Hai Ibu, Persiapkan Dirimu Menyambut Bulan Ramadan

persiapan puasa
sumber: https://www.rumahzakat.org/

Kesibukan seorang wanita yang sudah berkeluarga, memiliki anak, dan juga bekerja semakin padat ketika memasuki bulan suci Ramadan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari memilih menu untuk sahur dan berbuka, membangunkan seluruh anggota keluarga untuk makan sahur, dan sederetan aktivitas lainnya yang bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadan sangatlah penting bagi seorang wanita. Apa sajakah yang hal-hal yang perlu disiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadan?

Ayo Lunasi Hutang Puasa

Sebab dalam sebulan, wanita memiliki jeda waktu untuk tidak berpuasa selama datang bulan. Jika Anda memiliki hutang puasa, maka sebaiknya dilunasi dahulu agar tidak menumpuk di kemudian hari. Hal ini juga membantu Anda untuk membentuk kebiasaan menjelang bulan puasa, salah satunya terbiasa untuk bangun sahur.

Persiapan Mental

Puasa tidak hanya tentang menahan diri untuk tidak makan dan minum saja, tetapi juga menahan hawa nafsu, emosi, dan hal-hal negatif lainnya. Persiapkan mental Anda dan keluarga untuk terhindar dari emosi saat ada masalah. Jadikan momen puasa sebagai ajang untuk mengendalikan diri sebaik mungkin supaya lebih fokus untuk menjalankan ibadah puasa.

Buat Jadwal Baru

Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur, berangkat kerja lebih pagi, namun pulang lebih awal untuk menyiapkan berbuka puasa. Sisakan waktu untuk bersilaturahmi dan beribadah di sela-sela waktu sibuk Anda. Jangan lupa juga buat agenda yang harus dilakukan selama bulan puasa, misalnya shalat tarawih berjamaah di masjid, tadarusan atau mengaji. Sudah terbayang padatnya kegiatan Anda per hari bukan? Mari persiapkan jadwal baru untuk bulan Ramadan dari sekarang.

Siapkan Sedekah

Mari buka lemari dan cari pakaian yang masih layak pakai untuk disumbangkan saat bulan Ramadan tiba. Anda juga bisa mulai menyisihkan uang belanja atau uang gaji untuk dibagikan kepada fakir miskin sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bagi para ibu, Anda bisa mempersiapkan jumlah harta yang akan disedekahkan oleh keluarga Anda. Bersedekahlah agar semakin tenang dalam menjalankan ibadah puasa karena telah beramal.

Persiapan Fisik

Selain mental yang harus dipersiapkan, kesehatan fisik pun penting selama bulan puasa. Pembuatan jadwal selama bulan Ramadan memang sedikit bisa membantu Anda untuk mengelola pemakaian tenaga dan fisik Anda. Namun, ada baiknya Anda juga mempersiapkan keadaan fisik yang sehat dari sekarang. Jangan lupa siapkan fisik yang sehat agar Anda dan keluarga lancar menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, pola makan akan sangat berubah. Lambung akan kaget dan potensi mengalami sakit yang mengganggu jalannya puasa Anda meningkat. Jaga kondisi tubuh dengan banyak mengonsumsi makanan sehat, makan teratur, dan menghindari makanan yang tidak sehat agar ibadah di bulan puasa lancar sesuai dengan harapan. Bila perlu, dapat ditambah dengan konsumsi vitamin.

Perbanyak dan Perkuatlah Ibadah

Perbanyak dan perkuatlah ibadah selama bulan Ramadan untuk mendapatkan ampunan, serta agar puasa kita selama sebulan penuh diterima. Dengan begitu, tak ada alasan untuk malas menjalankan ibadah, baik yang wajib maupun yang sunah. Karena sesungguhnya, jika kita sudah menahan hawa nafsu selama sebulan penuh dengan tidak diiringi ibadah yang baik, bukankah kita akan merugi? Jadi, kumpulkanlah pahala sebanyak-banyaknya di bulan istimewa ini.

Ajarkan kepada Anak tentang Pentingnya Bulan Puasa

Ibu, Anda perlu memberi edukasi kepada anak tentang pentingnya bulan puasa. Hal ini bisa dimulai dengan mengajari anak Anda untuk ikut berpuasa jika umurnya sudah sesuai dan dianggap mampu berpuasa, meski hanya setengah hari. Ajari ia tentang makna menahan lapar dan hawa nafsu selama berpuasa, pentingnya ibadah, bagaimana caranya bersedekah, dan berbagai pelajaran lainnya yang bisa diingat dan dimengerti untuk menjalankan ibadah di bulan puasa dengan penuh semangat. Biasanya, masa-masa awal untuk si anak belajar berpuasa adalah masa yang penuh semangat, jadi penting untuk menjaga semangat anak hingga berakhirnya bulan Ramadan.

Mempersiapkan Keadaan Rumah

Meski Lebaran masih jauh di mata, tak ada salahnya Anda mempersiapkan keadaan rumah sebelum memasuki bulan Ramadan, misalnya menata ulang perabotan rumah, mengecat dinding kamar, atau memberi hiasan yang berhubungan dengan Ramadan. Jika ini semua dilakukan saat mendekati Lebaran, ibadah Anda akan mulai terganggu, misalnya shalat sunah tarawih. Pekerjaan rumah cukup menyita waktu dan tenaga Anda, Anda juga bisa saja kelelahan dan tidak kuat menahan puasa hingga waktunya berbuka.

Mempersiapkan Menu Makanan untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Selain memberi edukasi kepada anak, Anda juga bisa sambil membuat rencana menu yang akan Anda buat selama bulan puasa. Ajak anak mengatur menu makanan untuk sahur dan berbuka puasa sambil mengajarinya tentang gizi yang terkandung pada semua makanan tersebut. Dengan begitu, anak akan menerima dengan baik makanan yang Anda sajikan karena sudah tahu sejak awal bahwa makanan tersebut baik untuk tubuh. Semakin banyak yang ia tahu, akan semakin semangat pula ia menyambut bulan puasa.

Nah, para Ibu, siapkah Anda untuk menyambut bulan Ramadan? Jika belum, persiapkanlah diri Anda mulai dari sekarang. Jangan ditunda. Semoga berhasil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *