Gizi Ibu Hamil yang Sangat Penting Saat Masa Persalinan Sudah Dekat

Gizi Ibu Hamil
Ibu & Balita

Gizi ibu hamil apa yang dibutuhkan saat masa persalinan sudah dekat? Pertanyaan ini sering sekali diutarakan oleh wanita hamil yang masa kandungannya sudah mencapai usia trimester ketiga. Apalagi jika HPL atau hari perkiraan lahir sudah tinggal menunggu hari, mereka sibuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk memastikan mereka siap untuk menjalani proses persalinan.

Tahukah ibu gizi ibu hamil apa yang ibu butuhkan? Ternyata, yang paling penting untuk dipenuhi adalah kalori. Dari sekian banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita hamil, kalori lebih diperlukan terutama saat masa persalinan sudah dekat. Kenapa demikian? Berikut ulasannya.

Pentingnya Kalori saat Masa Kehamilan Tua

Apakah ibu masih ingat ketika ibu pertama kali mendapatkan kabar bahwa ada janin yang ada di dalam kandungan? Rasa bahagia bercampur aduk dengan khawatir. Pasalnya, ibu harus memastikan bahwa ibu harus menjaga kesehatan agar janin di dalam kandungan bisa berkembang normal. Mulai saat itu mungkin ibu mulai sibuk mencari apa saja gizi ibu hamil yang diperlukan untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Ibu mulai memperhatikan makanan yang ibu konsumsi setiap hari.

Ternyata, kekhawatiran ibu tersebut sudah selesai. Sekarang, masa kehamilan sudah tua dan sudah saatnya memikirkan apa yang perlu ibu persiapkan untuk menghadapi proses persalinan. Ibu tidak perlu lagi terlalu memikirkan apa saja gizi ibu hamil yang dibutuhkan agar janin berkembang normal dan otaknya berkembang. Saat inilah yang menjadi pembuktian masa di mana ibu mengkhawatirkan hal tersebut semua sudah selesai. Ibu sudah melewatinya.

Saatnya untuk memikirkan persiapan menghadapi persalinan. Apakah yang ibu butuhkan? Tidak lain adalah tenaga. Itulah mengapa wanita hamil tua harus menambah kalori. Pilihlah menu makanan yang mengandung banyak kalori agar ibu memiliki tenaga yang cukup saat proses persalinan nanti.

Apakah ibu ingin melahirkan secara normal? Jika jawabannya, gizi ibu hamil berupa kalori harus diperbanyak agar ibu memiliki energi yang cukup untuk mengahadapi proses yang paling mendebarkan di dalam kehidupan ibu, yaitu melahirkan sang buah hati.

Cukupkah Hanya Kalori Saja?

Jika berbicara tentang gizi ibu hamil yang diperlukan saat masa persalinan hampir tiba, kalori tentu yang paling penting. Hanya saja, ibu harus tahu bahwa energi itu tidak ada gunanya jika kebugaran ibu tidak baik. Padahal, proses persalinan normal itu membutuhkan energi dan kebugaran yang ekstra.

Oleh karena itu, selain memastikan gizi ibu hamil berupa energi tercukupi, ibu juga harus menjaga kebugaran. Banyak cara yang bisa ibu lakukan seperti mengikuti senam ibu hamil, jalan santai di pagi hari, dan berenang. Ibu tinggal pilih saja mana yang ibu sukai. Yang jelas, jangan sampai ibu merasa terbebani dengan melakukan aktivitas tersebut. Karena jika ibu merasa terbebani, maka ibu tidak akan bersemangat untuk menjaga kebugaran tubuh saat masa persalinan hampir tiba.

Jadi, seberapa siap ibu mengahadapi persalinan? Terlepas dari itu semua, ibu juga harus lebih rajin untuk berkonsultasi dengan dokter ya. Jika selama ini ibu datang untuk konsultasi kehamilan satu bulan sekali, sebaiknya ibu konsultasi lebih intens untuk mamastikan tidak ada masalah yang terjadi saat proses persalinan tiba. Pastikan juga bayi dalam kandungan sehat dan tidak mengalami obesitas. Bayi dalam kandungan yang mengalami obesitas akan membuat proses persalinan normal sangat sulit. Bahayanya, obesitas bayi dalam kandungan itu juga ternyata disebabkan oleh gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *