Gizi Ibu Hamil Yang Harus Diperhatikan Saat Masa Kehamilan

Gizi Ibu Hamil
Image Source: Extension Daily

Keperluan akan gizi ibu hamil perlu segera dicukupi sebab kebutuhan ibu hamil memang harus dapat menutrisi janin yang terdapat di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi karena bila sampai kekurangan nutrisi maka janin yang dikandungnya tidak bisa sehat dan akan terkena penyakit komplikasi. Oleh karena itu,  sangat penting untuk ibu hamil menjaga pemenuhan gizi dan nutrisinya. Pada umumnya pemenuhan gizi banyak didapatkan dari makanan sehat. Bila ingin memenuhi kebutuhan gizi,  sebaiknya Anda juga menjaga jenis makanan yang akan Anda konsumsi.

Namun, hal ini bisa saja akan sulit untuk ibu hamil yang mengalami masa ngidam. Akan tetapi, nutrisi harus dipenuhi agar bayi selalu sehat dan supaya kondisi ibu hamil selalu sehat dan bugar. Ibu hamil mudah untuk terserang gejala eklamsia dan juga preeklamsia, sehingga dibutuhkan asam folat guna menghindari gejala tersebut. Gejala tersebut banyak yang mengakibatkan ibu hamil mengalami kematian saat ia selesai melahirkan.

Pengertian Gizi Ibu Hamil Menurut Para Ahli

Banyak sebagian ibu hamil yang mendengar kata gizi, akan tetapi mereka belum tahu apa sebenarnya gizi itu.  Gizi merupakan suatu zat  yang ada di dalam makanan dan diperlukan oleh tubuh. Gizi banyak diperlukan oleh banyak organisme untuk dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik sehingga organisme tersebut mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna. Menurut para ahli medis pengertian dari gizi yaitu  suatu ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh supaya dapat menjalankan fungsi gizi tersebut sebagai sumber energi. Energi tersebut yang akan membuat makhluk hidup dapat melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

Gizi merupakan kebutuhan utama untuk pasien yang mengalami malnutrisi yaitu pasien yang mengalami kritis nutrisi enteral. Gizi adalah  sebuah proses yang terjadi pada tubuh manusia di mana tubuh manusia membutuhkan makanan dalam pembentukan energi dan sumber kekuatan. Gizi merupakan zat energi yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Fungsi Dan Manfaat Nutrisi Ibu Hamil

Mungkin beberapa ibu hamil ada yang bertanya, kenapa nutrisi sangat penting untuk kehidupannya. Banyak pengetahuan ibu hamil yang masih kurang mengenai nutrisi ini dan sedikit sekali kesadaran ibu hamil untuk mengkonsumsi nutrisi yang cukup dalam masa kehamilannya. Hal tersebut biasanya disebabkan karena beberapa ibu hamil tidak mengetahui tentang apa fungsi dan manfaat dari nutrisi yang dikonsumsinya.

Apabila ibu hamil tahu fungsi dan manfaat  dari nutrisi tersebut, tentu kesadaran ibu hamil dalam mengkonsumsi makanan bernutrisi akan semakin meningkat. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil :

-Nutrisi sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil serta janinnya. Terutama nutrisi yang mengandung vitamin dan mineral. Nutrisi yang terdapat pada protein berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah untuk janin dan ibu hamil. Ibu hamil yang tidak mengonsumsi nutrisi terutama nutrisi protein akan mengalami penyakit anemia. Darah merah dalam ibu hamil dibagi menjadi 2 yakni untuk janin yang dikandungnya serta untuk dirinya sendiri.

-Nutrisi berguna  dalam pembentukan energi untuk ibu hamil. Pada saat masa ngidam, ibu hamil selalu menolak makanan yang masuk ke dalam perutnya. Oleh karena itu, ibu hamil yang ngidam akan merasakan lemas setiap harinya. Hal itu disebabkan  karena ibu hamil kekurangan nutrisi seperti karbohidrat atau zat energi. Supaya tetap mempunyai energi ibu hamil tetap dipaksa untuk makan makanan yang bernutrisi supaya  tidak lemas dan lesu.

-Nutrisi berguna untuk membentuk cadangan energi di dalam tubuh ibu hamil. Sehingga ibu hamil yang belum mengkonsumsi karbohidrat pun bila mempunyai  cadangan energi yang cukup masih mempunyai energi untuk melakukan kegiatan. Nutrisi berguna dalam pembentukan dan penyempurnaan kulit janin. Fungsi tersebut terdapat pada nutrisi vitamin A, vitamin A juga sangat bermanfaat untuk perkembangan tulang janin.

-Nutrisi yang terdapat pada vitamin C berguna untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi berguna untuk memproduksi sel-sel darah merah. Sehingga sel darah merah atau hemoglobin pada ibu hamil sangat mencukupi. Batas hemoglobin untuk ibu hamil paling sedikit adalah 11,5.

-Nutrisi yang ada pada vitamin D sangat bermanfaat untuk penyerapan kalsium bagi ibu hamil dan janin. Manfaat kalsium untuk ibu hamil yaitu dapat memperkuat tulang ibu hamil dan juga pembentukan tulang bagi janin. Ibu hamil akan menanggung kandungan yang semakin berat, oleh karena itu dibutuhkan tulang yang kuat guna menanggung kandungannya tersebut.

-Nutrisi berfungsi untuk membentuk saraf pusat pada janin, pembentukan sistem pembuluh darah, membentuk migrasi dari sel-sel otak, serta pembentukan arteri.

-Nutrisi bermanfaat untuk pembentukan gigi janin.  Sehingga saat  bayi lahir nanti pertumbuhan giginya tidak akan terganggu dan tidak akan tumbuh dengan lambat. Nutrisi yang ada pada vitamin B sangat berguna untuk pembentukan sistem jantung supaya bisa berfungsi secara normal.

-Nutrisi yang terdapat pada asam folat sangat dibutuhkan oleh janin. Karena adanya asam folat tersebut, ibu hamil akan terhindar dari anemia megaloblastik serta  berguna untuk menurunkan kadar bernama homosistein dalam sel darah ibu hamil.  Bagi  janin, manfaat asam folat yaitu sebagai pembentukan sumsum di bagian tulang belakang dan juga tabung otak janin. Asam folat juga bermanfaat dalam mengurangi resiko bayi lahir dengan kecacatan otak serta kecacatan pada  tulang belakang. Bukan hanya itu saja gizi ibu hamil juga berguna untuk menghindari bayi dengan keterbelakangan mental, bibir sumbing, serta bayi lahir dengan fisik yang cacat.

Salah satu hal yang penting supaya nutrisi diserap maksimal oleh ibu hamil adalah kebersihan makanannya. Jadi ibu hamil jangan lupa memastikan makanan tetap terjaga kebersihan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *