Gizi Ibu Hamil untuk Pertumbuhan Plasenta

Gizi Ibu Hamil
Ibu & Balita

Gizi ibu hamil diperlukan untuk kebaikan janin yang ada di dalam kandungan. Akan tetapi, jika berbicara tentang perkembangan bayi di dalam rahim, maka ibu juga harus menjaga kesehatan plasenta. Hal ini dikarenakan peran plasenta itu sangat penting. Bisa dikatakan plasenta itu menentukan apakah janin tumbuh dengan baik atau tidak.

Untuk itu, ibu harus tahu bagaimana cara agar plasenta tumbuh dengan baik dan kesehatannya terjaga agar janin dalam kandungan pun bisa berkembang normal. Ibu perlu tahu gizi ibu hamil apa saja yang bisa membuat pertumbuhan plasenta bagus.

Berikut informasi selengkapnya.

Menjaga Pertumbuhan Plasenta

Sebenarnya, ibu perlu tahu terlebih dahulu apa fungsi dari plasenta. Namun, untuk saat ini, ibu cari tahu dulu informasi bagaimana menjaga kesehatan dan pertumbuhan plasenta.

Dari sekian banyak gizi ibu hamil yang dibutuhkan oleh plasenta untuk berkembang, ada satu gizi yang sangat penting, yaitu zat besi. Zat besi sering diketahui sebagai gizi yang akan menghindarkan ibu hamil terkena anemia. Ternyata, tidak itu saja fungsi dari zat besi. Dengan asupan zat besi yang cukup, ibu akan memastikan plasenta tumbuh dengan baik sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk itu, ibu perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang menjadi sumber zat besi. Gizi ibu hamil yang satu ini bisa ibu dapatkan dari berbagai jenis sayuran hijau, kacang-kacangan, dan juga daging sapi. Ibu memiliki banyak sekali pilihan menu makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi untuk ibu hamil yang satu ini.

Lalu, seberapa pentingkah plasenta bagi perkembangan janin di dalam kandungan?

Fungsi Plasenta

Orang Jawa memiliki istilah sendiri untuk menunjuk pada plasenta ini. Mereka mengatakan “sedulur” atau bahasa Indonesianya saudara. Artinya, plasenta itu saudaranya bayi yang ibu kandung. Hal ini dikarenakan plasenta inilah yang menemani janin mulai dari awal perkembangan hingga sempurna menjadi bayi dan lahir ke dunia. Bisa dikatakan perkembangan plasenta itu sama dengan perkembangan janin.

Dalam dunia medis, plasenta ini dijelaskan sebagai jalan di mana semua gizi ibu hamil yang dibutuhkan oleh bayi untuk berkembang akan masuk ke rahim. Dari sini, ibu pasti bisa membayangkan betapa pentingnya plasenta ini.

Oleh sebab itu, banyak sekali kasus ketika plasenta bermasalah sehingga dokter kandungan langsung menyarankan agar bayi dilahirkan lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan plasenta tidak bisa bekerja maksimal sesuai dengan peran dan fungsinya sehingga janin terancam. Akhirya, dokter kandungan menyarankan agar bayi dilahirkan lebih awal dari HPl (hari perkiraan lahir).

Itulah mengapa kesehatan plasenta harus dijaga. Salah satunya dengan menyuplai gizi ibu hamil berupa zat besi. Menurut pakar kesehatan ibu hamil, diperlukan zat besi sebesar 27 mg per hari agar kesehatan ibu, janin, dan juga plasenta terjaga.

Ibu sekarang sudah tahu pentingnya plasenta bagi perkembangan bayi dalam kandungan, bukan? Oleh karena itu, ibu harus tahu bahwa gizi ibu hamil itu tidak hanya untuk kesehatan bayi dalam kandungan saja lho, tapi juga hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan janin, terutama plasenta.

Mulai saat ini, ibu harus pastikan kadar zat besi yang ibu dapatkan setiap hari mencukupi ya agar plasenta bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Silakan ibu cari sumber zat besi. Banyak sekali makanan lezat yang bisa ibu santap setiap hari untuk mencukup semua gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *