ibu Hamil Tidak Hanya Penting Saat Mengandung Saja Lho

Gizi Ibu Hamil
Ibu & Balita

Gizi ibu hamil ternyata tidak hanya penting bagi seorang wanita yang sedang hamil, tapi juga ketika ia sudah melahirkan. Satu hal ini yang tidak banyak diketahui. Atau setidaknya hal ini tidak banyak disadari oleh para ibu hamil.

Mungkin ibu sendiri belum tahu bagaimana gizi ibu hamil itu sangat menentukan kesehatan ibu setelah melakukan persalinan. Untuk itu, ibu perlu mengetahui penjelasannya berikut ini agar ibu semakin semangat untuk selalu mencukupi semua gizi yang dibutuhkan selama mengandung.

Gizi Ibu Hamil untuk Ibu Menyusui

Apakah ada hubungan antara nutrisi ibu hamil dengan kesehatan ibu menyusui? Tidak hanya ada hubungan. Bahkan, ada kaitan antara kesehatan seorang ibu hamil yang mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dengan produksi ASI nanti.

Itulah mengapa selama ibu sedang mengandung, sebaiknya ibu memastikan gizi yang ibu dapatkan seimbang. Ada nutrisi tertentu di mana dibutuhkan oleh tubuh seorang ibu hamil untuk persiapan memproduksi ASI. Jadi, kualitas serta kuantitas ASI itu tidak hanya dipengaruhi makanan ketika ibu sudah melahirkan, tapi juga dipangaruhi oleh makanan yang ibu konsumsi ketika janin masih ada di dalam kandungan.

Tuhan sudah men setting agar tubuh seorang wanita hamil bersiap-siap untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh si kecil ketika lahir nanti. Terutama kebutuhan ASI. Tubuh akan mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI mulai saat wanita hamil.

Dalam dunia medis, ada yang disebut kelenjar ASI. Kelenjar inilah yang akan mulai tumbuh dan berfungsi ketika ibu sedang hamil. Kelenjar tersebut akan semakin optimal jika ibu mendapatkan asupan gizi ibu hamil. Sementara itu, ASI mungkin saja tidak bisa keluar jika ibu tidak mendapatkan gizi tersebut saat hamil.

Jadi, ibu sekarang tahu kenapa ada seorang wanita yang sudah melahirkan sang buah hati namun tidak langsung bisa memberikan ASI untuk si kecil. Hal ini mungkin saja disebabkan kurangnya asupan gizi ibu hamil sehingga kinerja kelenjar susu tidak optimal.

Kapan Kelenjar Susu Mulai Bekerja?

Ini pertanyaan yang sangat penting. Karena dari pertanyaan ini, ibu akan tahu sejak kapan ibu harus memperbanyak asupan makanan dan minuman yang mengandung gizi untuk ibu hamil.

Ternyata, kelenjar susu itu sudah mulai bekerja pada masa kehamilan muda. Hal itulah yang menyebabkan seorang wanita yang hamil muda merasakan payudaranya kencang. Payudaranya terlihat lebih besar jika dibandingkan sebelum hamil. Itu adalah tanda bahwa kelenjar susu sudah bekerja. Kelenjar susu sudah mempersiapkan sedini mungkin agar wanita hamil siap untuk memberikan ASI saat sang buah hati terlahir ke dunia.

Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Pertanyaan ini sangatlah klise. Pasalnya, ibu pasti tahu apa yang harus dilakukan agar mendapatkan semua gizi ibu hamil. Akan tetapi, semoga jawaban yang satu ini bisa menjadi pengingat bahwa ibu harus meninggalkan gaya hidup yang kurang sehat. Kurangi dan kalau bisa hindari semua makanan yang tidak sehat seperti fast food. Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang diolah benar-benar matang.

Untuk memastikan ibu tidak kekurangan gizi ibu hamil, ibu harus pastikan mengkonsumsi susu tiga kali sehari. Jangan sampai ibu memiliki alasan apapun sehingga ibu tidak mau minum susu. Ini merupakan minuman yang memberikan banyak sekali manfaat karena terdapat semua gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *